Analisis Kinerja Supplierpada Usaha Kecil Menengah (UKM) Jamur Tiram Di Lampung Timur

Ratih Hendayani, Surya Pangestika

Abstract


MEA (Masyarakat Eknomi ASEAN) berdampak pada terciptanya arus bebas produk, jasa, investasi, tenaga kerja, dan modal. MEA juga menciptakan tantangan tersendiri bagi UKM yang ada di Indonesia, salah satunya adalah menjaga dan meningkatkan daya saing UKM sebagai industri kreatif dan inovatif. Daya saing sebuah UKM ditunjang oleh kinerja supplier. Sehingga pada penelitian ini, dilakukan analisis kinerja supplier pada UKM Jamur Tiram di Lampung Timur menggunakan 10 supplier performance indicator yaitu supplier price, supplier terms, delivery costs, inventory costs, warehousing costs, quality costs, reputation, other costs, support, dan supplier capabilities. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data wawancara terstruktur yang kemudian dianalisis menggunakan analisis Miles and Huberman. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hanya ada satu supplier yang memiliki kinerja baik dengan kriteria harga murah (pricing), waktu pengiriman sesuai dengan permintaan(delivery frequency), fleksibel dan segera dikirim ketika ada pesanan (lead time).

References


Ahmad, Novan Hadi., dan Yuliawati, Eva. (2013). Pengukuran Dan Perbaikan Kinerja Supply Chain Di PT. XYZ. Jurnal Teknologi. Vol. 6 No.2. Chopra, Sunil., dan Meindl, Peter. (2013). Supply Chain Management: Strategy, Planning, and Operation. England : Pearson.

Dipta, I Wayan. (2015). Tantangan dan Kesiapan UMKM Indonesia dalam MEA 2015. http://www.smecda.com/Files/Asean/DKITantangan%20dan%20Kesiapan%20UMKM%20Indonesia%20dalam%20MEA2015.pptx. (30 September 2015). Ginting, Efraim., Pujangkoro, Sugiharto., dan Sinaga, Tuti Sarma. (2014). Evaluasi Supplier Bahan Baku Pembuatan Tiang Pancang Pada PT. XYZ Dengan Menggunakan AHP Dan Loss Function. Jurnal Teknik Industri USU. Vol. 3 No.1. Limansatoso, Maria Felicia. (2013). Pemilihan Supplier Produk Calista Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT.Buana Tirta Utama, Gresik. Calyptra Jurna Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol. 2 No.1.

Maxmanroe. (2015). 6 Bisnis UKM/ Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan. https://www.maxmanroe.com/6-bisnis-ukm-usaha-kecil-menengah-yang-menjanjikan.html/comment-page-1#comments. (30 September 2015). Pandiangan, Raymond Binsar dan Sriyanto. (2013). Usulan Peracangan Metode Evaluasi Kinerja Supplier Kemasan Dengan Penggabungan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Promethee (Studi Kasus Pada PT Nyonya Meneer). ePrints Undip.

Paramita, Silvia., Effendi, Usman dan Dewi, Ika Atsari. (2013). Penilaian Kinerja Supplier Kemasan Produk “Fruit Tea” Menggunakan Metode FANP. Jurnal Industria UB. Vol. 1 No. 3.

Pujawan, I Nyoman, dan ER Mahendrawathi. (2010). Supply Chain Management. (Edisi Kedua). Surabaya: Guna Widya Putri, Fatma Chauliah. (2013). Pemilihan Supplier Bahan Baku Pengemas Dengan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process). Widya Teknika. Vol. 20 No. 1.

Sari, Rahma Henny. (2014). Jumlah UMKM Indonesia 57,9 Juta, Terbanyak Dibanding Negara Lain. http://www.merdeka.com/uang/jumlah-umkm-indonesia-579-juta-terbanyak-dibanding-negara-lain.html. (30 September 2015).

Sekaran, Uma. (2003). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. United States of America : John Wiley & Sons. Sudirman. (2015). Wawancara. Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suroso, G.T. (2015). Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Perekonomian Indonesia. http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/150-artikel-keuangan-umum/20545-masyarakat-ekonomi-asean-mea-dan-perekonomian-indonesia. (30 September 2015). Suryani, Lilis dan Setyaningsih, Ira. (2014). Pengukuran Performansi Supplier Dengan Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) Di PT Misaja Mitra Pati Jawa Tengah. Jurnal Teknologi Technoscientia. Vol. 6 No. 2. Susetyo, Joko., dan Sabakula. (2014). Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Balanced Scorecard Dan Integrated Performance Measurement System (IPMS). Jurnal Teknologi. Vol. 7 No. 1. Tariande, Lipo Fijar. (2015). Analisis Evaluasi Kriteria Kinerja Supplier Bahan Baku Material Casting Pada PT XYZ Menggunakan Metode Analytical Network Process (ANP). Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie. Vol. 3 No. 3. Yoserizal, Yosta., dan Singgih, Moses L. (2012). Integrasi Metode Dematel (Decision Making Trial And Evaluation Laboratory) Dan Anp (Analytic Network Process) Dalam Evaluasi Kinerja Supplier Di Pt. Xyz. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi. XV.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v2i2.1497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ratih Hendayani, Surya Pangestika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)