Pengaruh Model Paired Story Telling terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Kelas IX SMPN 1 Puri

Ryan Hasyim Aminulloh, Siti Mutiatun

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada siswa kelas IX SMPN 1 Puri yang ditunjukkan oleh rendahnya nilai siswa pada materi teks cerita inspiratif. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan model dan media pembelajaran yang monoton sehingga berdampak pada kurangnya penguasaan kosakata dan cara mengembangkan kosa kata tersebut menjadi sebuah teks cerita inspiratif pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model paired story telling terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif kelas IX SMPN 1 Puri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Data penelitian diperoleh melalui hasil tes menulis teks cerita inspiratif, dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu hasil keterampilan menulis siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol sebesar 45,75 dan hasil rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 77. Sedangkan pada kelas eksperimen, diperoleh hasil rata-rata nilai pretest sebesar 54,18 dan hasil rata-rata nilai posttest sebesar 83,75. Kemudian hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung =12,76666 > ttabel 2,045 yang berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model paired story telling terhadap kemampuan menulis teks cerita inspiratif kelas IX SMPN 1 Puri.


References


Dalman, (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Damayanti R, Yudiana K, Antara P. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction 3(2) 81-91

Fahira, Nurul. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Radec terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 226 Patande Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fitriyani. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kreativitas. 978-602-61599-6-0

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Lerner, Janet. (2000). Learning Disabilities- 9 th Edition,Boston:Hought Miffin Company. Jurnal Magsitra, 22 (73) 33.




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v2i1.26748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ryan Hasyim Aminulloh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: