Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Metode Human Resources Scorecard Dan AHP (Studi Kasus : PT. Bella Citra Mandiri Sidoarjo)

Abdul Rosyid Sahaya, Hana Catur Wahyuni

Abstract


PT. Bella Citra Mandiri Sidoarjo merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan tempat tidur springbed. PT. Bella Citra Mandiri Sidoarjo saat ini menata diri menjadi perusahaan yang lebih maju, sedang berusaha mengembangkan dan meningkatkan dari segi kualitas sumber daya manusianya.

Dengan metode Human Resource Scorecard dan AHP (Analytic Hierarchy Process) akan didapatkan pengukuran kinerja karyawan yang belum pernah dilakukan pada perusahaan ini. Metode Human Resources Scorecard sendiri merupakan suatu sistem pengukuran yang mengaitkan antara sumber daya manusia dengan strategi. Kemudian metode AHP digunakan dalam pengambilan keputusan kinerja karyawannya.

Tujuan dari penelitian ini adalah mencari indikator kinerja karyawan serta mencari bobot dari masing – masing perspektif. Serta diberikan usulan kepada perusahaan yang dapat digunakan sebagai perbaikan kedepannya.

Dari hasil penelitian didapatkan 18 KPI dari 4 perspektif yang terdiri dari perspektif finansial 4 KPI, pelanggan atau konsumen 3 KPI, proses bisnis internal 7 KPI, dan pertumbuhan dan pembelajaran 4 KPI. Kemudian dihasilkan skor terbobot dari perspektif finansial 3,341 (Sedang), pelanggan atau konsumen 3,524 (baik), proses bisnis internal 3,357 (sedang), pertumbuhan dan pembelajaran 3,38 (sedang).


Keywords


Kinerja Karyawan, Human Resource Scorecard, Analytic Hierarchy Process, Key Performance Indicator

Full Text:

PDF

References


Agusman, Delfis. dkk. 2013. Manajemen Sistem Kerja Untuk Peningkatan Kinerja Karyawan PT.CP. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Vol.1, No.2, 103-108.

Becker, Brian E. Dkk. 2009. The HR Scorecard : Mengaitkan Manusia, Strategi Dan Kinerja, Diterjemahkan Dian Rahadyanto Basuki. Erlangga. Jakarta.

Cahyono E.,D, Wahyuni H.C. 2015. Penilaian Teknologi Menggunakan Analytic Hierarcy Process Dan Teknometrik Di Departemen Produksi. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.3,No.1. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja

Darmaji, Kevin. 2016. Implementasi KPI dan Perancangan Sistem e-KPI pada PT. XYZ. Jurnal Titra, Vol. 4, No.2.

Darmanto, Eko. dkk. 2014. Penerapan Metode AHP (Analytic Hierarcy Process) Untuk Menentukan Kualitas Gula Tumbu. Jurnal SIMETRIS Vol.5 No.1.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2012. Evaluasi Kinerja SDM. PT Refika Aditama. Bandung.

Mayasari, Isti. dkk. 2012. Penilaian Kinerja Berdasarkan Kompetensi Dan Kpi (Key Performer Indicator) Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Semarang. Kajian Ilmiah Psikologi Vol.1 No.2.

Prasetya, D.W. 2016. Pengukuran Kinerja Pegawai dengan Menggunakan Human Resources Scorecard (Studi Pada Kantor Kekayaan Negara dan Lelang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol.4 No.3.

Putri, Dyah Aisyah. 2015. Pengukuran Kinerja Karyawan PT. Pertamina (Persero) TBBM Semarang Group Dengan Pendekatan Human Resources Scorecard. Jurnal Teknik Industri. Vol.10, No.3.

Queen, Falah. 2013. Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Dengan Pendekatan Human Resources Scorecard.Jurnal Teknik Industri Vol.1 No.4 Desember.

Rusindiyanto. 2009. “Analisis Kinerja Sumber Daya Manusia dengan metode Human Resources Scorecard (HRSC) (Studi kasus di PT. Arto Internasional Sidoarjo)”, Jurnal Penelitian Ilmu Teknik Vol.9 No.2 Desember.

Saryatmo, Mohammad Agung. 2015. Penilaian Kinerja Customer Relationship Management Dalam Industri Perbankan Dengan Menggunakan Metode Analysis Hierarchy Process (Studi Kasus Pada Bank. XXX). Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol.3 No.2.

Susetyo, Joko. 2013. Penerapan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Metode Integrad Performance Measured System (IPMS) Pada PT.X. Jurnal Teknologi Vol.6 No.1 Juni.

Ulaila, Tia. 2014. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Al-Irsyad Dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal Ilmu dan Riset Akutansi. Vol.3 No.7.

Ulfa, Maria. 2015. Analisis Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Metode Human Resource Scorecard di BMT Logam Mulia. Jurnal Ekonomi Syariah. Vol.3, No.2, Desember.

Wahyuni H.C, Ciptomulyono U, Supriyanto H. 2009. Analisa Tingkat Kecanggihan Humanware Dengan Pendekatan Teknometrik Di Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi x, Teknik Indusri Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v4i2.3962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdul Rosyid Sahaya, Hana Catur Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)