Analisis Implementasi Strategi Digital Marketing Di Era Society 5.0 Pada Produsen Tahu Bakso Mas Arta

Arta Prawira Dinata, Siti Istikhoroh, Untung Lasiyono

Abstract


Di era society 5.0 ini perkembangan teknologi dan informasi tumbuh dengan begitu cepat dan berkembang semakin pesat, perusahaan yang dapat bersaing pada era society 5.0 ini perusahaan memaksimalkan manfaat perkembang teknologi informasi ini terutama dalam proses pemasaran produk, strategi digital marketing merupakan salah satu strategi yang sangat efektif dan efisien untuk melakukan proses pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi digital marketing di era society 5.0 pada produsen tahu bakso mas arta. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan paradigma interpretatif yang bertujuan mendapatkan wawasan terkait strategi digital marketing yang di implementasikan oleh produsen tahu bakso mas arta di era society 5.0. hasil penelitian ini Implementasi Strategi Digital Marketing di Era Society 5.0 Pada Produsen Tahu Bakso Mas Arta pada konsumennya mengacu pada Bauran pemasaran digital marketing ada beberaapa komponen dalam bauran pemasaran digital marketing, yaitu ; Produk, harga, distribusi, promosi, agar komponen tersebut berjalan dengan baik produsen tahu bakso mas arta melakukan pendekatan digital marketing secara terpadu. Pendekatan ini digunakan menjawab implementasi strategi digital marketing di era society 5.0 pada produsen tahu bakso mas arta : Menggunakan periklanan/ads pada platform yang di aplikasikan, Melakukan live/introducing produk langsung melalui sosial media yang digunakan, Memanfaatkan konten creator sebagai pemasaran produk.

Keywords


DIGITAL MARKETING, ERA SOCIETY 5.0, MARKETING

Full Text:

PDF

References


Achmady, S. (2016). Optimasi Website Untuk Meningkatkan Posisi Index Pada Halaman Google. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 1(1), 30–34.

Afrilia, A. M. (2018). Personal Branding Remaja di Era Digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 20–30.

Ahmad, I., Kom, S., Kom, M., Djajasinga, I. N. D., Astuti, S. D., Annisa Sanny, S., Cahyadi, N., S ST, M., Rullyana Puspitaningrum Mamengko, S. P., & Reza, V. (2022). Digital Marketing (Concept, Strategy, and Implementation). Cendikia Mulia Mandiri.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.

Creswell, J. W. (2021). A concise introduction to mixed methods research. SAGE publications.

Geralda, M., & Kasih, J. (2020). Implementasi Digital Marketing pada Sosial Media dan Website Bimbel Media Bandung. 2.

Habibi, M. (2018). OPTIMALISASI DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL DI ERA MILENIAL. 12.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan digital marketing sebagai strategi pemasaran pada UKM dalam menghadapi era industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.

Kaur, G. (2017). The importance of digital marketing in the tourism industry. International Journal of Research-Granthaalayah, 5(6), 72–77.

Khanafi, A. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA BISNIS FASHION. 1(1), 216–226.

Komalasari, D., Pebrianggara, A., & Oetarjo, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Umsida Press, 1–83.

Lukito, R. B., Lukito, C., & Arifin, D. (2014). Penerapan Teknik SEO (Search Engine Optimization) Pada Website Dalam Strategi Pemasaran Melalui Internet. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1050–1058.

Muljono, R. K. (2018). Digital Marketing Concept. Gramedia Pustaka Utama.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119–130.

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468–476.

Nursatyo, N., & Rosliani, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk. Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46–67.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Rahman, T. (2019). Pengaruh content marketing terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening: Studi pada konsumen Caffe Go-Kopi di Kota Malang.

Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., Sukmadewi, R., & Purbasari, R. (2023a). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sari, O. H., Rukmana, A. Y., Munizu, M., Novel, N. J. A., Salam, M. F., Hakim, R. M. A., Sukmadewi, R., & Purbasari, R. (2023b). DIGITAL MARKETING: Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Setiawan, Z., Jauhar, N., Putera, D. A., Santosa, A. D., Fenanlampir, K., Sembel, H. F., Harto, B., Roza, T. A., Dermawan, A. A., & Rukmana, A. Y. (2023). Kewirausahaan Digital. Global Eksekutif Teknologi.

Somantri, G. R. (2005). MEMAHAMI METODE KUALITATIF. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122

Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., &

Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v11i1.26613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arta Prawira Dinata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.