Pengaruh Kualitas Pelayanan Penitipan Barang dan Makanan Terhadap Kepuasan Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Purwodadi)

Nining Prasetyaningsih, Denny Nazaria Rifani

Abstract


Penelitian ini membahas tentang kualitas pelayanan penitipan barang dan makanan terhadap kepuasan warga binaan pemasyarakatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan penitipan barang dan makanan terhadap tingkat kepuasan warga binaan pemasyarakatan Di dalam Lapas Kelas IIB Purwodadi. Adapun didalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Menggunakan 146 responden, jumlah responden tersebut diambil dari hasil penghitungan dengan menggunakan rumus slovin. Pelayanan penitipan barang dan makanan ini dititik beratkan pada upaya untuk memberikan pelayanan yang prima bagi WBP selama berada di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan, pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yakni penyebaran kuesioner yang disusun dengan format jawaban dalam skala Likert serta studi kepustakaan. Pengolahan data yang diperoleh dari jawaban responden dalam kuesioner dilakukan dengan menggunakan program SPSS 2.5. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan secara keseluruhan variabel tingkat pelayanan penitipan barang dan makanan memberikan kontribusi dalam mempengaruhi variabel tingkat kepuasan WBP Di Lapas Kelas IIB Purwodadi sebesar 55,2% sedangkan sisanya 44,8% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain. Pelayanan penitipan barang dan makanan bagi Narapidana berada dalam keadaan sangat baik, namun perlu ditingkatkan kembali guna menjaga dan meningkatkan pelayanan yang telah ada.

Keywords


Kepuasan, Pelayanan, Pemasyarakatan

References


Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2013 Perubahan Mengenai Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 Tentang Pelayanan berbasis HAM

Creswell, J. W. (2016). Research Design : Quantitative, and Mixed Method Approaches (4th ed). Pustaka Pelajar.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik - Konsep, Dimensi, Indikator, Dan Implementasinya. Gava Media, 250.

Kotler, lane kevin. (2017). Manajemen Pemasaran.

Kotler & Armstrong. (2012). Philip Kotler Gary Armstrong, Prinsif-prinsif Pemasaran edisi 12 jilid 1.

Nurhasanah, Siti. (2016). Praktikum Statistik 2. Salemba Empat.

Philip Kotler, G. A. (2012). Page 1 Prinsip-prinsip Pemasaran i Edisi keduabelas Jilid 1 PHILIP KOTLER Northwestern .pdf (hal. 1–367).

Prasetyo Bambang, J. L. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif.

Farid Tiza, M., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Studi Kasus Pada Perusahaan Jne Cabang Padang. Ina-Rxiv, 1–8.

Fitriyana, M., & Dharmawan, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Dan Harga Terhadap Kepuasan Pt. Bukitapit Bumi Persada. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(2).

Kelas, N., Bandung, I. I. A, & Aprian, A. (2020). Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Pengaruh Kualitas Pelayanan Kunjungan Online Terhadap. 7(3), 538–544.

Reza Nurul Ichsan, Ahmad Karim. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan.

Rustanto, A. E. (2021). Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada RPTRA di Wilayah Jakarta Pada Masa Pandemi Covid-19.

Seiler, V. L. (2013). Examining Service Quality for Homebuyers in the Residential Real Estate Brokerage Industry.

Zulkifli, Z. (2018). Pengaruh Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Syariah Unit Tanah Merah Cabang Pegadaian Soebrantas. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah,

.




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v8i2.17782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.