STUDI FENOMENOLOGI: MODEL LITERASI KEUANGAN PONDOK PESANTREN MADURA

Aldila Septiana

Abstract


The importance of the preparation of the priority needs of course to avoid the consumption of irrational behavior and must also consider the financial ability possessed in order to avoid a larger expense than income. Therefore, to make the right economic decisions to consume and to avoid high lifestyle certainly requires knowledge about financial literacy. One of intelligence to be possessed by modern man is a financial intelligence is intelligence in managing private assets, particularly in the management of personal financial assets. Respondents in this article are students at the pondok pesantren, where students are students who live far apart the parents are equipped with the knowledge of financial management and some pocket money. Are these students can coordinate its finances in pondok pesantren?
Researchers choose the type of phenomenology research because researchers want to understand and reveal the model of financial literacy pondok pesantren in Madura. So this can be seen in the field naturally, intact, and accurate so that this research can only be done by using qualitative research with phenomenology approach.
Based on the results of the discussion, it can be described as follows: the concept of financial literacy a person can be seen from the cognitive processes or the knowledge that he has in managing finances, and in the attitude to personal finance that will affect their financial behavior or decisions in managing finances. From the existing theory, with this adjusted based on the basic knowledge and financial attitudes for older children or are in the age of 13-18 years. Model of financial literacy in pondok pesantren through the value of simplicity and sharing among fellow was able to maintain the life of an individual as social beings that exist in the diversity of the community. Solidarity and kinship is later is needed to bring the students into real life after they no longer live in the pondok pesantren.

Pentingnya penyusunan skala prioritas kebutuhan tentunya untuk menghindari perilaku konsumsi yang tidak rasional dan juga harus memperhatikan kemampuan keuangan yang dimiliki agar tidak terjadi pengeluaran yang lebih besar dari pada pendapatan. Oleh karena itu, untuk membuat keputusan ekonomi yang tepat dalam berkonsumsi dan terhindar dari gaya hidup tinggi tentunya dibutuhkan pengetahuan tentang literasi keuangan (financial literacy). Salah satu kecerdasan yang harus dimiliki oleh manusia modern adalah kecerdasan keuangan yaitu kecerdasan dalam mengelola aset pribadi, khususnya dalam pengelolaan aset keuangan pribadi. Responden dalam tulisan ini adalah santri di pondok pesantren, dimana santri merupakan peserta didik yang hidup berjauhan dengan orang tua yang dibekali dengan pengetahuan dalam mengatur keuangan dan sejumlah uang saku. Apakah santri tersebut dapat mengkoordinir keuangannya di pondok pesantren?
Peneliti memilih jenis penelitian fenomenologi karena peneliti ingin memahami dan mengungkapkan model literasi keuangan pondok pesantren di Madura. Sehingga hal ini dapat terlihat di lapangan secara alami, utuh, dan akurat sehingga penelitian ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Berdasarkan hasil pembahasan, maka dapat diuraikan sebagai berikut: konsep literasi keuangan (financial literacy) seseorang dapat dilihat dari proses kognitifnya atau pengetahuan yang dia miliki dalam mengelola keuangan, dan dalam sikap terhadap keuangan pribadi yang akan mempengaruhi perilaku keuangannya atau keputusannya dalam mengelola keuangan. Dari teori yang ada, dengan ini disesuaikan berdasarkan pengetahuan dasar serta sikap keuangan untuk anak remaja atau berada dalam usia 13-18 tahun. Model literasi keuangan di pondok pesantren melalui nilai kesederhanaan dan saling berbagi antar sesama mampu mempertahankan kehidupan seorang individu sebagai makhluk sosial yang ada dalam keanekaragaman lingkungan masyarakat. Rasa solidaritas dan kekeluargaan inilah nanti sangat diperlukan untuk membawa santri ke dalam kehidupan yang nyata setelah mereka tidak tinggal lagi di pondok pesantren.

Keywords: Financial Literacy, Pondok Pesantren, and Madura


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Auna, Isnaharyati S. 2013. Pengaruh Pendidikan Ekonomi di Keluarga. Status Sosial Ekonomi, Konformitas Teman Sebaya Terhadap Gaya Hidup Siswa yang Dimediasi oleh Financial Literacy Siswa SMA Negeri se Kota Gorontalo. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: PPS UM.

Imawati, Indah. 2013. Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surakarta: USMS.

Kanserina, Dias. 2015. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal. Singaraja: Undiksha.

Kasmir, 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Khrisna, Ayu, dkk. 2010. Analisis Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. (Online), (http://file.upi.edu/), diakses 24 Februari 2016.

Nababan, Darman & Sadalia, Isfenti. 2012. Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. (Online), (http://jurnal.usu.ac.id), diakses 20 Februari 2016.

Rasyid, Rosyeni. 2012. “Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universtas Negeri Padang”, Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, Vol. 1, No. 12.

Sabri, dkk. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Satrio, Yogi Dwi. 2012. Analisis Financial Literacy Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Tesis Tidak Diterbitkan.

Sina, Peter Garlans & Nggili, Ricky Arnold. 2011. Apakah Kamu Yakin Memiliki Literasi Keuangan Yang Tinggi?. (Online), (http://web.sekolah-sukses.com), diakses 29 Februari 2016.

Sina, Peter Garlans. 2012. Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8 (2): 135-143.

Widayat. 2010. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, dan Pembelajaran Perguruan Tinggi terhadap Literasi Finansial Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Skripsi Tidak Diterbitkan: Universitas Brawijaya.

Wikipedia Bahasa Indonesia. 2013. Uang dan Keuangan. (Online), (http://id.wikipedia.org/wiki/Uang dan Keuangan), diakses 27 Februari 2016.

Yunikawati, Nur Anita. 2012. Pengaruh Status Sosial Ekonomi orang Tua, Pendidikan Ekonomi Keluarga, Terhadap Financial Literacy dan Gaya Hidup serta Dampaknya Pada Rasionalitas Konsumsi (Survei Pada Mahasiswa S1 Pendidikan FE UM). Malang: PPS Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.21107/ete.v4i1.3898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Et-Tijarie



         
Creative Commons License

Et-Tijarie: Jurnal Hukum dan Bisnis Syariah by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.