Peranan Usaha Menengah Kecil Dan Mikro (UMKM) Untuk Mengatasi Pengangguran Di Indonesia

Gatot Heru Pranjoto

Abstract


Jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2017, sebesar 257 juta jiwa, dimana  usia produktif antara 16 sampai 30 tahun yaitu sebesar 61%. Kedepan pertumbuhan usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) dapat berkembang dan bertambah, usaha yang perlu dilakukan adalah kerjasama terpadu antara eksekutif, legislatif serta masyarakat melalui harmonisasi komunikasI dan koordinasi,serta jalinan kerjasama antar lembaga terkait seperti dinas perindusterian, kopeasi,  perbankan juga perguruan tinggi, guna terciptanya wadah pembinaan dan pengembangan. Wadah tersebut memberikan pengaruh  terhadap terciptanya motivasi  masyarakat, untuk mengembangkan usaha menengah kecil dan mikro (UMKM). Dengan meningkatnya jumlah usaha kecil menengah dan mikro diharapkan dapat meningkatkan produk domestik bruto, meningkatkan ekspor dan devisa serta mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

 

The total population of Indonesia in 2017, amounting to 257 million people, where the productive age between 16 to 30 years that is equal to 61%. In the future growth of small and micro medium enterprises (MSMEs) can grow and increase, the effort that needs to be done is an integrated cooperation between the executive, legislative and the community through communications harmonization and coordination, as well as interrelationship between related institutions such as perindusterian, kopeasi, banking and , for the creation of coaching and development. Such containers have an effect on the creation of community motivation, to develop small and micro medium enterprises (MSMEs). With the increasing number of small and medium-sized enterprises and micro enterprises is expected to increase gross domestic product, increase exports and foreign exchange and reduce the number of unemployed in Indonesia.


Keywords


population, community through, communications harmonization

Full Text:

PDF

References


a. Justin G.Longenecker, 2001, Kewirausahaan “ Manajemen Usaha Kecil”, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

b. Suryana, 2003, Kewirausahaan “Kiat Menuju Sukses”, Edisi Revisi, Salemba Empat, Jakarta.

c. Eman Suherman, 2008, Kewirausahaan “Business Entrepreneurship”, Cetakan Pertama, Alfabeta, Bandung.

d. Griffin W Ricky,1996, Bisnis, Edisi Empat, Prenhallindo, Jakarta.

e. Freeman R Edward,Manajemen,, Edisi Empat, Intermedia, Jakata




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v3i2.3467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.