Pengembangan Model Pemberdayaan Wanita Dalam Upaya Pencapaian Ketahanan Pangan Keluarga Pada Rumah Tangga Petani

Eny Yuniriyanti, Ririn Sudarwati

Abstract


Berdasarkan Kriteria yang sudah ditetapkan, kondisi Ketahanan pangan keluarga di Desa Sumbermanjing Kulon Kecamatan Pagak 16 % berstatus aman dan 84% berstatus tidak aman. Desa Sumbermanjing kulon mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan beragam, tanaman pangan terluas yang dimiliki Desa Sumbermanjing Kulon adalah tanaman jagung, sedangkan tanaman produksi buah-buahan cukup besar dan berpotensi untuk ditingkatkan produktivitasnya. Upaya Ketahanan pangan yang dilakukan oleh keluarga petani dengan prioritas tertinggi adalah mengalihkan bahan pokok utama (beras) ke jenis lain yang lebih murah yaitu jagung, sangatlah wajar karena tanaman pangan pengganti beras yang gampang ditemui dan dibeli adalah jagung. Sedangkan lauk pauk yang sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah tempe dan tahu, hanya sebagian kecil yang pernah mengkonsumsi ayam apalagi daging. Sayuran yang paling sering dikonsumsi adalah bayam karena mudah ditanam di sekitar rumah/pekarangan. Pengolahan hasil pangan yang sering dilakukan dengan merebus atau menggoreng tanpa ada diversifikasi.

References


Alawiyah Tuti. (1999). Mulai Dengan Diri Sendiri. Ceramah Menperta. Senayan Jakarta.

Danida. (2008). Gender Equality in Agriculture. Ministry of Foreiggn Affair of Denmark. Denmark.

Djamal, Chamsiah. (1994). Stereotip dan Kenyataan. Makalah yang disajikan dalam Lokakarya Perlindungan Sosial Bagi Wanita Pekerja Rumahan. Jakarta.

Fakih, Mansour. (1996). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Pustaka Pelajar. Yogjakarta.

FAO. (1996). World Food Summit, 13-17 November 1996. Rome, Italy: Food and Agriculture Organisation of the United Nations.

Hariadi, Sri Sanituti. (1994). Introduksi Konsep Jender dan Pembangunan. Pusat Studi Wanita Universitas Airlangga. Surabaya.

Markus Lies. (1994). Konsep Dasar Jender. Makalah yang disajikan dalam Lokakarya Perlindungan Sosial Bagi Wanita Pekerja Rumahan. Jakarta.

Mustofa. (2012). Analisis Ketahanan Pangan Rumah Tangga Miskin Dan Modal Sosial di Provinsi DIY. Geomedia. Jurnal Sains Geografi. Volume 10, No.1. UNY.

Nasir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor.

Nuniek S, Kartini, Jatmiko. (1998). Diskriminasi Terhadap Pekerja Perempuan Dalam Kebijakan Manajemen Perusahaan Garmen dan Tekstil di Kotamadya Semarang. Majalah Penelitian Lembaga Penelitian Universitas Diponegoro. Tahun X 37.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2006 Tentang Dewan Ketahanan Pangan.

PPK-LIPI. (2004). Ketahanan Pangan, Kemiskinan dan Demografi Rumah Tangga. Seri Penelitian PPK-LIPI. No. 56/2004. Jakarta: Puslit kependudukan _ LIPI.

Prakash, Daman. (2003). Rural Women, Food Security and Agricultural Cooperatives. Rural Development and Management Centre. J-129 Kalkaji, New Delhi. India.

Purwantoro Suhadi, Mustofa. (2009). Strategi Pencapaian Ketahanan Pangan Pada Rumah Tangga Miskin Di Provinsi DIY. Penelitian Stranas. UNY.

Quisumbing, Agnes R., Lynn R. Brown, Hilary Sims Feldstein, Larence Hahhah dan Christione Pena. (1995). Women: the Key to Food Security. Food Policy Statement. No. 21. International Food Policy Research Institute. Washington.

Raharto, Aswatini, (1999). Kehidupan Nelayan Miskin di Masa Krisis dalam Tim Peneliti PPT-LIPI: Dampak Krisis Ekonomi Terhadap Kehidupan Keluarga Kelompok Rentan: Beberapa Kasus Jakarta. PPT-LIPI bekerjasama dengan Departeman Sosial Republik Indonesia.

Raharto, Aswatini dan Haning Romdiati. (2000). Identifikasi Rumah Tangga Miskin, dalam Seta, Ananto Kusuma et.al (editor), Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VII, hal: 259-284. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Ridwan dan Engkos Achmad Kuncoro. (2006). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Alfabeta. Bandung

Riley, F. dan N. Moock, N. (1995). Inventory of Food Security Impact Indicators: Food Security Indicators and Framework, A Handbook for Monitoring and Evaluation of Food Aid Programs, Draft, IMPACT, Arlington, VA.

Republik Indonesia. (2002). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2000 Tentang Ketahanan Pangan. Jakarta: Sekretaris Negara RI.

Sekaran, Uma. (2006). Research Methods For Business. Salemba Empat. Jakarta.

Sekretariat Dewan Pangan, (2007). Pedoman Penyusunan Langkah Operasional Kebijakan Ketahanan Pangan Propinsi dan Kabupaten/Kota, Jakarta

Supranto J. (2004). Analisis Multivariat :Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta, Jakarta.

Syamsiar, Siti. (2010). Model Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Kearifan Lokal (Suatu Studi Pengelolaan Lahan Pasir Di Depok, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY). Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi.

Sugandi. (2011). Rekomendasi Kebijakan Pertanian: Kebijakan Pembangunan Ketahanan Pangan di Provinsi Bengkulu.

Suhardjo. (1996). Pengertian dan Kerangka Pikir Ketahanan Pangan Rumah Tangga. Makalah disampaikan pada Lokakarya ketahanan Pangan Rumah tangga. Yogjakarta.

Sukiyono, K dan Sriyoto. (1997). Transformasi Struktural Wanita Transmigran ke Luar Sektor Pertanian dan Kontribusinya terhadap Pendapatan Rumah Tangga (Kasus Transmigrasi Sekitar Kota Bengkulu). Jurnal Agroekonomika Bogor.

Raharto, Aswatini. (1999). Kehidupan Nelayan Miskin di Masa Krisis dalam Tim Peneliti PPT-LIPI: Dampak Krisis Ekonomi Terhadap Kehidupan Keluarga Kelompok Rentan: Beberapa Kasus Jakarta: PPT-LIPI bekerjasama dengan Departeman Sosial Republik Indonesia.

Raharto, Aswatini dan Haning Romdiati. (2000). Identifikasi Rumah Tangga Miskin, dalam Seta, Ananto Kusuma et.al (editor), Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VII, hal: 259-284. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1996 tentang Pangan.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v2i2.1494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Eny Yuniriyanti, Ririn Sudarwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)

Indexed by:
       akreditasi sinta