Analisis Penggunaan Produk Kemasan Sachet Plastik Ditinjau dari Perspektif Manajemen Pemasaran

Lola Malihah, Aswan Nazairin

Abstract


Kemajuan teknologi telah merambah keseluruh bidang,tidak terkecuali dibidang industri dan pemasaran. Perilaku konsumen yang menginginkan segala sesuatunya secara praktis juga telah membuat produsen mengikuti keinginan konsumen. Salah satunya adalah penggunaan produk dengan kemasan sachet.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan kemasan sachet plastik sachet yang ditinjau dari sisi manajemen pemasaran. Metode yang digunakan berupa metode kuantitatif. Data berupa data primer yang diperoleh dari penyebaran angket kepada konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sisi manajemen pemasaran kemasan sachet plastik saat ini dinilai sebagai cara yang sangat mudah,praktis dan aman untuk melindungi agar produk terlindungi saat proses distribusi dari produsen hingga sampai ke konsumen akhir. Namun disisi lain dampak yang ditimbulkan dari semakin banyaknya kemasan schet plastik adalah semakin betambahnya jumlah sampah yang dihasilkan setiap tahunnya, terutama yang berbahan plastik. Untuk mengendalikan kondisi ini pemerintah beruapa menerapkan beberapa kebijakan namun masih sebatas pada pengurangan pemakaian kantong belanja berbahan plastik. Kedepannya diperlukan kebijakan lain bukan hanya bagi konsumen tetapi juga bagi para produsen sebagai bentuk tanggungjawab sosial terhadap lingkungan. Tentunya juga diperlukan kesadaran, pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kebijakan guna mendukung pembangunan lingkungan yang berkelanjutan.

  

References


Alma, B. (2008) Pengantar Bisnis.

Antasari, D.W. (2019) ‘Implementasi Green Economy Terhadap Pembangunan Berkelanjutan Di Kota Kediri’, Jurnal Ekonomi Pembangunan STEI Muhammadiyah Palopo, 5(2), pp. 80–88.

Anugrah, N. (2020) Indonesia Memasuki Era Baru Pengelolaan Sampah, Jakarta. Available at: www.ppid.menlhk.go.id.

Arikunto, S. (2014) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asna, N., Fitriani, R. and Mashudi, M. (2023) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami dan Kualitas Produk Tehadap Loyalitas Pelanggan Toko Heavenlight (Studi Pada Pengikut Instagram Heavenlight)’, JSBM : Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Univ. Trunojoyo, 10(1). Available at: https://doi.org/10.21107/jsmb.v10i1.20392.

Ermawati, R. et al. (2013) ‘Sintesis dan Karakterisasi Kemasan Jerigen Plastik Polietilen dengan Penambahan Nano Partikel TiO2’, Indonesian journal of Materials Science, 14(2), pp. 114–119.

Fadillah, M.H. and Fahreza, M. (2023) ‘Pendekatan ekonomi sirkular sebagai model pengembangan bisnis melalui pemanfataan aplikasi pada usaha kecil dan menengah pasca Covid-19’, Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), pp. 55–66. Available at: https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.2269.

Fatoni, S.N. (2017) Pengantar Ilmu Ekonomi.

Fithria, Harleli and Yari, J. (2022) ‘Persepsi Mahasiswa dalam menggunakan plastik dan Styrofoam sebagai kemasan makanan di lingkungan Universitas Halu Oleo Tahun 2022’, PREVENTIF Journal UHO, 7(1).

Fitiro, A. (2020) ‘Pengolahan sampah plastik LDPE Bungkus Mie Instan dan Sachet kopi menjadi minyak dengan metode Pirolisis’, ALMIKANIKA, 2(1). Available at: https://doi.org/10.32832/almikanika.v2i1.5311.

Fitriani, S., Prasetyo, D.H. and Astuti, A.Y. (2023) ‘Kajian Potensi Ekonomi Daur Ulang Limbah Sachet’, Jurnal Teknik Industri : Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), pp. 204–210.

Gunadi, A.A., Iswan and Ansharullah (2019) ‘Minimalisasi Penggunaan produk kemasan plastik makanan jajanan siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Abdimas Umtas, 3(1).

Hasanah, N. and Handayani, W. (2020) ‘The Influence of Green Product, Green Advertising and green trust to the purchasing decision of skincare Himalaya Herbals in Palapa Departemen Store’, JSMB : Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 7(1). Available at: https://doi.org/10.21107/jssmb.v7i1.7459.

Ilmiawati, C. et al. (2017) ‘Edukasi Pemakaian plastik sebagai kemasan makanan dan minuman serta risikonya terhadap kesehatan pada komunintas di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Padang’, LOGISTA : Jurnal Pengbadian Kepada Masyarakat, (1), pp. 20–28.

Istini, I. (2020) Pemanfaatan Plastik Polipropilen Standing Pouch Sebagai Salah Satu Kemasan Sterilisasi Peralatan Laboratorium.

Kaban, R. (2014) PENGNDALIAN KUALITAS KEMASAN PLASTIK POUCH MENGGUNAKAN STATISTICAL PROCCES CONTROL (SPC).

Kamsiati, Elmi; Herawati, Heny; Purwani, E.Y. (2017) ‘Potensi Pengembangan plastik Biodegradable berbasis pati sagu dan ubi kayu di Indonesia’, Jurnal Litbang Pertanian, 36(2), pp. 67–76. Available at: https://doi.org/10.21082/jp3.v36n2.2017.p67-76.

Karimah, H. et al. (2023) ‘Peluang dan Tantangan pengelolaan kegiatan ekonomi sirkular di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cahaya Kencana Martapura’, e-Jurnal Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan, 11(1), pp. 1–20.

Kharisma and Khairi, A.N. (2022) ‘Pengaruh Jenis Kemasan Plastik dan lama waktu penyimpanan terhadap karakteristik Fisikokimia Jelly drink Jeruk Pomello (Citrus maxima)’, JKPTB : Jurnal Keteknikan Pertanian Trposi dan Biosistem, 10(1).

Kusumowardani, P. (2014) ‘Potensi Pembuatan Produk Kemasan Ramah Lingkungan Studi Kasus Kota Bandung’, WIDYAKALA: Journal of Pembangunan Jaya University, 1(1). Available at: https://doi.org/10.36262/widyakala.v1i1.3.

Lapanga, Hastian and Iswahyudi, L. (2020) ‘Pengeruh Jenis Kemasan Plastik Terhadap Perubahan Kimia, Fisik dan organoleptik Jagung manis (ZEA MAYS SACCHARATA) Selama Penyimpanan pada suhu rendah.’, Sultra Journal of Agricultural Research, 1(1).

Malihah, L (2022) ‘Analisis Kualitas Produk Scooter Matic Ditinjau Dari Sisi Kondumen Muslimah’, J-EBIS Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1), pp. 87–106.

Malihah, Lola (2022a) ‘Analisis Kualitas Produk Scooter Matic Ditinjau dari Sisi Konsumen Muslimah’, J-EBIS Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7(1), pp. 87–106. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.32505/j-ebis.v7i1.3998.

Malihah, Lola (2022b) ‘Tantangan Dalam Upaya Mengatasi Dampak Perubahan Iklim dan Mendukung Pembanguan Ekonomi Berkelanjutan : Sebuah Tinjauan’, Jurnal Kebijakan Pembangunan, 17(2), pp. 219–232.

Malihah, L. et al. (2023) ‘Pemanfaatan sampah rumah tangga melalui konsep ekonomi sirkular di desa Tambak baru ilir Matapura’, BAKTI BANUA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STIMI Banjarmasin, 4(1), pp. 5–10.

Malihah, L., Wushulinsana, W. and Zaitun, Z. (2023) ‘Analisis Strategi Pemasaran Mie Sedaap Dalam Meningkatkan MInatBeli Konsumen’, Jurnal Administrasi Kantor Univ. Bina Insani, 11(1), pp. 128–139.

Maricar, R., Naharuddin, A. and Rosmiati, R. (2023) ‘The Influence of Packaging Desin on the Performance of Small and Medium-sized Enterprises Products’, Jurnal Administrasi Kantor Univ. Bina Insani, 11(1), pp. 152–162.

Mulyana, E.W. and Sabrina, S. (2022) ‘Analisis Perilaku Pembelian Berkelanjutan Terhadap Produk Kecantikan Berkelanjutan di Kota Batam’, JWM : Jurnal Wawasan Manajemen (Master Program In Management, Lambung Mangkurat University), 10(3). Available at: https://doi.org/10.20527/jwm.v10i3.222.

Nasution, S.R. et al. (2018) ‘IBM : Pemanfataan Limbah plastik sebagai kerajinan tangan di Kelurahan Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan’, Jurnal Teknik Industri, 6(2), pp. 117–123.

Nurtjahjadi, E. (2014) ‘Sustainable Marketing : Pemasaran Ramah Lingkungan dan Sosial Demi Generasi Mendatang’, in SNEB : Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Univ Jend. Ahmad Yani, pp. 1–4.

Rosmiati, R., Jamaluddin, J. and Lidiana, L. (2023) ‘The Effect Design, Material and Information of Packaging on Comsumer Behaviour E-Commerce’, Jurnal Administrasi Kantor Univ. Bina Insani, 11(1), pp. 103–113.

Santoso, R.E. and Widyamurti, N. (2022) ‘Model Pengolahan Limbah Plastik OPP Laminasi Menjadi Produk Aksesoris Fesyen’, in National Conference PKM Center Sebelas maret University. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, pp. 440–445.

Suardana, I.G.P., Ratnawati, T. and Kusumaningtyas, A. (2019) ‘Aksiologi Packaging Perspektif Small Bisnis and Customer di Sidoarjo’, DIE : Jurnal Ekonomi & Manajemen, 10(2), pp. 97–106.

Sucipto, Nyoman; Suriasih, Ketut; Kencana, P.K.D. (2017) Pengemasan Pangan (Kajian Pengemasan Yang aman, Nyaman, Efektif dan Efisien). 1st edn. Denpasar: Udayana University Press.

Sugiyono, S. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Sunyoto, D. (2019) Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Susiari, N.P. (2016) ‘Greenwashing : Konsekuensinya Pada Konsumen (Studi Kasus Pada Coca-Cola PlantBottle’, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univ. Udaya Denpasar [Preprint]. Available at: https://sinta.unud.ac.id/uploads/wisuda/1206205012-1-Halaman awal.pdf.

Tholhah and Candra, K.P. (2019) ‘Pengaruh Jenis Plastik Kemasan terhadap sifat kimia, mikrobilogi dan sensoris selama masa simpan kue kacang produksi beberapa UMKM di Kota Samarinda dan Balikpapan.’, Journal Of Tropical Agrifood, 1(1).

Veronika, S. (2022) ‘Analisis Strategi Pemasaran Hijau Bank Sampah Dalam Menciptakan




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v10i2.23328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lola Malihah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)