Praktek Relationship Marketing dalam Menciptakan Loyalitas pada Perbankan Syariah Indonesia :Systematic Literature Review

Fatimatul Fatmariyah, Iskandar Ritonga, Luluk Latifah, Fathor AS

Abstract


Penduduk Indonesia sebagian besar beragama Islam, tetapi market share perbankan syariah Indonesia sangat kecil 6,51%, kondisi tersebut semakin diperkuat dengan lemahnya praktek relationship marketing di bank syariah Indonesia. Tujuan studi ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis literatur empiris 10 tahun terakhir (2010-2020) terkait praktek relationship marketing pada perbankan syariah Indonesia. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review/SLR yang dilakukan melalui penelusuran literatur pada Google Cendekia, Portal Garuda dan Google. Populasi 74.177 judul dan sampel 11 judul. SLR dilakukan melalui 3 tahap : perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan tinjauan literatur. Hasil studi menunjukkan bahwa metode yang digunakan adalah kuantitatif, perbankan syariah Indonesia telah mengimplementasikan relationship marketing, praktek relationship marketing menciptakan loyalitas, praktek relationship marketing perbankan syariah masih rendah, dan solusi bagi bank syariah adalah meningkatkan penerapan indikator relationship marketing, edukasi, sosialisasi dan kemampuan petugas. Implikasi studi ini memberikan benefit pengembangan teori relationship marketing pada perbankan syariah dan menemukan referensi strategibaru yang perlu dikembangkan perbankan syariah Indonesia.

Keywords


Bank Syariah; Loyalitas; Pemasaran Relasional.

References


REFERENCES

Apriliani, F. (2014). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Bandar Jaya).Jurnal Administrasi Bisnis, 17(1), 1-5.

Arwani, M. (2011). Peran Karakteristik Individu sebagai Moderator dan Pemasaran Relasional sebagai Mediator Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Jawa Timur). JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(3), 953-961.

Chrisnaputra, D. R. dan Mulyani, S. (2019). Service Marketing Mix dan Relationship Marketing Sebagai Pendekatan Dalam Menentukan Loyalitas Nasabah Penabung Bank Syariah. Al-Iqtishod : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 103–122. Available at: http://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/iqtis/article/view/58.

Diantara, L. dan Samsir. (2015). Analisis Relationship Marketing Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Retention Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Bangkinang-Kabupaten Kampar. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, VII(1).

Grönroos, C. (1994). From Marketing Mix to Relationship Marketing: Towards a Paradigm Shift in Marketing. Management Decision, 32(02), 4–20.

Harun, Nurul Aida., Noor, M. N. M. and Rahman, A. H. A. (2018). Relationship Marketing in Insurance Industry: A Systematic Analysis of Literatures. Advances in Economics, Business and Management Research,57(1), 191-199. doi: 10.2991/piceeba-18.2018.47.

Harun, Nurul Aida., Noor, M. N. M. and Ramasamy, S. (2019). Relationship Marketing and Insurance: A Systematic Literature Review. Scientific International (Lahore), 31(2), 255–260.

Hendrayani. (2018). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Panam Pekanbaru. Eko dan Bisnis (Riau Economic and Bussiness Reviewe), 9(4), 231-240.

Herfianti, M. dan Saputra, D. W. (2018). Hubungan Implementasi Relationship Marketing Dengan Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 200–209. doi: 10.37676/ekombis.v6i2.613.

Kartajaya, Hermawan., Yuswohadi, Dewi Madyani, B. D. I. (2003).Marketing In Venus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. & G. A. (2010) Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12th edn. Jakarta.

Latifah, L. dan Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia.Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63-80. doi: 10.31000/almaal.v2i1.2763.

Mares, S. (2012). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Customer Retention Orrientation. SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis,11(1B), 19–28. Available at: http://s-space.snu.ac.kr/handle/10371/54193%0Ahttp://repository.umpwr.ac.id:8080/bitstream/handle/123456789/2633/102210062-Mares Setiani.pdf?sequence=1.

Martini, L. K. B. (2013). Relationship Marketing, Customer Satisfaction, Customer Commitment Dan Customer Loyalty (Studi Pada Sebuah Bank Nasional Di Denpasar).Buletin Studi Ekonomi, 18(1), pp. 9–25.

Maulana, R. K. and Yunus, M. (2017). Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah dan Kepercayaan Nasabah Tabungan Bank BRISyariah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(1), 36–45.

Nurudin. (2018). Pengaruh Relationship Marketing, Citra Perusahaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Semarang). Jurnal Stie Semarang, 10(1), 17–37. doi: 10.33747/stiesmg.v10i1.84.

Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Laporan Perkembagan Keuangan Syariah Indonesia 2020. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia, 1-153.

Rahmawaty, A. (2015). Model Shariah Relationship Marketing dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas pada Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah. Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum, 49(2), 357-385. Available at: http://www.google.com./accessed.

Saputra, M. H. (2014). Masa Depan Penerapan Strategi Relationship Marketing Pada Industri Jasa Perbankan. Jurnal Manajemen dan Bisnis SEGMEN,10(1). Available at: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/1059.

Sin, L. Y. M. et al. (2005). Relationship Marketing Orientation: Scale Development And Cross-Cultural Validation. Journal of Business Research, 58(2), 185–194. doi: 10.1016/S0148-2963(02)00493-9.

Suparwata, Dewa Made, Budi Santoso, Sakti, D. P. B. (2017). Analisis Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Sinarmas Kantor Cabang Mataram. Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram, 6(1), 1–16.

Tjahyadi, R. A. (2010).Membangun Hubungan Jangka Panjang Pelanggan Melalui Relationship Marketing. Jurnal Manajemen Maranatha, 5(2), 35-45.doi.org/10.28932/jmm.v5i2.231

Tjiptono, F. dan Gregorius Chandra. (2011).Service Quality and Satisfaction. 3rd edition. Yogyakarta: Andi Publisher.

Wardayati, S. M. (2011).Implikasi Shariah Governance Terhadap Reputasi dan Kepercayaan Bank Syariah. Walisongo, 19(1), 1–24.

Yudiantoro, D. dan Setiawan, D. (2020). Pengaruh Shariah Relationship Marketing dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word of Mouth Nasabah Bank Jatim Syari’ah Kediri. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 07(01), 273–301.

Yuliana et al. (2018). Pengaruh Relationship Marketing dan Keunggulan Produk Terhadap Kesetiaan. Jurnal Manajemen dan Inovasi, 9(2), 44–49.

Yusriadi. (2017). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Berkah Dana Fadhlillah Di Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 115–120.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fatimatul Fatmariyah, Iskandar Ritonga, Luluk Lathifah, Fathor AS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.