RANCANG BANGUNG MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN DAYA BELAJAR MANDIRI MAHASISWA

Hanifudin Sukri, Doni Abdul Fatah

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi informasi memudahkan proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa. Metode belajar mahasiswa pun ikut bergeser dari penggunaan media belajar text book pada media gadget yang merupakan “dunia” generasi millenial yang menawarkan lebih banyak model referensi seperti video, simulasi, dan sebagainya. Model pembelajaran konvensional yang bertumpu pada dosen atau Teacher Center Learning(TCL) digantikan dengan Student Centered Learning (SCL). Penerapan strategi dan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi akan meningkatkan efektifitas pembelajaran mahasiswa dan dapat meningkatkan daya belajar mandiri mahasiswa, dengan metode Flipped Classroom model pembelajaran tradisional dibalik, yang biasanya materi diberikan di kelas dan mahasiswa mengerjakan tugas di rumah. Konsep Flipped Classroom mencakup active learning, keterlibatan mahasiswa, dan podcasting, materi terlebih dahulu diberikan melalui video pembelajaran yang harus ditonton mahasiswa di rumah. Sebaliknya, sesi belajar di kelas digunakan untuk diskusi kelompok, diskusi dengan dosen tentang materi yang sulit untuk dipahami pada saat belajar mandiri dan mengerjakan tugas. Setelah dilakukan evaluasi hasil pembelajaran Flipped Classroom didapatkan hasil sebanyak 69,2% media sosial menjadi bagian penting dalam pembelajaran, 76,9% mahasiswa lebih menyukai pembelajaran dalam bentuk video dibanding dengan model tradisional, 84,6% mengiyakan model pembelajaran ini dapat meningkatkan keinginan belajar mandiri mahasiswa, 89,2% belajar dengan menggunakan metode ini memberi manfaat untuk pendidikan masa depan, 69,2% model pembelajaran ini memberikan banyak waktu mahasiswa untuk melakukan kegiatan di laboratorium, 57,1% mahasiswa dengan menggunakan metode ini memberikan kesempatan lebih besar komunikasi atau interaksi dengan mahasiswa yang lainnya dan sebesar 64,3 % mahasiswa ternyata lebih termotivasi belajar menggunakan metode Flipped Classroom

Full Text:

PDF

References


Fulton, K. P. (2014). 10 reasons to flip, The Phi Delta Kappan. Phi Delta Kappan International, 94(2), 20–24. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/41763589

Gunyou, J. (2015). I Flipped My Classroom: One Teacher’s Quest to Remain Relevant. Journal of Public Affairs Education, 21(1), 13–24. https://doi.org/10.1080/15236803.2015.12001813

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped. Edutcehnologia, 3(2), 160–170.

Oktaria, D., Hamidi, S., Kedokteran, F., Lampung, U., Kedokteran, B. P., Kedokteran, F., Lampung, U. (2019). Metode Pembelajaran Flipped Classroom dalam Pendidikan Kedokteran. Medula, 8(2), 47–54.

Oliver, J. (2013). Flip Your Class Now;Flipped Classroom Melalui Penerapan Model Pembelajaran Exo Olo Task. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rindaningsih, I. (2018). Efektifitas Model Flipped Classroom dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Prodi S1 PGMI UMSIDA. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 51–60. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1380

Rusdi, Dian Evriyani, D. K. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Instruction Flip Dan Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. BIOSFER: Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB, 11(2), 100–105. https://doi.org/0853-2451

Song, Y., & Kapur, M. (2017). How to flip the classroom - “productive failure or traditional flipped classroom” pedagogical design? Educational Technology and Society, 20(1), 292–305.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v6i2.6171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License