Pengaruh Selebriti Endorsment Terhadap Sikap Fear Out Missing Out Dalam Mengambil Keputusan Dalam Pemebelian Fesyen Baju Bayi Dikota Surabaya

Reza Tianto, Ikhwan Kholid

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk menambah literatur tulisan dan data serta mengungkap tentang hal yang dapat meningkatkan intensitas pembeliaan penjualan fesyen baju yang dipengaruhi oleh dampak psikologi dari konsumen terutama ibu-ibu muda dari golongan milenial dan gen Z, gejala psikologi tersebut adalah kondisi kecemsan seseorang takut akan ketinggalan tren yang sedang terjadi sehingga membuat keputusan secara cepat dalam memutuskan pemebelian dalam istilah lain adalah Fear of Missing Out (FoMO). FoMO dalam beberapa literatur disebabkan karena sering bersosial media dan mengikuti kebiasaan selebriti social media. Dalam Konten selebriti social media bertema fesyen, penelitian ini berfokus kepada fesyen baju bayi. Teknik marketing selebriti endorsment sukses meningkatkan quantitas penjualan melalui sosial media marketing dan menjadi viral diantara pengguna sosial media atau Electronic Word of mouth (E-WOM). Hasil analisis data menjelaskan bahwa selebriti endorsment dan E-WOM berpengaruh meningkat FoMO ibu-ibu milenial di Kota Surabaya untuk mempercepat mengambil keputusan dalam pembelian fesyen baju bayi dikota Surabaya.

Keywords


E-WOM, Selebriti Endorsment, FoMO, Fesyen Baju Bayi, Milenial

References


Abel, J. P., Buff, C. L., & Burr, S. A. (2016). Social Media and the Fear of Missing Out: Scale Development and Assessment. Journal of Business & Economics Research, 14(1 SE-Articles). https://journals.klalliance.org/index.php/JBER/article/view/192

Ajzen, I. (1980). Understanding attitudes and predictiing social behavior. Englewood Cliffs.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Anggraini, F., & Ahmadi, M. A. (2025). Pengaruh influencer marketing terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di kalangan generasi Z: Literature review. Journal of Management and Creative Business, 3(1), 62–73.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang

Chiu, W., Oh, G.-E. (Grace), & Cho, H. (2023). An integrated model of consumers’ decision-making process in social commerce: a cross-cultural study of the United States and China. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 35(7), 1682–1698. https://doi.org/10.1108/APJML-01-2022-0029

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008

DS, Y. R. R., & El Halidy, A. (2022). Pengaruh FoMO, Kesenangan Berbelanja Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana Di E-commerce Shopee Pada Waktu Harbolnas. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(03), 1477–1487.

Ghosh, A., Varshney, S., & Venugopal, P. (2014). Social Media WOM: Definition, Consequences and Inter-relationships. Management and Labour Studies, 39(3), 293–308. https://doi.org/10.1177/0258042X15577899

Good, M. C., & Hyman, M. R. (2020). ‘Fear of missing out’: antecedents and influence on purchase likelihood. Journal of Marketing Theory and Practice, 28(3), 330–341.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Pieper, T. M., & Ringle, C. M. (2012). The Use of Partial Least Squares Structural Equation Modeling in Strategic Management Research: A Review of Past Practices and Recommendations for Future Applications. Long Range Planning, 45(5–6). https://doi.org/10.1016/j.lrp.2012.09.008

Maslim, H., & Pasaribu, L. H. (2021). The Influences of Social Media Marketing, Service Quality and EWOM on Purchase Intention. Enrichment: Journal of Management, 12(1), 18–23.

Maulana Firli, O., Rizal, M., Arifianti, R., & Husna, A. (2021). Pengaruh Selebrity Endorsme, Brand Image, dan Testimoni dalam Menigkatkan Minat Beli Produk (Studi Kasus : Instagram UKM Kylafood). Bahtera Inovasi, 4(2), 104–110. https://doi.org/10.31629/bi.v4i2.3432

Sugiyono. (2017). BAB III Metode Penelitian Menurut Sugiyono 2017. Statistical Field Theor.

Suhartini, & Maharani, D. (2023). Peran Fear Of Missing Out (FoMO) Dalam Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Economics and Digital Business Review, 4(2), 349–356.

Widiastuti, T., Arditiar, A., Rambe, A. F., & Rasjiddin, E. A. (2022). Social Media Optimization Strategy for Local Fashion Brand Development. Nyimak: Journal of Communication, 6(1), 55. https://doi.org/10.31000/nyimak.v6i1.5118

Winarno, K. O., & Indrawati, I. (2022). Impact of Social Media Marketing and Electronic Word of Mouth (E-Wom) on Purchase Intention. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(3), 668–683.

Xiang, Z., & Gretzel, U. (2010). Role of social media in online travel information search. Tourism Management, 31(2), 179–188. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tourman.2009.02.016

Yanti, P. D., & Zamrudi, M. F. Y. (2025). The Impact of Celebrity Endorsement and Brand Image on Gen Z Purchasing Decisions For Avoskin Products With Brand Awareness as A Mediating Variable. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 1782–1793.




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v10i2.29034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor hari ini

data keluaran sgp

slot gacor

11bola

slot gacor

slot gacor gampang menang

agen judi bola

https://pancawarna.desa.id/pan/

https://medanbahasa.kemdikbud.go.id/

http://jem.fekon.unand.ac.id/public/xMaxwin/

http://jem.fekon.unand.ac.id/public/xGacor/

http://jem.fekon.unand.ac.id/public/sThailand/

http://jem.fekon.unand.ac.id/public/xDemo/

http://jem.fekon.unand.ac.id/public/scatter/

https://medanbahasa.kemdikbud.go.id/tuturbahasa/Maxwin/

https://medanbahasa.kemdikbud.go.id/tuturbahasa/Gacors/

https://medanbahasa.kemdikbud.go.id/tuturbahasa/Thailand/

https://medanbahasa.kemdikbud.go.id/tuturbahasa/Demos/

https://medanbahasa.kemdikbud.go.id/tuturbahasa/Scaters/

Toto Togel

Bandar Resmi

Bandar Togel

NEXTOGEL

Bandar Togel

Bandar Togel

NEXTOGEL

Bandar Togel

Slot OVO

Slot Gopay

KIM369

KIM369

KIM369

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

NEXTOGEL

KIM369

SLOT GACOR

KIM369

KIM369

KIM369

KIM369

KIM369

KIM369

RITOGEL

RITOGEL

RITOGEL

RITOGEL

Slot Gacor

Slot Gacor