PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH PROMOSI PADA PRODUK EIGER (Studi pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas trunojoyo madura)
Abstract
This study aims to analyze the influence of brand image on purchasing decisions of Eiger products mediated by promotion, with the object being students of the Faculty of Economics and Business, Trunojoyo University, Madura. The background of this study is based on the importance of brand image in shaping consumer perceptions and the role of promotion in strengthening this influence on purchasing decisions. The method used is a quantitative approach by distributing questionnaires to respondents selected by purposive sampling. The results of the study indicate that brand image has a significant effect on purchasing decisions directly and indirectly through promotion. This finding indicates that companies need to pay attention to strong brand imaging and effective promotion in order to encourage consumers in making purchasing decisions. The implications of this study provide suggestions to Eiger management to continue to strengthen brand identity and design attractive promotional strategies that are in accordance with market needs, especially the student segment.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ah’sani, A. F., & Purnomo, H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Fitur, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Smartphone Xiaomi) di Kabupaten Lamongan. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(2), 136–139. https://doi.org/10.21107/jkim.v2i2.16997
Aidhaningtyas, F. T., & Purwanto, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Kesadaran Merek sebagai Variabel Mediasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wafer Tango di Wilayah Surabaya. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 4040–4050. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4164
Atho’ulloh, M. labi. (2023). PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI DENGAN PERSEPSI MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Konsumen Garam Konsumsi “Cap Kapal” Wilayah Kabupaten dan kota Malang; 2023).
Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134
Budianto, Y. P., & Budiatmo, A. (2019). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 220–229. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26326
Budiman, A., Ferrinadewi, E., & Kurniawan, Y. (2023). Peran Ekuitas Merek Dan Keunggulan Bersaing Sebagai Mediator Antara Citra Merek, Kepercayaan Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Kinerja Perusahaan. Journal of Economics and Business UBS, 12(1), 471–477. https://jurnal.ubs-usg.ac.id/index.php/joeb/article/view/147%0Ahttps://jurnal.ubs-usg.ac.id/index.php/joeb/article/download/147/330
Chuenban, P., Sornsaruht, P., & Pimdee, P. (2021). How brand attitude, brand quality, and brand value affect Thai canned tuna consumer brand loyalty. Heliyon, 7(2), e06301. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06301
disastra, D., & Novita, D. (2022). PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor di Bandar Lampung) (Vol. 2, Issue 1). http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/issue/archive
González-Viralta, D., Veas-González, I., Egaña-Bruna, F., Vidal-Silva, C., Delgado-Bello, C., & Pezoa-Fuentes, C. (2023). Positive effects of green practices on the consumers’ satisfaction, loyalty, word-of-mouth, and willingness to pay. Heliyon, 9(10), e20353. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e20353
Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1.18
Janna, N. M., & Herianto. (2021). KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Junaedi, J., & Wahab, A. (2023). Hipotesis Penelitian dalam Kesehatan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Kesehatan, 6(2), 142–146. https://doi.org/10.56467/jptk.v6i2.98
Kurniati. (2017). Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 6(1), 45–52. http://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/387
Mukarromah, M., & Suyono, S. (2021). PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SALON KECANTIKAN (Studi Pada Rumah Cantik Arlova Di Kec. Blega Kab. Bangkalan). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(1), 98–105. https://doi.org/10.21107/jkim.v1i1.11335
Mukhlish, M., & Budiarti, A. (2022). Pengaruh Citra merek Dan Kualitas Produk Yang Dimediasi promosi Terhadap Keputusan Pembelian. ECOTECHNOPRENEUR : Journal Economics, Technology And Entrepreneur, 1(01), 82–99. https://doi.org/10.62668/ecotechnopreneur.v1i01.51
Mumtaz, M. A. H., Khalikussabir, & Rahman, F. (2023). Pengaruh Citra Merek, Karakteristik Produk, dan Presepsi Nilai Terhadap Keputusan Toko Deliwafa Malang (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Malang). 12(02), 221–232.
Nida Nur Anbiya, & Aning Sofyan. (2022). Hubungan Antara Promosi Penjualan dengan Minat Beli Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(2), 130–137. https://doi.org/10.29313/jrmk.v1i2.555
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV(2), 60–69.
Permatasari, B., & Maryana, S. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ : International Journal of Business, 4(2), 62. https://doi.org/10.33365/tb.v4i2.1335
Purnomo, A. (2024). Pengembangan Inovasi Kemasan Untuk Meningkatkan Merek Dan Keunggulan Kompetitif Bagi Umkm Klanting Sumber Rezeki Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Pengabdian UMKM, 3(2), 72–76. https://doi.org/10.36448/jpu.v3i2.61
Puspita Sari, D., & Audita Nuvriasari, dan. (2018). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MEREK EIGER (KAJIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA). In Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (Vol. 3, Issue 2). http://www.jpeb.dinus.ac.id
Robbiyani, N., Mulyana, R., & Abdurrahman, L. (2022). Pengujian Model Pengaruh Tata Kelola TI Terhadap Transformasi Digital dan Kinerja Asuransi C. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 13(2), 95. https://doi.org/10.36448/jsit.v13i2.2712
Ronnie Resdianto Masman, and I. N. S. (2020). The Influence of Brand Awareness, Brand Image, and Brand Trust on Brand Loyalty. Jurnal Manajemen, 24(3), 412. https://doi.org/10.24912/jm.v24i3.676
Showaba, N. (2024). Pengaruh harga dan online customer review terhadap keputusan pembelian hijab bella square pada marketplace shopee. Αγαη, 15(1), 37–48.
Siti Nurhayati. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG DI YOGYAKARTA. IV(2).
Sofiyatuzzahro, Qomari, N., & Noviandari, I. (2021). Pengaruh Brand Image, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Brand “Crocodile” di Matahari Departemen Store Surabaya. Ubhara Management Journal, 1(2), 242–254. http://journal.febubhara-sby.org/umj Hal:
Sudirjo, F., Wahyuningsih, D., Wijayanto, G., & Wahyono, D. (2019). TEORI PERILAKU KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January).
Sumpu, N., & Tumbel, A. L. (2018). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAMRATULANGI MANADO ANGKATAN 2016 ) ANALISY EFFECT OF BRAND IMAGE AND PRODUCT QUALITY TOWARD THE PURCHASE DECISION SAMSUNG PRODUCTS (STUDY ON STUDENTS OF SAM RATULANGI UNIVERSITY IN MANADO IN 2016). Analisis Pengaruh Citra…… 2528 Jurnal EMBA, 6(4), 2528–2537.
Swastika, B. (2022). PENGARUH KEUNIKAN MEREK, KEPRIBADIAN MEREK, PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS DAN PREFERENSI MEREK UNTUK MENUMBUHKAN NIAT PEMBELIAN BERULANG PADA SMARTPHONE. 33(1), 1–12.
Tahir, A. H., Adnan, M., & Saeed, Z. (2024). The impact of brand image on customer satisfaction and brand loyalty: A systematic literature review. Heliyon, 10(16), e36254. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e36254
Utami, R., & Kusumawati, D. (2020). Peran Faktor-Faktor Yang Membangun Kekuatan Merek Mobile Messenger Kakao Talk. Jurnalkommas.Com, 1–17. http://jurnalkommas.com/docs/JURNAL Rizki Utami.pdf
Wahyu Laksono Nanang Suryadi, A. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA PELANGGAN GEPREK BENSU DI KOTA MALANG. In Holistic Journal of Management Research: Vol. I (Issue 1).
Zeng, N., Liu, Y., Gong, P., Hertogh, M., & König, M. (2021). Do right PLS and do PLS right: A critical review of the application of PLS-SEM in construction management research. Frontiers of Engineering Management, 8(3), 356–369. https://doi.org/10.1007/s42524-021-0153-5
DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v11i1.30806
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 ACH BALYANI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.