Analisis Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk, Kualitas Website, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian belanja di Tokopedia. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepercayaan pelanggan (X1), kualitas produk (X2), kualitas website (X3), dan kualitas layanan (X4), dengan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling (non probability sampling) yang menggunakan random sampling berdasarkan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan pelanggan (X1), kualitas produk (X2), kualitas website (X3), dan kualitas pelayanan (X4) secara simultan dan parsial memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y). Uji asumsi klasik yaitu model regresi multikolinieritas menunjukkan tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Nilai determinasi sebesar 0,727 yang berarti 72.7% variasi variabel keputusan pembelian pada model dapat diterangkan oleh variabel kepercayaan konsumen, kualitas produk, kualitas website dan kualitas pelayanan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Annur, C. M. (n.d.). Tingkat Penetrasi Internet Indonesia Urutan Ketujuh se-Asia Tenggara. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/28/tingkat-penetrasi-internet-indonesia-urutan-ketujuh-se-asia-tenggara
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip ; Keller, K. L. (2016). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education, Inc.
Napitupulu, Togar Alam; Kartavianus, O. (2014). A Strucural Equations Modeling of Purchasing Decision Through E-Commerce. Journal of Theoritical and Applied Information Technology, 60(2), 358–364.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. CV Andi Offset.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy ; Chandra, G. (2016). Service Quality & Satisfaction (4th ed.). CV Andi Offset.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & satisfaction. CV Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12046
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Erlitawati Kaharudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.