Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Pada Generasi Milenial Di Kecamatan Johar Baru

Alia Engka Nadita Putri, Tati Handayani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan EWOM terhadap keputusan pembelian di ecommerce Shopee. Penelitian ini menggunakan generasi milenial pengguna Shopee di Kecamatan Johar Baru sebagai sampel. Sampel yang diambil sebanyak 75 responden dengan metode probability samping. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan alat analisis yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square) dengan signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga memiliki nilai korelasi sebesar 0,786 , nilai korelasi Promosi 0,156, dan nilai korelasi EWOM -0,104. Dari analisis koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa Harga, Promosi, dan EWOM memengaruhi Keputusan Pembelian di e-commerce Shopee pada Generasi Milenial di Kecamatan Johar Baru sebesar 68,5%, sedangkan sisanya 31,5% dipengaruhi oleh variable lain di luar penelitian ini.

Keywords


Keputusan Pembelian, Harga, Promosi, Pemasaran dari mulut ke mulut.

References


Abdullah, S., & Sutanto, T. E. (2015). Statistika Tanpa Batas. Jakarta: Transmedia.

Anjani, M. R., & Santoso, B. (2018). Urgensi Rekonstruksi Hukum E-Commerce Di Indonesia. Law Reform, 14(1), 89. https://doi.org/10.14710/lr.v14i1.20239

Ansori, P. B., & Ansori, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cv. Zafira Teknik Pekanbaru. Eko Dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 11(1), 11–19. https://doi.org/10.36975/jeb.v11i1.253

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Chaffey, D., & Smith, P. (2017). Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing, Edition 5 (5th ed.). New York: Routledge.

Chairina, R. (2019). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia (Sidoarjo). Zifatama Jawara.

Djimantoro, J., & Gunawan, V. C. (2020). Pengaruh e-WOM, Kualitas Makanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Kakkk Ayam Geprek. Universitas Kristen Petra, X(X), 187–196.

Endra, F. (2017). Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Malang: Zifatama Jiwara.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Firdaus, T., & Abdullah, T. (2017). E-WoM: Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Tamu Restoran di Bandung Utara. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 7(1), 21. https://doi.org/10.17509/thej.v7i1.6843

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran: Dasar dan Konsep (1st ed.). Qiara Media.

Firmansyah, A. (2020). Pengantar E-Marketing (T. Q. Media, Ed.). Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Frida, C. V. O. (2020). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Garudhawaca.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 (VII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Gulliando, D. (2020). The Effect of Product Quality, Price and Promotion on Purchasing Decisions. Innovation Research Journal, 1(1), 34. https://doi.org/10.30587/innovation.v1i1.1190

Handini, S., Sukesi, S., & Astuti, H. K. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pengembangan UMKM Di Wilayah Pesisir (N. Azizah, Ed.). Surabaya: Scorpio Media Pustaka.

Hermawan, A. (2020). Penelitian Bisnis - Paragidma Kuantitati. Jakarta: Grasindo.

Hery, H. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Surabaya.

Iprice.co.id. (2020). Peta E-Commerce Indonesia. Retrieved from Jakarta website: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context: A State of the Art Analysis and Future Directions. Switzerland: Springger.

Jamarnis, S., & Susanti, F. (2019). Pegaruh Harga Dan Periklanan Melalui Internet Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Merek Lux Pada Mahasiswa Stie “Kbp” Padang. https://doi.org/10.31227/osf.io/xz3d8

Jaminyasa, I. M., Pulawan, I. M., Martadiani, A. A. M., & Amerta, I. M. S. (2017). The marketing mix affect on the consumer buying decision (case study of sausage products at PT. Aroma Denpasar). International Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.29332/ijssh.v1n2.44

Katrin, I. L., Setyorini, D., & Masharyono, M. (2017). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Javana Bistro Bandung. 246–254.

Khanfar, I. A. (2016). The effect of promotion mix elements on Consumers Buying Decisions of Mobile Service : The case of Umniah Telecommunication Company at. European Journal of Business and Management, 8(5), 94–100. Retrieved from www.iiste.org

Kominfo.go.id. (2018). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. Retrieved from https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media

Kristiawan, T. A., & Keni, K. (n.d.). Pengaruh packaging, social media marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian busana brand lokal 1). 15(2), 244–256.

Lubis, A. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(02), 1–11. https://doi.org/10.30596/jimb.v16i2.949




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Alia Engka Nadita Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.