Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Karyawan di Ganesha Operation, Bandung

Mahir Pradana

Abstract


Gaya kepemimpinan merupakan hal krusial karena keberhasilan uatu tim dalam perusahaan juga didukung dengan gaya kepemimpinan yang baik. Kepemimpinan yang baik akan meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja. Jika karyawan termotivasi dengan baik maka kinerjanya dapat meningkat. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Ganesha Operation Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi karyawan. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan Ganesha Operation yang berjumlah 34 orang dan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi untuk tujuan deskriptif – verifikatif, yaitu pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Kesimpulan yang didapat: gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja karyawan kantor pusat Ganesha Operation. Sehingga, bisa dikatakan jika gaya kepemimpinan diterapkan dengan baik, maka motivasi kerja karyawan pun akan baik. Gaya kepemimpinan yang paling berpengaruh di lingkungan kerja kantor pusat Ganesha Operation adalah gaya kepemimpinan partisipatif, yaitu pemimpin melibatkan bawahan dalam proses pengambilan keputusan.

References


Chan, Kim-Yin dan Fritz Drasgow. (2001). Toward a theory of individual differences and leadership: understanding the motivation to lead. Journal of Applied Psychology. Vol. 86 No. 3, pp. 481.

Gibson, Ivancevich, Donnelly, Konopaske. (2009). Organizational Behavior Thirteenth Edition. New York : McGraw Hill

Robbins, Stephen P. (2009). Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education, Inc., Upper Saddle River

Santamaría, Lorri J. (2014). Critical Change for the Greater Good Multicultural Perceptions in Educational Leadership Toward Social Justice and Equity. Educational Administration Quarterly. Vol. 50 No. 3, pp. 347-391.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v2i1.1501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Mahir Pradana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)

Indexed by: