The Effect of Product Quality and Brand Image on the Purchase Decision of Batik Shalempang Product in Sampang District
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Batik Shalempang di Kabupaten Sampang, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh sebanyak 97 responden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan produk Batik Shalempang di Kabupaten Sampang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 221–227. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.009
Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.
https://doi.org/https://doi.org/10.54783/mea.v4i1.270
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Universitas Diponegoro.
Habibah, Hamdani, & Lisnawati, S. (2018). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Perempuan Muslim di Kota Bogor). Iqtishoduna P-ISSN: 2252-5661, e- ISSN: 2443-0056|, 7(2), 233–261.
Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan. Erlangga.
Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Marketing Management, 15th Edition, New Jersey : Pearson Education Limited.
La Ode Sugianto, Titin Eka Ardiana, D. P. W. (2022). The Effect Of Brand Image and Product Quality On Consumer Purchase Decisions (Case Study on the Adidas Brand in Siman Ponorogo Sub-district). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1).
Magdalena, M., & Wilzarwan, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo pada Toko Max-Indo di Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 271. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.178
Nilasari, I., & Saudi, M. H. M. (2019). Do product features and brand image influence consumers’ decision to purchase the Suzuki Ignis in Bandung Indonesia? International Journal of Innovation, Creativity and Change, 6(6), 256–267.
Rosanti, N., Karta Negara Salam, & Panus. (2021). The Effects of Brand Image and Product Quality on Purchase Decisions. Quantitative Economics and Management Studies, 2(6), 365–375. https://doi.org/10.35877/454ri.qems360
Soegoto, A. S., & Karamoy, H. (2020). Competitive Strategy Analysis to Increase Consumer Purchasing Decisions on Minimarket Business. Etikonomi, 19(1), 119–130. https://doi.org/10.15408/etk.v19i1.14337
Solihin, D. (2021). The Influence Of Brand Image And Atmosphere Store On Purchase Decision For Samsung Brand Smartphone With Buying Intervention As Intervening Variables (Study on Samsung Experience Store Karawaci Customers). International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262– 270. https://doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847
Sopiah & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). PT Bumi Aksara. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syarifah, E., Nurhasanah, E., & Sudrajat, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Karawang. Jurnal Marketing, 2, 107–110. ejournal.bsi.ac.id
DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v10i2.28699
Refbacks
- There are currently no refbacks.