Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko Heavenlight (Studi Pada Pengikut Instagram Heavenlight)

Nahdiya Asna, Rini Fitriani, Mashudi Mashudi

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat pesat berdampak pada meluasnya e-commerce. Salah satu produk jenis barang atau jasa yang paling banyak terjual di e-commerce menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) adalah bidang fashion dengan 16,25% sepanjang tahun 2021. Hal ini dapat menimbulkan persaingan ketat diantara pengusaha fashion, tak terkecuali pada usaha fashion muslim. Persaingan yang terjadi dapat menjadi strategi perusahaan untuk menarik atau mempertahankan loyalitas pelanggannya. Salah satu strateginya yakni dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan produk mereka. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan islami dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang disebar melalui google form kepada pelanggan toko Heavenlights. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS for windows melalui prasyarat uji asumsi klasik.  Dari analisis data tersebut menunjukan bahwa 1) kualitas pelayanan islami tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan toko Heavenlight 2) kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan toko Heavenlight.

Keywords


Kualitas; loyalitas pelanggan; pelayanan islami; produk

References


Afnina, & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458;

Al-Ghifari, M. I., & Khusnudin. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Biaya Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Denpasar Bali. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 421–434. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).10883;

Andreas, C., & Yunita, T. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 53(9), 1689–1699.;

Annas, M., Susanti, N. I., & Koyimah, S. N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Anggota BMT UGT Sidogiri Capem Sempu. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam (JPSDa), 1(2), 138–150. https://doi.org/10.20885/sinergi.vol8.iss2.art5;

Bisnis.com. (2022). Pasar Pakain Muslim Diperkirakan Mencapai US$311 Miliar, Peluang Buat Indonesia. https://ekonomi.bisnis.com/read/20220406/12/1519878/pasar-pakain-muslim-diperkirakan-mencapai-us311-miliar-peluang-buat-indonesia;

BPS. (2022). Statistik E-commerce 2022. https://www.bps.go.id/;

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173;

Familiar, K., & Maftukhah, I. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4), 348–354.;

Fauzi, M. R., & Mandala, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6741. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p18;

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO;

Hakunta, T., & Sujianto, A. E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami, Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening di Warung Kopi Tequila Tulungagung. Jurnal Ilmiah Hospitally, 11(2), 787.;

Hanifa, O., Kurniawati, T., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 1(4), 794. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5658;

Hidayat, R. R., & Rayuwanto, R. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Keizai, 3(2). https://doi.org/10.56589/keizai.v3i2.292;

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian (2nd ed.). Erlangga.;

Munthe, N., Rokan, M. K., & Rahmani, N. A. B. (2022). Pengaruh Peran Manajer, Kualitas Pelayanan Islami dan Kepercayaan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pasien Bekam Sebagai Variabel Intervening Pada Mitra Sehat Thibun Nabawi di Masa Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Isla, 8(03), 3728–3736.;

Nurhayati, S. (2020). Pengaruh Brand Trust, Brand Experience Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. JBMA, VII(2), 36–46. http://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/download/100/114;

Ofela, H., & Agustin, S. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kebab Kingabi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1). https://doi.org/10.54471/idarotuna.v3i1.28;

Pakurár, M., Haddad, H., Nagy, J., Popp, J., & Oláh, J. (2019). The service quality dimensions that affect customer satisfaction in the Jordanian banking sector. Sustainability (Switzerland), 11(4), 1–24. https://doi.org/10.3390/su11041113;

Putra, R. P., & Herianingrum, S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 1(9), 622. https://doi.org/10.20473/vol1iss20149pp622-635;

Putrie, A. R. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Transaksi Pembelian Online Terhadap Loyalitas Pelanggan E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(8), 1–14.;

Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, 5(1), 46. https://doi.org/10.21111/tijarah.v5i1.3621;

Rosalina, M., Qomariah, N., & Sari, M. I. (2019). Dampak Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Oppo Smartphone. Jurnal Peneltitian IPTEKS, 4(2), 161–174.;

Sapitri, E., Sampurno, & Hayani, I. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Minyak Telon Cussons Baby di DKI Jakarta). Jurnal Mandiri, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.144;

Sari, A. A., & Suryaningsih, S. A. (2020). Pengaruh Promosi Islami Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Emas Studi Pada Pegadaian Syariah Kabupaten Gresik. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 187–199. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p187-199;

Sari, A. C. M., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(Mei), 17. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/4012/4023/;

Sigit, K. N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(1), 157–168. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i1.1236;

Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa (1st ed.). Indeks.;




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v10i1.20392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nahdiya Asna, Rini Fitriani, Mashudi Mashudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)