The Effect of Product Quality and Brand Image on the Purchase Decision of Batik Shalempang Product in Sampang District

Churin Widiyalestari Sirait, Muh Syarif

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Batik Shalempang di Kabupaten Sampang, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh sebanyak 97 responden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan produk Batik Shalempang di Kabupaten Sampang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Product Quality, Brand Image, Purchase Decision.

References


Djatmiko, T., & Pradana, R. (2016). Brand Image and Product Price; Its Impact for Samsung Smartphone Purchasing Decision. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 221–227. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.009

Fatmaningrum, S. R., Susanto, & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA, 4(1), 176–188.

https://doi.org/https://doi.org/10.54783/mea.v4i1.270

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Universitas Diponegoro.

Habibah, Hamdani, & Lisnawati, S. (2018). Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Perempuan Muslim di Kota Bogor). Iqtishoduna P-ISSN: 2252-5661, e- ISSN: 2443-0056|, 7(2), 233–261.

Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan. Erlangga.

Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Marketing Management, 15th Edition, New Jersey : Pearson Education Limited.

La Ode Sugianto, Titin Eka Ardiana, D. P. W. (2022). The Effect Of Brand Image and Product Quality On Consumer Purchase Decisions (Case Study on the Adidas Brand in Siman Ponorogo Sub-district). International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1).

Magdalena, M., & Wilzarwan, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo pada Toko Max-Indo di Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 271. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.178

Nilasari, I., & Saudi, M. H. M. (2019). Do product features and brand image influence consumers’ decision to purchase the Suzuki Ignis in Bandung Indonesia? International Journal of Innovation, Creativity and Change, 6(6), 256–267.

Rosanti, N., Karta Negara Salam, & Panus. (2021). The Effects of Brand Image and Product Quality on Purchase Decisions. Quantitative Economics and Management Studies, 2(6), 365–375. https://doi.org/10.35877/454ri.qems360

Soegoto, A. S., & Karamoy, H. (2020). Competitive Strategy Analysis to Increase Consumer Purchasing Decisions on Minimarket Business. Etikonomi, 19(1), 119–130. https://doi.org/10.15408/etk.v19i1.14337

Solihin, D. (2021). The Influence Of Brand Image And Atmosphere Store On Purchase Decision For Samsung Brand Smartphone With Buying Intervention As Intervening Variables (Study on Samsung Experience Store Karawaci Customers). International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262– 270. https://doi.org/10.23887/ijssb.v5i2.30847

Sopiah & Sangadji, E. M. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). PT Bumi Aksara. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syarifah, E., Nurhasanah, E., & Sudrajat, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Karawang. Jurnal Marketing, 2, 107–110. ejournal.bsi.ac.id




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v10i2.28699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eco-Entrepreneur



 

slot777

slot gacor hari ini

amacelectricalcontracting.com

slot gacor

https://agen228.com/

Slot88

toto slot

toto togel

choicehomecontractors.com

toto 4d

Sabung Ayam

toto slot

toto slot

Sabung Ayam

slot thailand

ceri123

mamen4d

ak4d

fyp805

https://pdips.uniramalang.ac.id/ situs toto toto slot

situs toto

slot thailand

pin4d

ace777

toto 4d

slot777

slot dana

slot gacor

daya4d

daya4d

daya4d

situs slot gacor resmi

situs toto slot gacor depo dana 10k

scatter hitam

slot777

slot88

hakata136

slot dana

kakek188

nenek188

ini777

viva138

https://aimmslhr.edu.pk/

https://avenuemall.pk/

https://zoom.thestraightchoice.org/

slot gacor

vega168

slot777

slot gacor

viva138

viva138

wak89 link

toto slot

slot maxwin

slot online thailand

demo slot

situs toto

bantogel