Pengaruh Komitmen Beragama, Pengetahuan Agama, Dan Orientasi Agama Terhadap Preferensi Masyarakat Pada Bank Syariah Di Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh komitmen beragama terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Surabaya; (2) pengaruh pengetahuan agama terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Surabaya; (3) pengaruh orientasi agama terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Surabaya; (4) pengaruh komitmen beragama,pengetahuan agama dan orientasi agama terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Surabaya. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi berganda. Pengujian hipotesis secara parsial menggunakan uji t dan secara simultan menggunakan uji F dengan tingkat signifikansi yang digunakan adalah 95% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komitmen beragama berpengaruh terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Surabaya; (2) pengetahuan agama berpengaruh terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Surabaya; (3) orientasi agama berpengaruh terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Surabaya; (4) komitmen beragama,pengetahuan agama dan orientasi agama secara simultan berpengaruh terhadap preferensi masyarakat pada Bank Syariah di Surabaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Babbie, Earl. 2010. The Practice of Social Research. Belmont : Wadsworth, Cengage Learning.
Babbie, Earl. 2011. The Basics of Social Research. Belmont : Wadsworth, Cengage Learning.
Bala: Haliru. 2012. Socio-economic influence of Shari’ah on consumers’ motives and perception in Zamfara State, Nigeria. International Journal of Psychology and Counselling Vol. 4(4), pp. 49 – 53
Bordens, Kenneth S. and Abbott, Bruce B. 2011. Research Design and Methods: A Process Approach.New York: McGraw Hill.
Fraenkel, Jack, Wallen, Norman., & Hyun, Helen. 2012. How To Design and Evaluate Research in Education.New York: McGraw-Hill.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardjono, Winardi. 2000. Manajemen Pemasaran Modern dan Perilaku Konsumen. Bandung : Sinar Baru.
Howard, John A. and Sheth, Jagdish N.1998. Consumer Behavior and Marketing Strategy. Irwin Mc Graw Hill.
Jackson, Sherri L. 2009. Research Methods and Statistics: A Critical Thinking Approach.California: Wadsworth, Cengage Learning.
Jhingan. 2000. Pemasaran Jasa dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenhallindo.
Kaynak, E. Küçükemiroglu, O. and Odabasi,Y. 1991. Commercial Bank Selection in Turkey. International Journal of Bank Marketing, Vol. 9 Iss: 4, pp.30 – 39
Khan, Shahzad. 2011. Impact of Rationality in Creating Consumer Motivation (A Study of State Life Insurance Corporation Peshawar - Pakistan). Journal of Managerial Sciences Volume V, Number 1 pp. 97-103
Khoirunissa Delta. 2003. Consumers’ Preference Toward Islamic Banking (Case Study In Bank Muamalat Indonesia And Bank Bni Syariah). IQTISAD Journal of Islamic EconomicsVol. 4, No. 2pp. 145 – 168
Kline, Rex B. 2005. Principles And Practice Of Structural Equation Modeling. New York : The Guilford Press.
Lesmana. 2004. Pengembangan dalam Prospektif Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Marwan, Asri. 1990. Marketing.Yogyakarta: BPFE Universitas Gadjah Mada.
Michigan, Leon. 2000. Psychology of Consumer. Ohio: Prentice Hall.
Mokhlis, S. 2009. Relevancy and Measurement of Religiosity in Consumer Behavior Research. International Business Research.
Muhammad. 2007. Minat Berhubungan dengan Bank Syari’ah Di Wilayah Potensial Pengembangan Bank Syari’ah Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sinergi Vol.9 No.2 Hal.143-156.
Norman, Halim. 2000. Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Rashid, Mamunur and Hassan, M. Kabir. 2009. Customer Demographics Affecting Bank Selection Criteria,Preference, and Market Segmentation: Study on Domestic IslamicBanks in Bangladesh. International Journal of Business and ManagementVol. 4, No. 6 pp.131-146.
Rehman, Mobeen Ur. 2012. Customer’s Tendency Towards The Selection of Islamic Banking System In Pakistan. African Journal of Business Management Vol. 6(5), pp. 2064-2070.
Ricky, Chun. 1998. The Consumer Behavior in Marketing. Littlefield, Adams and Co.
Sanderson, Valarie. 1998. Service Marketing and Consumer. Boston: Irwin McGraw-Hill.
Sugeng, Sugianto. 1999. Konsumen dalam Mengambil Keputusan Pembelian Produk. Jakarta : Karunika.
Thamrin, A. Rivai. 1999. Teori Sosiologi Modern dalam Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Thullman, Berry. 2000. The Consumer in Culture Prospective of Marketing. Boston: Mc Graw Hill, Inc.
Tjiptono, Adisasono. 1999. Karakteristik Sosiologi Konsumen. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tunggal, Amid Widjaja. 2005. Tanya Jawab: Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategi. Jakarta: Harvarindo.
VanderStoep, Scott W. and Johnston, Deirdre D. 2009. Research Methods for Everyday Life: Blending Qualitative and Quantitative Approaches. San Fancisco: Jossey-Bass.
Wahono, Irawan. 2002. Dasar-dasar Bisnis dan Pemasaran. Jakarta: Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v3i1.2572
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Chairul Anam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.