Semiotika dalam Kumpulan Lagu Madura Karya M. Irsyad

Ach. Farhan Dwi Septiawan Sunarti, Fiyan Ilman Faqih

Abstract


Kumpulan lagu Madura karya M. Irsyad merupakan salah satu lagu karya yang mengandung banyak makna berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta pengalaman hidup pribadi penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan semiotika dalam kumpulan lagu Madura karya M. Irsyad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini kirik lagu M. Irsyad yang mengandung semiotika dalam kumpulan lagu madura karya M. Irsyad. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan semiotika dalam kumpulan lagu Madura karya M. Irsyad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini kirik lagu M. Irsyad yang mengandung semiotika dalam kumpulan lagu madura karya M. Irsyad. Oleh sebab itu, sumber data yang digunakan ialah lirik lagu karya M. Irsyad. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik membaca, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.Kata kunci: lirik lagu, makna, semiotika.

References


Aulia, Viola Rezkhika, Putri Kurnia & Alex Sobur. (2023). Makna Motivasi pada Lirik Lagu “Diri”

Karya Tulus. Bandung: Public Relation.

Benny H Hoed. (2010). Semiotik & Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bumbu.

Kutha, Ratna Nyoman. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Moleong, Lexy J. (1984). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Karya.

Rizki, Dhea Cahyanti, Neri Nurtiana Restu, Rewina Fitra Dianti & Yeni Maryati. (2022). Analisis Semiotika pada Kumpulan Lagu Karya Mahalini Raharja. Journal of Language Education, Linguistics, and Culture.

Rochayah. (2018) Saussure. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rofik, Ainur. (2021). Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Lagu Madura dalam Buku Lagu Madura Adrian Pawitra. Perpustakaan IAIN Madura.




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v2i1.27089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ach. Farhan Dwi Septiawan Sunarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: