Persepsi Siswa Pada Peranan Iklim Organisasi, Pembelajaran Pengelolaan Keuangan Pribadi Terhadap Hasil Pembelajarannya

Ernawati ., Arief Nurdiannova Qurochman, Isti Wijiningrum

Abstract


Kegiatan pembelajaran tentang pengelolaan keuangan pribadi sangat diperlukan bagi setiap orang khususnya pelajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa SMK Prapanca 2 Surabaya di kelas X pada peranan iklim organisasi sekolah tersebut, kegiatan pembelajaran pengelolaan keuangan pribadi terhadap hasil pembelajarannya. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form ke 20 siswa. Hasil olah data dari kuesioner mengacu pada indeks Tingkat Capaian Responden (TCR) untuk mengetahui persepsi siswa pada ketiga variabel dan menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui peranan variabel iklim organisasi dan pembelajaran pengelolaan keuangan pribadi terhadap hasil pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TCR pada variabel iklim organisasi dan variabel pembelajaran dikategorikan baik, sedangkan TCR variabel hasil pembelajaran dikategorikan sangat baik. Pada uji t, variabel iklim organisasi dan variabel pembelajaran pengelolaan keuangan pribadi secara parsial berpengaruh terhadap hasil pembelajaran, Pada uji F, dua variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Dua variabel tersebut berpengaruh sebesar 73,4% terhadap hasil pembelajaran.

Keywords


Kata Kunci: Persepsi; Iklim Organisasi; Pembelajaran Pengelolaan Keuangan Pribadi; Hasil Pembelajaran

References


Agustya, Z. (2017). Pengaruh respon siswa tentang proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas x pada mata pelajaran ekonomi di sma negeri 1 wonoayu kabupaten sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 5(3).

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468.

Damanik, R. (2018). Pentingnya Iklim Organisasi yang Efektif di Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 6(2).

Gaffar, F. (2021). Hubungan Persepsi Mahasiswa dengan Keterampilan Dosen Dalam Mengelola Kelas dan Hasil Belajar. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 58–68.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42.

Hama, A., & Qurochman, A. N. (2022). ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS, INFORMATION TECHNOLOGY, AND TASK-TECHNOLOGY SUITABILITY ON EMPLOYEE PERFORMANCE. International Conference of Business and Social Sciences, 389–398.

Hamal, Z. (2019). Pengaruh Kedisiplinan dan Kreatifitas Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTsN 1 Makassar. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 3(2), 118–126.

Harjito, R. W. (2019). FINANCIAL KNOWLEDGE DAN LOCUS OF CONTROL DALAM FINANCIAL MANAGEMENT (STUDI EMPIRIS KELUARGA DI KECAMATAN DEMAK KABUPATEN DEMAK PROPINSI JAWA TENGAH). Serat Acitya, 8(1), 107.

Herlina, V. (2019). Panduan praktis mengolah data kuesioner menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo.

Husin, I. (2022). Teori Organisasi. Jurnal Gerbang STMIK Bani Saleh, 12(2), 56–66.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi siswa SMAN 1 Palopo terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 264–270.

Lestari, D. (2020). Manajemen keuangan pribadi cerdas mengelola keuangan. Deepublish.

Magdalena, I., Ridwanita, A., & Aulia, B. (2020). Evaluasi belajar peserta didik. PANDAWA, 2(1), 117–127.

Maharani, S., Gistituati, N., Hadiyanto, H., & Ermita, E. (2021). Persepsi Siswa tentang Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru di SMK Negeri 1 Painan. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(1), 36–40.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Mawarnia, B. (2017). Pengaruh biaya pribadi (private cost) dan persepsi siswa tentang pembelajaran ekonomi materi akuntansi terhadap hasil belajar siswa SMA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 91–104.

Ndorifah, A. N. J., & Qurochman, A. N. (2019). Harga Saham Ditinjau Dari Performa Keuangan.

Nugraha, B. (2022). Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Pradina Pustaka.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Palupi, D. E. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN DAN LOCUS OF CONTROL PADA PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN PERSONAL (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2018–2020 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). Prima Ekonomika, 13(1), 40–52.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.

Pujihastuti, I. (2010). Prinsip penulisan kuesioner penelitian. CEFARS: Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43–56.

Qurochman, A. N. (2022a). The Influence Of Debt On Profitability With Firm Size And Sales Growth As Control Variables. Jurnal Mantik, 6(2), 2463–2470.

Qurochman, A. N. (2022b). The Influence of Profit Growth, Leverage, and Profitability on Dividend Policy in State-Owned Enterprises Listed on the Indonesia Stock Exchange. Enrichment: Journal of Management, 12(2), 1280–1286.

Simbolon, M. (2007). Persepsi dan kepribadian. Jurnal Ekonomis, 1(1), 52–66.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Susanty, E. (2013). Iklim Organisasi: Manfaatnya Bagi Organisasi. Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang Dan Tantangan, 1(2), 230–239.

Swarjana, I. K., & SKM, M. P. H. (2022). Populasi-sampel, teknik sampling & bias dalam penelitian. Penerbit Andi.

Wahyuni, I., Darmono, D., & Usman, H. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI, DAN MANAJEMEN MUTU GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMKN DI DI YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(1), 1–12.

Wijaya, W., Witarsa, W., & Achmadi, A. (n.d.). PENGARUH IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(10).

Yuliara, I. M. (2016). Regresi Linier Berganda. Denpasar: Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v10i1.21114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arief Nurdiannova Qurochman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.