Pengujian Technology Acceptance Model Terhadap Keinginan Penggunaan Kembali Teknologi Informasi Dengan Nilai Pribadi Sebagai Mediasi

Taufik Bin Abad

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap intensi penggunaan kembali software accurate dengan nilai pribadi sebagai mediasi. Rancangan penelitian cross-sectional dengan responden mahasiswa S1. Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan bahwa variabel penelitian mempunyai cronbach’s alpha berkisar 0,8011 – 0,8070. Hasil pengujian validitas konstruk menunjukkan bahwa semua variabel mempunyai validitas konstruk yang tinggi semua lebih besar dari rule of tumb 0,5. Hasil pengujian AMOS menunjukkan bahwa persepsi manfaat mempengaruhi intensi penggunaan kembali software accurate, sedangkan variabel kemudahan tidak hal ini terjadi karena software accurate adalah program akuntansi yang komplek dan harus teliti. Nilai pribadi sebagai penghubung antara manfaat tapi tidak sebagai penghubung antara kemudahan, hasil interaksi nilai pribadi justru memperlemah pengaruh manfaat terhadap pengambilan keputusan penggunaan kembali software accurate.

References


Ajzen, I., (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. 50, pp. 197.

Ajzen, M. Fishbein. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Prentice Hall, Englewood Cliffs, NJ.

Anandarajan, Murugan, Magrid Igbaria dan Uzoamaka P. Anakwe. (2002). IT Acceptance in A Less-developed Country : A Motivational Factor Perspective. International Journal of Information Management. (22).

Agarwal, Ritu dan Elena Karahanna. (2000). Time Flies When You’re Having Fun : Cognitive Absorption and Beliefs About Information Technology Usage. MIS Quarterly. Vol. 24 No.4. Hal 665-694.

Blackwell, R.D., PW Miniard, dan J F Engel. (2001). Consumer Behavior. 9 th Ed, Harcourt College Publisher, Orlando Florida.

Conner, P. E., dan B W. Becker. (2003). Personal Value System And Decision Making Styles Of Public Managers. Public Personnel Management. 32(1). p.155.

Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly.

Davis, F.D., R. Bagozi., dan P.R. Warshaw. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science. 35. Hal 982 – 1003.

Hox, J.J., dan T.M. Bechger. (1999). An Introduction fo Structural Equation Modeling. Family Science Review. (11) 354-373.

Kahneman, D., (1994). New Challenges To The Rationality Assumption. Journal of Institutional and Theoretical Economics. 150, Pp. 16.

Kusuma, Hadri. (2007). Determinan Pengadopsian Layanan Internet Banking: Perspektif konsumen Perbankan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Auditing dan Akuntansi Indonesia. Vol. 12 No 1.

Kusuma, Hadri. (2008). Extending the New Technology Acceptance Model to Measure Employee Information Systems Satisfaction in a Government Mandatory Environment, Optimal.

Magni, M., C.M. Angst, dan R. Agarwal. (2013). Everybody Needs Somebody: The Influence of Team Network Structure on Information Technology Use. Journal of Management Information Systems. (29:3) Winter, 9-42.

Meglino, BM dan M A Korsgaard. (2004). Considering Rational Self-Interest As A Disposition: Organizational Implications Of Other Orientation. Journal of Applied Psychology. Pp. 946.

Nelson, R.R., Karen J. Jansen. (2009). MIS Quarterly Executive Vol 8 issue 3 hal 141-148.

Novi, Dwi. (2003). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Intensi Penggunaan Web Site Perusahaan Go-Public dalam Proses Pengambilan Keputusan Investasi oleh Investor Potensial. Simposium Nasional Akuntansi.

Sanjaya, I.P.S. (2005). Pengaruh Manfaat dan Kemudahan Pada Minat Berperilaku (behavioral intention) Dalam Penggunaan Internet. Kinerja. 9, 146-156.

Venkatesh, Viswanath., Michael G. Morris, Gordon B. Davis dan Fred D. Davis. (2003). User Acceptance Of Information Technology: Toward A Unified View. MIS Quarterly. Pp. 425.

Zmud, Robert. (1979). Individual Differences And Mis Success: A Review Of The Empirical Literature. Management Science. Vol. 25, Iss. 10; Pp. 966.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v2i2.1498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Taufik Bin Abad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)