Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Mie Sedaap Selection Cita Rasa Korea (Studi pada Pengikut Akun Twitter @Food_Fess)

Ida Wulandari, Nirma Kurriwati

Abstract


Suatu organisasi tidak dapat bertahan dan berjalan tanpa karyawan atau sumber daya manusia yang ada didalamnya. Kinerja setiap karyawan akan menentukan apakah perusahaan dapat berkembang atau tidak. Dengan kata lain tujuan perusahaan sangat bergantung pada kinerja karyawan, harapan tersebut tentunya didorong dan didukung oleh manajemen yang dapat menunjang kinerja karyawan menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. kinerja pegawai dinas lingkungan hidup di kabupaten Ponorogo melalui kepuasan kerja sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah responden 53 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA).


Keywords


brand ambassador, korean wave, minat beli

References


Darwati, A. M., & Yulianto, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Western Model sebagai Brand Ambassador terhadap Sikap pada Iklan serta Dampaknya terhadap Minat Beli ( Survei Online Minat Beli Produk Kosmetik Maybelline New York di Indonesia ). In Jurnal Administrasi Bisnis (Vol. 69, Issue 1).

Indonesia, N. (2017). Daftar Pengiklan Terbesar Industri Advertising Indonesia Periode Januari – Juli 2017. Nielsen Indonesia. https://advertising-indonesia.id/2017/09/15/daftar-20-pengiklan-terbesar-industri-advertising-indonesia-periode-januari-juli-2017/

KBBI. (n.d.). Reliabilitas. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Retrieved November 1, 2021, from https://www.google.com/amp/s/kbbi.web.id/reliabilitas.html

Khodabandeh, A., & Lindh, C. (2021). The importance of brands, commitment, and influencers on purchase intent in the context of online relationships. In Australasian Marketing Journal (Vol. 29, Issue 2). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2020.03.003

Kotler, P. (2005). Principles of Marketing. In Pearson Education (4th ed.). Pearson Education.

Lestari, H. (2019). Pengaruh Ba Dan Korean Wave Terhadap Citra Merk Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Vol. 66, Issue 1).

Mahdi, M. I. (2021). Rata-rata Konsumsi per Kapita Mi Instan di Dalam Negeri. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/Sektor Riil/detail/konsumsi-mi-instan-masyarakat-indonesia-naik-pada-2021

Ningrum, N. S. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Md Clinic By Lazeta. In Bisnis dan Iptek (Vol. 9, Issue 2).

Peter, P. J., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behaviour and Marketing Strategy. In Salemba Empat.

Philip, Kotler and Keller, L. (2016). Marketing Management. In Marketing Management (15th ed., Vol. 15). Pearson Education.

Prof. Dr. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April).

Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. In ProTVF (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940

Resti Prastiwi, F. T., Ratnaningsih, C. S., Windhyastiti, I., & Khouroh, U. (2020). Analisis Pengaruh Tren Budaya, Brand Ambassador dan Harga terhadap Purchase Intention. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.4222

Shimp, A. T., & Andrews, Craig, J. (2013). Advertising, Promotion and Other aspects of Integrated Marketing Communications. In Integrated Marketing communications. https://scholarsbank.uoregon.edu/xmlui/bitstream/handle/1794/19082/Thesis Final-Bulka.pdf?sequence=1

Shin, K. (2017). The Korean Wave: Korean Media Go Global. In The Social Science Journal (Vol. 54, Issue 2). https://doi.org/10.1016/j.soscij.2017.04.005

TBA. (2020). Mie Instan Dalam Kemasan Bag. Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/2020/05/top-brand-index-tracking-mie-instan-dalam-kemasan-bag/

Weismueller, J., Harrigan, P., Wang, S., & Soutar, G. N. (2020). Influencer endorsements: How advertising disclosure and source credibility affect consumer purchase intention on social media. In Australasian Marketing Journal (Vol. 28, Issue 4). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.ausmj.2020.03.002

WINA. (2021). Global Demand for Instant Noodles. World Instant Noodles Association. https://instantnoodles.org/en/noodles/demand/table/

Yasin, M., Liébana-Cabanillas, F., Porcu, L., & Kayef, R. N. (2020). The role of customer online brand experience in customers’ intention to forward online company-generated content: The case of the Islamic online banking sector in Palestine. In Journal of Retailing and Consumer Services (Vol. 52, Issue March 2019). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.101902

YeonJeong, K. (2021). K-pop kembali cetak rekor dengan 7,5 milyar Tweet. Twitter. https://blog.twitter.com/in_id/topics/insights/2021/kpop-kembali-cetak-rekor-dengan-7-5-milyar-tweet

Yusiana, R., & Maulida, R. (2016). Pengaruh Gita Gutawa Sebagai Brand Ambassador Pond’S Dalam Memengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Telkom Jurusan D3 Manajemen Pemasaran). In Jurnal E-Komunikasi (Vol. 15, Issue 1). www.marketing.co.id




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v10i2.28698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot gacor hari ini

data keluaran sgp

slot gacor

11bola

slot gacor