Tingkat Pengembalian Investasi Pendidikan pada Lulusan Fakultas Ekonomi dan manajemen (Studi Kasus pada Lulusan yang Bekerja pada Sektor Formal)

Hilma Gusparima, Refianto Damai Darmawan, Lindawati Kartika

Abstract


Pengembalian investasi pendidikan di Indonesia menunjukkan angka yang konsisten dan semakin meningkat untuk jenjang pendidikan yang semakin tinggi. Namun jika melihat data, Angka Partisipasi Kasar (APK) di Indonesia mengalami penurunan pada jenjang pendidikan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil Return on Higher Education Investment (ROHEI) dan kelayakannya pada lulusan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB sebagai perguruan tinggi negeri di wilayah Jabodetabek.  Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data kuantitatif dan kualitatif melalui data primer dan sekunder. Metode penentuan dan penarikan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan pengembalian investasi. Analisis deskriptif digunakan untuk mengolah data pada karakteristik responden. Adapun analisis pengembalian investasi berupa benefit cost ratio (BCR), rate of return (ROR), cost benefit analysis (CBA), Payback Period (PP), net present value (NPV), dan internal rate of return (IRR) serta analisis loyalitas lulusan menggunakan net promoter score (NPS). Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa kelayakan investasi pendidikan dari gaji responden dinyatakan layak namun hasil penghitungan terkait nilai manfaat berdasarkan tabungan dinyatakan tidak layak. Loyalitas responden terhadap Fakultas Ekonomi dan Manajemen mayoritas berada dalam kategori passive.

 

Kata Kunci: Investasi, Lulusan, Pendapatan Pendidikan, ROHEI, Tabungan


References


Aliya, S., & Tobari, T. (2019). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi pada PT. Semen Baturaja (PERSERO) TBK Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2480

Amalia, N., & Sugiharti, L. (2020). Perkembangan Tingkat Pengembalian Investasi Pendidikan Menengah di Indonesia Tahun 2015 dan 2018. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 20(2), 231–252. https://doi.org/10.21002/jepi.v20i2.1310

Ayu, S. D., Mulatsih, S., & Novianti, T. (2021). Rate of Returns to Education in West Kalimantan 2018. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 21(2), 164–184.

Bappenas. (2019). Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur. https://www.bappenas.go.id/files/Visi Indonesia 2045/Ringkasan Eksekutif Visi Indonesia 2045_Final.pdf

Cahyaningtyas, R., & H, R. Y. I. (2020). Klasifikasi Kompetensi Alumni Berdasarkan Masa Tunggu Alumni untuk Mendapatkan Pekerjaaan Menggunakan Metode Agoritma C4 . 5. Kilat, 9(2), 297–310. https://stt-pln.e-journal.id/kilat/article/view/950

Gunawan, D., & Kurniyawan, T. (2020). Analisis Knowledge Creation Dalam Institusi Pendidikan dan Pelatihan. Journal of Administration and Educational Management, 3(2), 168–180. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1377

Hendajany, N., Widodo, T., & Sulistyaningrum, E. (2016). Perkembangan Tingkat Pengembalian Investasi Pendidikan Antar-Provinsi: Indonesia Family Life Survey 1993–2014. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 17(1). https://doi.org/10.21002/jepi.v17i1.647

Human Development Report 2016. (2016). Human Development for Everyone. In United Nations Development Programme. http://hdr.undp.org/sites/default/files/2016_human_development_report.pdf

Kemendikbud. (2020). RKAKL dan DIPA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. http://publikasi.data.kemdikbud.go.id/uploadDir/isi_792A27EF-D364-4475-BD12-67DADE4DAC31_.pdf

McConnell, Campbell R., Brue, Stanley L., & MacPherson, D. A. (2009). Contemporary Labor Economics. Mishawaka.

National Commission on Human Rights. (2020). Tujuan 4 : Memastikan kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta mempromosikan kesempatan belajar sepanjang hayat bagi semua Target Nasional untuk Pendidikan. Komisi Hak Asasi Manusia, 1, 1–10. https://sdg.komnasham.go.id

Pendidikan dan Kebudayaan, K. (2020). Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri. 1–42.

Prasetyo, M. A. M. (2018). Peranan Perilaku Organisasi dan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan. IDARAH: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 2(1), 80–101.

Prawira, S. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Upah Minimum Provinsi, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pengangguran Terbuka Di Indonesia. Jurnal Ecogen, 1(4), 162. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i1.4735

Psacharopoulos, G., & Patrinos, H. A. (2018). Returns to investment in education: a decennial review of the global literature. Education Economics, 26(5), 445–458. https://doi.org/10.1080/09645292.2018.1484426

Purnastuti, L., Salim, R., & Joarder, M. A. M. (2015). The returns to education in Indonesia: Post reform estimates. The Journal of Developing Areas, 49(3). https://doi.org/10.1353/jda.2015.0174

Putra, I. K. R. (2020). Pendidikan Membebaskan Sebagai Upaya Mewujudkan Generasi Emas 2045 (Telaah Pemikiran Kritis Paulo Freire). Vidya Samhita Jurnal Penelitian Agama, VI(1).

Sunaryo, W. (2017). Bunga Rampai Ekonomi Pendidikan 2017 (Issue 9). file:///C:/Users/asus/Documents/Ekonomi Pendidikan/Ekonomi Pendidikan Bunga Rampai.pdf




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v9i2.15878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hilma Gusparima, Refianto Damai Darmawan, Lindawati Kartika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)