Pengaruh Bauran Pemasaran, Motivasi, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada UMKM Batik Tanjung Bumi)

Hikmatul Himmah, Mohammad Arief

Abstract


Batik Tanjung Bumi merupakan kain khas yang dimiliki masyarakat kecamatan Tanjung Bumi Madura. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran, motivasi, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, dan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel bauran pemasaran dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Batik Tanjung Bumi. Sedangkan variabel gaya hidup tidak mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Marketing mix,motivation,lifestyle,purchasing desicions

References


Amalia, S. (2018). Keputusan Pembelian Grabcar Pada Aplikasi Grab ( Studi pada Hijabers Community Malang ).

Dinggon, M.R., dkk.2015. Pengaruh Bauran Pemasaran, Celebrity Endosement, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado. Jurnal EMBA.vol.3(3). hal 1370-1382.

Distro, D. I., & Malang, O. (2018). Pengaruh motivasi pembelian dan gaya hidup konsumen terhadap keputusan pembelian di distro overtoun malang. 2015, 2–5.

Djatikusuma, E.2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minuma Berisotonik Pocarisweat.Jurnal STIE MDP.

Habiby, Fahmi Imanul.2018.Profil Industry Batik Desa Tanjung Bumi Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan.1-8.

Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian. 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller 2009. Manajemen Pemasaran Diterjemahkan oleh Benyamin Molan.Jilid 2.Edisi 12. Jakarta: Indeks

Nguyen, thao &Vo.2020.The Effect Of Lifestyle, Brand Image, And Personalities On Smartphone Purchase Desicion Of Consumers in Hochimin City.IJOIASRAT.5(3),481-492.

Tampanatu, G. A. 2014. Analisis Gaya Hidup, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Matahari Department Store Mega Trade Center Manado. Jurnal Emba Vol. 2(3). http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5662/5194. Diakses 30 September 2015. Hal 807-816.

Tanata F.2013. Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Terhada Keputusan Pembelian (Studi Kasus Perumahan Paradise Ekslusive Tangerang. Jurnal Marketing Communication, Fakultas Ekonomi Dan Komunikasi. Binus University.

Wahyuni, D. U. (2008). Pengaruh Motivasi , Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “ Honda ” di Kawasan Surabaya Barat. 30–37.

Wijaya, D. N. (2018). Pembelian ( Survei pada Konsumen Starbucks , Kota Malang ). 55(2), 75–83.

Wijaya, Darma.2017.Pengaruh Motivasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian.Perspektif.15(2).79-88.

Wijaya, Sunarti, & Edriana.2018.Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian(Survei Pada Konsumen Starbucks, Kota Malang).Jurnal Administrasi Bisnis.55(2).75-83.

Yamin, S., dan H. Kurniawan. 2009. SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Salemba Infotek, Jakarta.

Yi Lin,Yu Shih, & Wei Lin.2012.The Influence of Lifestyle and Money Attitude On Purchase Desicion: The moderating effect of Marketing Stimulation and Personal Value.IJOASRAT.2(2).442-470.

Yonathan, K., Miauw, H., Manajemen, F., & Ciputra, U. (2016). Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap. 1.




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v10i2.28700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor hari ini

data keluaran sgp

slot gacor

11bola

slot gacor