PENGARUH KOMPETENSI DAN HUBUNGAN ANTAR MANUSIA (HUMAN RELATION) KINERJA KARYAWAN PDAM SUMBER POCONG BANGKALAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel kompetensi dan hubungan antar manusia (human relation) mempengaruhi kinerja karyawan PDAM Sumber Pocong Bangkalan baik secara parsial, simultan dan variabel yang paling dominan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan total populasi 167 dan total sampel 63 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, serta teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Penelitian ini di analisis menggunakan uji analisis regresi linier berganda, untuk menguji instrument penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, dan teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan uji F dan uji t.
Berdasarkan uji statistik, ditemukan bahwa kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat di lihat dengan nilai koefisien regresi (B) sebesar 0,472 dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari a = 0,05. Sedangkan hasil thitung sebesar lebih besar 3,478 dari ttabel sebesar 1,67065. Selanjutnya di temukan bahwa hubungan antar manusia (human relation) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat di lihat dengan nilai koefisien regresi (B) sebesar 0,447 dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,007 yang lebih kecil dari a = 0,05. Sedangkan hasil thitung sebesar 2,797 lebih besar dari ttabel sebesar 1,67065. Kemudian ditemukan secara bersama-sama atau simultan kompetensi dan hubungan antar manusia (human relation) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung sebesar 89,194 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,15 dengan tingkat signifikasi 0,000 <0,05. Sedangkan untuk variabel yang paling dominan kompetensi berpengaruh lebih dominan terhadap kinerja karyawan daripada hubungan antar manusia. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien Beta kompetensi sebesar 0,493 > dari nilai koefisien Beta hubungan antar manusia (human relation) sebesar 0,397Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Achmad S. Ruky. 2006. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta:PT Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Davis, Keith dan Newstron, Jhon W. 2000. Perilaku Dalam Organisasi. Jilid Kedua. Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Dessler, Gary. 2006. MSDM, Jilid II,Jakarta: PT. Indeks,
Effendy, Onong Uchjana.2001. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosda karya
Fadillah, Annisa Ayu. 2015. Pengaruh Human Relation(Hubungan Antar Manusia), Kondisi Lingkungan Kerja, dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Hotel Dafam Semarang.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Putri, Yuan Duana. 2013. Pengaruh Palatihan, Kompetensi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Balai Proteksi Tanaman dan Perkebunan (BPT-BUN) di Salatiga.
Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi, Edisi 8. Jakarta: Prentice Hall,
Siagian P Sondang. 2004. Manajemen Abad 21. Jakarta: Bumi Aksara
Simamora, Henry. 2004.Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wibowo. 2011. Budaya organisasi : Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: Rajawali Pers
DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v3i1.3032
Refbacks
- There are currently no refbacks.