Pengembangan Usaha Menuju Keunggulan Bersaing Di Era Revolusi Industri 4.0 pada UMKM Pengrajin Gitar Di Kabupaten Sukoharjo
Abstract
Pemerintah berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi berawal dari desa. Potensi desa berupa sumberdaya alam, budaya, pengetahuan, teknologi, maupun potensi SDM yang kreatif dan inovatif terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan memberikan deskripsi serta gambaran tentang fenomena dan potensi sumber daya lokal yang tersedia di Desa Girikerto yang diberdayakan melalui kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bentuk usaha UMKM mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan pelaku UMKM dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi sumberdaya dikembangkan dan diberdayakan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kegiatan perekonomian untuk mensejahterakan masyarakat. Potensi yang terdapat di Desa Girikerto meliputi pertanian dan perkebunan, peternakan dan perikanan, kuliner dan panganolahan, kerajinan, dan pariwisata. Dalam mengoptimalkan peran UMKM telah dikembangkani novasi, kreativitas dan teknologi. Pengembangan potensi tersebut dilakukan oleh Pemerintah Desa melalui BUMDes, Forum UMKM bekerjasama dengan akademisi, inovator dan Dinas terkait di Kabupaten Sleman. Bentuk pembinaan dan pendampingan diantaranya penanaman dan pengolahan hasil pertanian, perikanan, dan peternakan kambing. Selainitu juga terdapat pembinaan pada industri kreatif seperti batik, kerajinan daur ulang sampah, dan pariwisata
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ambiyar, & Muhardika. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Alfabeta.
Gema Elektrik. (2022). Wawancara dengan UMKM Pengrajin Gitar Sukoharjo [Komunikasi pribadi].
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitiatif. CV Pustaka Ilmu.
Hardilawati, W. L. (2020). The Survival Strategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 1(1).
Sekti, W. B., & Armayana, R. (2021). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sentra Industri Gitar dalam Menghadapi Covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 49–70. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3257
Barney, J.B. & Hestely W.S., 2012, Strategic Management and Competitive Advantage, Concepts and Cases, Fourth edition, New York: Pearson
Creswell, John W. 2010. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar: Yogyakarta
David, R. Fred. (2011). “Strategic Management : Concept and Cases” 13ed. Pearson Education Inc., Publishing as Prentice Hall Upper Saddle River, New Jersey, 07458, USA.
Murdifin Haming dan Mahfud Nurnajamuddin. 2014. Manajemen Produksi Modern, Operasi Manufaktur dan Jasa, Buku Kesatu, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Rumelt R, et al., (1994), Fundamental Issues in Strategy, Boston: Harvard Business School Press
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah
Wernerfelt, B. (1995). The resource-based view of the firm: Ten years after. Strategic Management Journal, 16(3), 171–174. http://doi.org/10.1002/smj.4250160303
DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i2.17173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Agung Budiatmo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.