Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba dengan Media Kutipan Instagram pada Akun Maharapall Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kadur

Mohammad Erfani, Albitar Septian Syarifudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kadur mengenai rendahnya nilai siswa pada materi teks puisi. Siswa mengalami kesulitan untuk memilih diksi yang akan digunakan dalam menulis puisi. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan model dan media pembelajaran yang monoton sehingga berdampak pada kurangnya penguasaan diksi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran jaring laba-laba dengan media kutipan instagram pada akun maharapall terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Kadur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Data penelitian diperoleh melalui hasil tes menulis puisi, angket respons siswa, dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu hasil keterampilan menulis siswa menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 61,87 dan rata-rata posttest kelas kontrol 77,42. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 52,37 dan rata-rata posttest kelas eksperimen 78,25. Kemudian hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung 8,425 > ttabel 2,160 yang berarti Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran jaring laba-laba dengan media kutipan instagram pada akun maharapall terhadap kemampuan menulis teks puisi siswa kelas VIII SMPN 1 Kadur.

Keywords


model jaring laba-laba, media kutipan Instagram, menulis teks puisi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhasimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifudin, Albitar Septian. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu

Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Sosial Distancing. Metalingua Jurnal Pendidikan

Bahasa dan Sastra Indonesia. vol. 5 (1) hlm 31-34.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu; Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.21107/jell.v1i2.21358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Journal of Educational Language and Literature by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: