PENGARUH PENERAPAN MEDIA VIDEO TIKTOK RADAR BOGOR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 WONOAYU

Nindy Widya Ningrum, Afiyah Nur Kayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksplanasi siswa dan pengaruh media video TikTok Radar Bogor terhadap keterampilan menulis siswa serta mengetahui respons siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain quasi experimental design. Proses pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Ditetapkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Data yang telah diperoleh diolah menggunakan rumus uji homogenitas, uji normalitas dan uji T. Hasil penelitian ini adalah kemampuan siswa sebelum penerapan media masih di bawah KKM, sedangkan kemampuan siswa setelah penerapan media dapat meningkat dan memperoleh nilai di atas KKM. Hasil uji T kelas kontrol adalah 0,203 > 0,05, sedangkan hasil uji T kelas eksperimen adalah 0,01 < 0,05. Respons siswa terhadap penerapan media ini sangat positif. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan Media sosial TikTok Radar Bogor terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wonoayu.

Keywords


keterampilan menulis; Media video; teks eksplanasi

References


Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran keterampilan bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(1), 147–157.

Asra, A. A., & Talib, J. (2020). Pemanfaatan Powtoon sebagai media menulis dalam pembelajaran teks cerita sejarah. Jurnal Education And Development, 8(4), 242.

Enawar, E., & Sumiyani, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 247–256.

Renza, M. A., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 445–451.

Zaenal, A. (2016). Model–Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif. YramaWidya. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v2i1.25909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Afiyah Nur Kayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: