Transformasi Ojek Tradisional ke Ojek Online

Roesdijanto Roesdijanto, Pindo Tutuko, Ronald David, Elta Sonalitha

Abstract


Kehidupan masyarakat dewasa ini lebih dinamis dibandingkan dengan era sebelum teknologi informasi berkembang pesat. Berbagai macam kesibukan masyarakat seolah kekurangan waktu untuk melakukan beberapa pekerjaan dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kesibukan yang paling dirasakan menyita waktu antara lain pengiriman paket dalam kota, pengantaran ke tempat tujuan yang biasanya terkendala macet dan angkutan umum, antri yang menyita waktu, dan belanja kebutuhan. Di kehidupan masyarakat, kita temui para pekerja yang berkesempatan untuk menawarkan jasa antar menggunakan motor yang dimiliki yang disebut Tukang Ojek. Tukang ojek tradisional hanya melayani jasa antar saja. Hal ini berpengaruh terhadap kurangnya pemenuhan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan bantuan berupa jasa kurir, belanja, antar dan antri. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan bagi para pekerja jasa antar guna peningkatan pelayanan prima, Safety riding, dan strategi pemasaran jasa melalui media online sehingga diharapkan dapat melakukan pelayanan yang memuaskan terhadap pelanggan. Sistem yang dirancang diharapkan mampu menunjang kemandirian dan kewirausahaan sehingga dapat menambah penghasilan untuk memberi kontribusi tambahan terhadap ekonomi keluarganya. 


Keywords


Kurir; Online Marketing; Pemberdayaan; Tukang Ojek

Full Text:

PDF

References


Buku Saku Kader PKK. (2007). Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut.

Ilhamsyah, (2012). Tranformasi Media Periklanan dalam Sosial Media (Analisis Iklan pada Fan Page Facebook WRP), Jurnal Seni Rupa & Desain Vol.1 No.1 2012

Soetomo. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Soemantadiredja, Adrian, dkk, (2015). Penerapan E-Bisnis pada Gojek. Sekolah Bisnis Intitut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v3i1.2571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Roesdijanto, Pindo Tutuko, Ronald David, Elta Sonalitha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.