Pengaruh Capital Adequacy Ratio, BI7DRR, Inflasi Terhadap Penyaluran Kredit UMKM

Dessy Handa Sari, Rabiatul Annisa, Totok Ismawanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efek dari capital adequacy ratio, BI7DRR , dan inflasi terhadap Penyaluran Kredit UMKM pada Kelompok Bank di Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari BPS, BI dan OJK. Diharapkan dari penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan studi terutama penyaluran kredit UMKM. Populasi dari penelitian ini adalah kelompok Bank di Indonesia. Analisis regresi dilakukan untuk menganalisis data pada penelitian kuantitatif ini. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa variabel capital adequacy ratio, BI7DRR , dan inflasi memiliki pengaruh signifikan pada penyaluran kredit di UMKM. Dan secara parsial, capital adequacy ratio tidak memiliki pengaruh terhadap penyaluran kredit UMKM. Sedangkan BI7DRR dan Inflasi memiliki pengaruh negative pada penyaluran kredit UMKM pada Kelompok Bank di Indonesia

 

Keywords


Capital adequacy ratio; BI7DRR; Inflasi; Penyaluran Kredit UMKM

References


Ambalau, P.D.V., Kumaat, R.J. & Mandeij, Dennij. (2019). Analisis Pengaruh Jumlah Uang Beredar, KURS, dan SI-BOR Terhadap Suku Bunga Pinjaman Bank Umum Melalui Suku Bunga Acuan BI Periode 2016:M09-2018:M12). Jurnal Berkala Ilmiah Efesiensi. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Antasari, W.S. & Akbar, Masithah. (2019). Analisis Pengaruh Fluktuasi Nilai Tukar (Kurs), Inflasi dan BI Rate Terhadap Harga Saham Pada Sektor Consumer Good Industry Go Public. Jurnal Mana-jemen & Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Banjarmasin.

Jayanti, S.D., Anwar, Deky & Fitri, Arina. (2016). Pengaruh Inflasi dan BI Rate Terhadap Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah). Jurnal.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Revisi 2008. Jakarta: PT. Ra-jagrafindo Persada.

Misral & Mardhatillah, A.Z. (2019). Pengaruh Jumlah Dana Pihak Ketiga (Tabungan dan Depisito) dan Non Perfoarming Loan (NPL) Terhadap Jumlah Kredit Yang Disalurkan PT bank Perkreditan Rakyat Mitra Riau (2011-2015). Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Universitas Muhammadiyah Riau.

Ratnasari, Nensy & Soesatyo, Yoyok. (2015). Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Penyaluran Kredit pada UMKM oleh Perbankan di Indonesia Tahun 2011-2015. Jurnal. Universitas Negeri Suraba-ya.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i1.10614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dessy Handa Sari, Rabiatul Annisa, Totok Ismawanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)