Pengaruh Lifestyle dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian IPhone Pada Mahasiswa di Universitas AMIKOM Purwokerto

Adipura Arya Kangsadewa, Anggi Putri Pratama

Abstract


Globalisasi telah menyebabkan pertumbuhan pada bidang komunikasi dan meningkatkan jumlah penggunaan smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Lifestyle dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian IPhone pada Mahasiswa di Universitas AMIKOM Purwokerto. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik pengambilan sampel insidental sampling dan purposive sampling. Adapun uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji analisis regresi, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, uji normalitas, dan uji hipotesis t (t-test). Berdasarkan hasil pengujian variabel Lifestyle (X1) adalah t-hitung < t-tabel (1,341 < 3,410) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima atau variabel Lifestyle (X1) secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian IPhone. Sedangkan, pengujian variabel Brand Image (X2) adalah t-hitung < t-tabel (4,661 > 3,410) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak atau variabel Lifestyle (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian IPhone.

Keywords


Lifestyle, Brand Image, Keputusan Pembelian

References


Ahdiat, A. (2023, 03 08). Penduduk Indonesia Yang Punya Handphone Bertambah Pada 2022. Retrieved From Databoks.Katadata: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/03/08/Penduduk-Indonesia-Yang-Punya-Handphone-Bertambah-Pada-2022

Ananda Devia Wulansari, M. B. (2023). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Economics And Digital Business Review.

Bambang Somantri, R. A. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone. Jurnal Cakrawala.

Dedhy Pradana, S. H. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. Jurnal Kinerja.

Erni Karta Kaharuddin, M. I. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Decision : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis.

Harnoto, T. B. (2018). Keputusan Pembelian Smartphone Oleh Mahasiswa: Kelompok Acuan Atau Gaya Hidup. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Herdian Prahmana Putra, E. E. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa Universitas Bina Darma. Jurnal Manajemen Dan Sains.

Monica Wolff, W. J. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum Perempuan Milenial Di Kecamatan Tahuna. Jurnal Emba.

Nurlinda, M. F. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone. Forum Ilmiah Indonusa.

Rangkuty, F. (2013). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Setyaningsih, D. K. (2020). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Hedonis Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani (Studi Pada Santriwati Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an Munggang Bawah Di Wonosobo). Journal Of Economic, Business, And Engineering (JEBE).

Suprapto, T. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi Dan Peran Manajemen Dalam Komunikasi. Jakarta: Pt Buku Seru.

Tasya Salsabila Adel Putri, R. A. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone. Digital Economic, Management And Accounting Knowledge Development.

Tia Faulina, F. S. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Di Bhintang Ponsel Padang. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan.

Zannah, D. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone (Studi Kasus Terhadap Generasi Z Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v10i1.19977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adipura Arya Kangsadewa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)