Analisis dan Optimasi Pada Jaringan Kabel Fiber Optik ke Rumah (Fiber to The Home) di Surabaya Timur Menggunakan Metode Integer Linier Programming

Reza Tianto, Nurhadi Siswanto

Abstract


Fungsi jaringan Internet saat ini sangat besar dan mendukung perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang. Pada penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan provider internet untuk mendesain jaringan FTTH di Kec. Panjang Jiwo. Permasalahan pada Jaringan FTTH di Panjang Jiwo adalah bagaimana membuat desain jaringan FTTH yang baik dan biaya minimum sehingga mengurangi gangguan jaringan dan biaya pemeliharaan. Berdasarkan permasalah itu diperlukan optimasisasi dengan metode Integer Linier ProgrammingHub to spoke. Dengan memperhatikan biaya pekerja, biaya bahan, nilai redaman pada rambatan kabel dan insertion loss. Hub to Spoke. Dengan metode Hub to Spoke menghasilkan nilai proyek lebih rendah 13,01% atau Rp 5.739.780 lebih murah daripada nilai existing. Penggunan ODP yang disesuaikan dengan demand berdasakan perhitungan dengan metode Hub to Spoke sangat mengurangi biaya proyek sehingga lebih efisien. Disarankan kepada pihak manajemen perusahaan tetap menggunakan ODP 1:8 karena akan lebih murah dan ringkas dalam pelaksanaan proyek Jaringan FTTH Panjang Jiwo Tahap I.


Keywords


ODP; Biaya; Integer Linier Programming; Hub to Spoke

References


Agrawal, G. (2002). Fiber-optic Communication Systems (3 ed.). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Basak Yazar, Okan Arslan, Oya Ekin Karasan, & Bahar Y.Kara. (2015). Fiber optical network design problems : A case for Turkey. Omega, 23-40.

Daskin, M. S. (1995). Network and Discrete Location Models, Algorithms, and Aplications. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.

Gaspers, V. D. (2002). Production Planning and Inventory Control. Jakarta: Vincent Foundation dan PT Gramedia Pustaka Utama.

Hillier S, F., & Lieberman J. , G. (1995). Introduction to Operations Research. New York: Mc Graw-Hill Inc.

Klincewincz, J. G. (1998). Hub location in backbone/tributary network design: a review. Location Science, 307–335.

Kokangul, A., & Ari, A. (2011). Optimization of passive optical network planning. Aplied Mathematical Modelling, 3345–3354.

Rafael , B., Emilio , C., & Boglárka , G.-T. (2015). Maximal Covering Location Problems on networks with. Elsivier, 1-9.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v4i1.3215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Reza Tianto, Nurhadi Siswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)