Makna Lirik Lagu dalam Album Sekilas Info Karya Jason Ranti (Teori Hermeneutika Paul Ricoeur)

Ainil Inayah, Fiyan Faqih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna lirik lagu yang terdapat dalam album Sekilas Info karya Jason Ranti dengan menggunakan pendekatan hermeneutika Paul Ricoeur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskritif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teks lirik-lirik dalam album Sekilas Info. Oleh sebab itu, sumber data yang digunakan ialah album Sekilas Info yang berisi 12 lagu. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik dokumentasi, teknik simak, dan teknik transkripsi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 19 data yang berhasil dianalisis. Pada lagu Seorang Ayah Rela Disodomi Waria Demi Membeli Susu Anak dan Sekilas Info berisi berita-berita yang terjadi di lingkungan masyarakat dan luput dari perhatian masyarakat luas. Selanjutnya, lagu lgpgw dan Bapak Bos (yang Lotnok) mewakili kekesalan dan kegeraman penulis saat menjadi pegawai. Selain itu, lagu yang berjudul Lagunya Begini Nadanya Begitu, Kafir, Serpihan Lendir Kobra, Blues Lendir, dan Dua Ratus Dua Belas, Hadiah berisi kritikan penulis terhadap kondisi sosial masyarakat. Terakhir, pada lagu yang berjudul Penawar Rasa Ngambek, Judul Tak Diperlukan, Iman Cadangan, dan Tak Selamanya Blues itu Blues merupakan lagu-lagu yang dipersembahkan penulis untuk istrinya. Lagu-lagu dalam album Sekilas Info karya Jason Ranti didominasi oleh makna kritik sosial.

Keywords


hermeneutika, makna, lirik lagu

References


Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS (Center for Acssdemic Publishing Service).

Hidayat, Rahmad. (2014). Analisis Semiotika Makna Motifasi Pada Lirik Lagu Laskar Pelangi Karya Nidji. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Maritim Raja Ali Haji. Tanjungpinang.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan IX. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ricoeur, Paul. (2006). Hermeneutika Ilmu Sosial. Terj. Muhammad Syukri. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Siswantoro. (2010). Metode Penelitian Sastra. Surakarta: Pusat Pelajar.

Sumaryono, E. (1999). Hermeneutik, Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Wahid, Masykur. (2015). Teori Interpretasi Paul Ricoeur. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Wellek dan Warren. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v2i1.27090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ainil Inayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: