Analisis Pengaruh Perceived Quality, Citra Brand, dan Country of Origin pada Minat Beli Skincare Lokal Somethinc terhadap Remaja di Semarang

Natasya Mutiara Puteri, Ariati Anomsari

Abstract


Dampak dari berkembangnya pesatnya globalisasi, menyebabkan masyarakat Indonesia semakin terpapar dengan berbagai merek dan produk dari luar negeri. Adanya pergeseran preferensi konsumen dari produk lokal ke produk internasional, memgakibatkan produk lokal mungkin dianggap kurang berkualitas atau kurang eksklusif dibandingkan dengan produk Internasional. Menguji secara empiris mempengaruhi atau tidaknya persepsi kualitas, citra merek dan negara asal pada minat beli merupakan tujuan dilakukannya penelitian ini. Metode pengambilan sampel menggunakan pendekatan sampling non-probabilitas secara tidak acak, yang melibatkan 162 orang sebagai responden, melalui kuesioner dimana validitas atau reliabilitasnya sudah teruji dan layak digunakan. Teknik analisis data menerapkan uji regresi berganda melalui software SPSS Versi 24. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa secara parsial Perceived Quality, Citra Merek dan Negara Asal mempengaruhi positif serta signifikan pada Minat Beli Skincare Lokal Somethinc. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa secara simultan Perceived Quality, Citra Merek dan Negara Asal mempengaruhi positif serta signifikan pada Minat Beli Skincare Lokal Somethinc sejumlah 61,1%, namun sejumlah 38,9% mempengaruhi variabel lainnya.

Keywords


Persepsi Kualitas; Citra Brand; Negara Asal; Minat Pembelian

References


Agmeka, F., Wathoni, R. N., & Santoso, A. S. (2019). The Influence of Discount Framing towards Brand Reputation and Brand Image on Purchase Intention and Actual Behaviour in e-commerce. Procedia Computer Science, 161, 851-858. doi:https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.192.

Alawiyah, T., Mulyono, L. E., & Rinuastuti, B. H. (2022). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI PRODUK MS GLOW. URGENTrev : UNRAM MANAGEMENT REVIEW, 2(2), 1-11. doi:https://doi.org/10.29303/ju.v2i2.249

Edward, & Ruslim, T. S. (2021). PENGARUH PERCEIVED QUALITY, BRAND IMAGE, BRAND TRUST TERHADAP PUCHASE INTENTION PRODUK MILO. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 3(3), 669-679. doi:https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13151

Efendi, M. F., Rachma, N., & Rahmat, A. (2019). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, PERCEIVED QUALITY DAN PRICE TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi kasus pada pengguna Oli Castrol di Bengkel Castrol Active Sawojajar Kota Malang). e-JRM : e – Jurnal Riset Manajemen, 8(12), 41-55. Retrieved from https://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/issue/view/413

Fauzi, R. U., Esmike, M., & Ardiningrum, A. R. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc. Efektif : Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 14(1), 58-78. doi:https://doi.org/10.37159/era1vn92

Fauzia, A. Z., & Sosianika, A. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, dan Country of Origin Terhadap Minat Beli Produk Skincare Luar Negeri. IRWNS : Industrial Research Workshop and National Seminar, 12, 1068-1072. Retrieved from https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2882

Herrin, D. C., Adriansyah, M. A., & Rahmah, D. D. (2023). Efek Citra Negara Asal dan Desain Produk terhadap Minat Beli: Bagaimana Skincare Korea Selatan Menjadi Pilihan Utama Konsumen? PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1), 56-64. doi:http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v11i1.9007

Indrawati, Yones, P. C., & Muthaiyah, S. (2023). eWOM via the TikTok application and its influence on the purchase intention of somethinc products. Asia Pacific Management Review, 28(2), 174-184. doi:https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2022.07.007

Kristinawati, A., & Keni. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE, PERCEIVED QUALITY DAN EWOM TERHADAP PURCHASE INTENTION MOBIL DI JAKARTA. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 5(5), 524-529. doi:https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i5.13305

Kussudyarsana, K., Forma, Y. B., & Achmad, N. (2020). Apakah Perceived Quality memediasi hubungan antara Brand Image dan Country of Origin terhadap Purchase Intension? Jurnal Bisnis dan Perbankan UMSIDA, 6(2), 19-41. doi:https://doi.org/10.21070/jbmp.v6i2.770

Larasati, A., & Baehaqi, M. (2022). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfiaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Smartphone Vivo di Kabupaten Kebumen). JIMMBA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1), 48-71. doi:https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i1.64

Lina, R., & Sitohang, S. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC (STUDI PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 12(7), 1-24. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/5404

Manten, N. E., Sulhaini, & Rinuastuti, B. H. (2021). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN, BRAND IMAGE DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE OPPO. URGENTrev : UNRAM MANAGEMENT REVIEW, 1(1), 22-34. doi:https://doi.org/10.29303/ju.v1i1.37

Nasution, S. L. (2019). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, PELAYANAN, DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MASTER CASH & CREDIT KOTA PINANG. Jurnal Ecobisma, 6(1), 60-69. doi:https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i1.35

Pandika, N. S., Sagir, J., & Darwini, S. (2021). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SKIN CARE KOREA. EKONOBIS, 7(1), 125-142. doi:https://doi.org/10.29303/ekonobis.v7i1.72

Perlambang, N. F., & Susanto, E. H. (2020). PENGARUH GREEN STRATEGY, PERCEIVED QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK PLENTY DI JAKARTA. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 5(4), 380-384. doi:https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i4.12797

Septiani, A. S., & Putri, E. N. (2022). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image, dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Hp Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa STIE Tenggarong yang berada di Muara Badak). I-CON MEDIA : JURNAL EKONOMI MANAJEMEN BISNIS, 5(1), 11-20. doi:https://doi.org/10.61509/luxICM5147

Setiawan, D., Welsa, H., & Ningrum, N. K. (2021). PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 89-97. doi:https://doi.org/10.31605/mandar

Sukmawati, D. A., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SOMETHINC (Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 2(2), 579-599. doi:https://doi.org/10.32477/jrabi.v2i2.487

Wibowo, S. A., Rizan, M., & Febrilia, I. (2021). THE INFLUENCE OF COUNTRY OF ORIGIN AND BRAND IMAGE ON PURCHASE INTENTION OF OPPO SMARTPHONE WITH PERCEIVED QUALITY AS INTERVENING VARIABLES. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis (JDMB), 4(1), 33-60. doi:https://doi.org/10.21009/JDMB.04.1.2




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v10i2.22949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Natasya Mutiara Puteri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.