Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Wilayah Blitar

Moh. Zaki Kurniawan

Abstract


Konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian akan memperhatikan gaya hidup, harga, dan kualitas produk. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung wilayah Blitar.  Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Samsung di wilayah Blitar. Pengambilan sampel pendekatan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya hidup dan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung wilayah Blitar. Namun kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung wilayah Blitar. Secara bersama-sama gaya hidup, harga, dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung wilayah Blitar.


Keywords


gaya hidup, harga, kualitas produk, keputusan pembelian

References


Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Ashari, A. P., Hardiyono, H., dan Aswar, N. F. 2020. Analisis Pengaruh Citra Merk, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Makassar. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal.

Assauri, S. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Djarwanto. 2013. Sari Kuliah Management Pemasaran; Cetakan II. Bandung: Satu Nusa.

Djaslim, S. 2011. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran, Cetakan Keempat. Bandung: Linda Karya.

Engel et al. 2010. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam, jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara.

Eryanawati dan Ismunandar. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Merk Honda (Studi Kasus Konsumen Pengguna Merk Honda). Journal of Business and Economics Research. 1(2):98-104

Hasan, A . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Kaharu, D. 2016. Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Clothing Store Cosmic Cabang Di Surabaya. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Fahmi, I. 2016. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Edisi tujuh. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Hawkins dan Mothersbaugh. 2013. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Kaharu, D., dan Budiarti, A. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5(3): 1-24

Kotler, P dan Amstrong, G. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi Kedua belas. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P dan Keller, L. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education, Inc.

Kotler, P. 2014. Manajemen Pemasaran,Edisi 13. Jilid 1. Prenhalindo. Jakarta.

Kotler, P. 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jilid 2. Prenhalindo. Jakarta.

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat

Lupiyoadi dan Hamdani. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat.

Mazler. 2007. Dimension of Price Satisfaction: a Replication And Extension.

Mullins, J. W dan Walker Jr, O. C. 2013. Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition. McGraw-Hill International Edition.

Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Revita, M. L. D. E., Frimayasa, A., dan Kurniawan, A. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung. Managerial-Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. 1(1):161-170

Saladin, D. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Linda Karya

Sari , S. P., Sari, M. K., dan Dahen, L.D. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Sikap Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat di CV. Hayati Cabang Pasaman Barat (Studi Kasus di Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat). Journal of Economic and Economic Education. 5(2):167-178.

Situmorang, S.H., 2017. Riset Pemasaran . Medan: USU Press.

Setiadi, N. J. 2015. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suci, D. P. 2016. Pengaruh gaya Hidup (Lifestyle) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Adminstrasi Bisnis .

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing In Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunyoto, D. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Bogor.

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Solomon, Michael. R. 2015. Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11th Edition. New Jersey: Prentice-Hall.

Tabelessy, W. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Ambon. Jurnal SOSOQ. 8(1).

Tjiptono, F. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Umar, H. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v7i2.19552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.