BISAKAH INOVASI PEMASARAN MEMODERASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN SAAT PANDEMI COVID-19

Dimas Eka Pratama, Lita Dwipasari, Totok Subianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh orientasi pasar terhdapa kinerja pemasaran melalui inovasi pemasaran.  Sampel dari penelitian ini adalah pelaku usaha kuliner di Kota Malang yang memiliki produk makanan ringan. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner menggunakan non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap inovasi pasar. Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Inovasi pemasaran berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran. Terakhir, Orientasi pasar memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi pemasaran.

References


Anggraeni, M., & Sanaji, S. (n.d.). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan BisnisUniversitas Negeri Surabaya. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 9, Issue 2).

Darung, F. (2020). ARSITEKTUR STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN UKM MAKANAN KECIL PADA MASA COVID-19 DI KALIMANTAN TENGAH. Media Bina Ilmiah , 15(1), 3815–3821.

Handoyo, Ag. S. (2015). The effect of marketing innovation, market orientation, and social capital on competitive advantage and marketing performance: A study in MSMEs of embroidery Central Java Province. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 18(3), 351. https://doi.org/10.14414/jebav.v18i3.506

Humairoh, H., Suharyadi, S., Suharyadi, S., Taufik, E. R., & Taufik, E. R. (2021). Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kota Tangerang. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 125–141. https://doi.org/10.35138/organum.v4i2.147

Kohli, A. K. (2017). Market Orientation in a Digital World. Global Business Review, 18(3_suppl), S203–S205. https://doi.org/10.1177/0972150917700769

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management (14th ed.). Prentice Hall.

Naidoo, V. (2010). Firm survival through a crisis: The influence of market orientation, marketing innovation and business strategy. Industrial Marketing Management, 39(8), 1311–1320. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2010.02.005

Slater, S. F., & Narver, J. C. (1998). RESEARCH NOTES AND COMMUNICATIONS CUSTOMER-LED AND MARKET-ORIENTED: LET’S NOT CONFUSE THE TWO. In Strategic Management Journal Strat. Mgmt. J (Vol. 19).

Slater, S. F., & Narver, J. C. (2000). The Positive Effect of a Market Orientation on Business Profitability. Journal of Business Research, 48(1), 69–73. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(98)00077-0

Sok, P., O’Cass, A., & Sok, K. M. (2013). Achieving Superior SME Performance: Overarching Role of Marketing, Innovation, and Learning Capabilities. Australasian Marketing Journal, 21(3), 161–167. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2013.04.001




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i2.17072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dimas Eka Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.