Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas

Sri Wahyuni, Jonianto Pardamean

Abstract


Pertumbuhan pelanggan Telkomsel di Indonesia telah menjadi perhatian penting untuk manajemen perusahaan sehingga mampu mempertahankan posisi pasar sebagai pemimpin pasar industri jasa telekomunikasi. Tuntutan untuk selalu menjadi yang terbaik harus menjadi komitmen perusahaan agar para pelanggan tetap membeli produk prabayar Telkomsel. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh iklan, harga, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian kartu simpati prabayar di Institute Perbanas Jakarta. Responden penelitian diambil dari 106 responden penggunana kartu prabayar Telkomsel di Perbanas Institute Jakarta. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala satu sampai dengan sepuluh (1-10). Teknik analisis data menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM) program AMOS versi 21.0. Hal ini digunakan untuk menguji hubungan tiga hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dampak positif dari variabel harga terhadap keputusan pembelian dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel iklan tidak  memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Iklan; Harga; Kualitas Pelayanan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Esti Riwayati, Hedwigis dkk, (2010). Pedoman Penulisan dan Bimbingan Skripsi. Jakarta: ABFI Institute PERBANAS.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2007). Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Penerbit PT Indeks: Jakarta.

Fred R. David, 2009, Manajemen Strategis. Salemba Empat Jakarta.

Sumarwan, Ujang, (2011) Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. (1995) .Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit Erlangga.

A.Shimp Terence. (2003), Periklanan Promosi, Jakarta: Erlangga.

Laksana, Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta. Penerbit Graha Ilmu.

Stanton, William J. (2004). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

Kuncoro, Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk bisnis & Ekonomi. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Ferdinand, Augusty, 2011, Metode Penelitian Manajemen, edisi ketiga, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Nurdin, 2013. Pengaruh Media Periklanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Handphone Merek Nokia di Perumahan Unggul Graha Permai Tambun-Bekasi. Jurnal Ilmiah Manajemen (Online) Vol. IV No.1.

Mawara, Zimri Remalya (2013). Iklan dan Citra Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Yamaha. Jurnal EMBA. Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 826-835.

Imasari, Kartika. 2010. Pengaruh Media Periklanan Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa SMU Untuk Mendaftar di Universitas Kristen Maranatha: Sikap Konsumen Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Siswa SMU di Bandung). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (Online), September 2010, Hal. 109-120, Vol 17, No 2.

Mandey, Jilly Bernadette. 2013. Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA (Online) ISSN 2303-1174 Vol. 1 No. 4 Desember 2013, Hal.95-104.

Daud, Deny. 2013. Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan Pada PT. BESS Finance Manado. Jurnal EMBA (Online) ISSN 2303- 1174 Vol. 1 No. 4 Desember 2013, Hal. 51-59.

Setiawan, Hermani dan Suryoko (2013). Pengaruh Atribut Produk dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Jupiter Series Pada Dealer Yamaha Agung Motor Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Kurniawan,Tomi. & Mudiantono. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic di Raharjo Motor, Jepara. Diponegoro Jurnal of Management (Online) Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013, Halaman 1, ISSN 2337-3792.

Churchill,G. A., dan Iacobucci, D. 2001,Marketing Research: Methodological Foundations, 9 th ed., Thomson South-Western., Belmont- CA.

Kotler, Philip & Gary Armstrong, 2006, Prinsip-prinsip Pemasaran jilid 2, edisi12, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Mas’ud,Fuad, 2004, Survai Diagnosis Organisasional, Konsep dan Aplikasi, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Ferdinand,Augusty, 2011, Metode Penelitian Manajemen, edisi ketiga, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Indriantoro,Nur dan Supomo Bambang, 1999, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, edisi pertama, BPFE, Yogyakarta.

Ghozali,Imam, 2007, Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Ghozali, Imam, 2013, Model Persamaan Struktural. Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 21.0, Badan Penerbit UNDIP, Semarang

http://www.telkomsel.com/about/news/876-Kinerja-Gemilang--Telkomsel-Catat Laba-Bersih-Perusahaan-Sebesar-3-5-Trilyun-Rupiah-di-KuartalPertama 2012.html (diakses tanggal 26 Mei 2014)

http://www.telkomsel.com (diakases tanggal 26 Mei 2014)




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v3i1.2565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sri Wahyuni, Jonianto Pardamean

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)

Indexed by: