Strategi Pengembangan Produk Garam Rakyat Bersama Pt. Garam Madura Menggunakan Model Dart

Pribanus Wantara, Anugrahini Irawati, Wiwit Sri

Abstract


Problematika garam rakyat di Indonesia masih belum terselesaikan untuk dibahas, karena harga garam rakyat sangat murah, selain itu juga membanjirnya garam impor yang harganya lebih murah dan kualitasnya lebih baik dari garam rakyat. Untuk mengembangkan produk garam rakyat diperlukan strategi pengembangan yaitu alat analisis value co-creation yang dibangun dari model DART dalam upaya mengembangkan shared value.

Penelitian dimulai berdasarkan 4 blok atau dimensi pada the DART, dimulai dengan dialog yang dilakukan pada manajemen PT. Garam, pelanggan, pemasok dan mitra PT. Garam, dilanjutkan dengan akses dalam mendapatkan informasi mengenai penyerapan garam raakyat, penanganan resiko dalam proses co-creation dan keterbukaan yang ada pada pihak manajemen PT. Garam Madura beserta pelanggan, pemasok dan mitra. Hasil penelitian adalah adanya keterbatasan dalam mengakses informasi antara PT Garam Madura dengan industri (pelanggan) dan mitra pemasok.


Keywords


value co-creation, model the DART, PT. Garam Madura

Full Text:

PDF

References


Albinsson, P. A., Perera, B. Y., & Sautter, P. T. (2016). DART Scale Development: Diagnosing a Firm’s Readiness for Strategic Value Co-creation. Journal of Marketing Theory and Practice, 24(1), 42-58.

Ballantyne, D. 2004. Dialogue and its role in the development of relationship specific knowledge. Journal of Business & Industrial Marketing, 19(2), 114-123.

Ballantyne, D., & Varey, R. J. 2006. Introducing a dialogical orientation to the Service Dominant Logic of Marketing. In The service-dominant logic of marketing: Dialogue, debate, and directions (pp. 224-235).

Binkhorst, E., & Dekker, T. Den. 2009. Journal of Hospitality Marketing & Agenda for CoCreation Tourism Experience Research Agenda for CoCreation Tourism. Management, 18(2012, June), 37-41.

Grönroos, C. (2004). The relationship marketing process: Communication, interaction, dialogue, value. Journal of Business & Industrial Marketing, 19(2), 99-113.

Handoko.2002. Manajemen Pemasaran. Badan penerbit IPWI. Jakarta

Kartajaya, Hermawan. (2009). New Wave Marketing, The World is Still Round The Market is Already Flat. Indonesia: Gramedia.

Kolter, Philip dan Gary Armstrong. 1997. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. PT. Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Prahalad, C. K., & Ramaswamy, V. 2004. The future of competition co-creating unique value with customers. Boston: Harvard Business Scool Press.

Prebensen, N. K., Vittersø, J., & Dahl, T. I. 2013. Value Cocreation significance of tourist resources. Annals of Tourism Research, 42, 240-261

Syahbana Ali Hafidz, PT Garam Fokus Serap Garam Impor, Garam Rakyat Hanya Tertampung 1,5 Juta Ton, Surya.co.id, 23 Maret 2021, https://surabaya.tribunnews.com/2021/03/23/pt-garam-fokus-serap-garap-impor-garam-rakyat-hanya-tertampung-15-juta-ton, diakses pada: 10 Desember 2021

Samuel, Hatane, dan Foedjiwati. 2005. “Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetian Merek (Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya),” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan,Vol.7, No.1, Hal 74- 82.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba Empat.

Spena, R. T., Carida, M., Colurcio, M., & Melia, M. (2012). Store Experience and co-creation: the case of temporary shop. International Journal of Retail & Distribution Management, 40(1), 21-40.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy, 2001, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Zeithaml,Valarie A and Bitner. (2000). Service Marketing 2nd edition : Integrating Customer Focus. New York.McGraw-Hill Inc.




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v7i2.14206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eco-Entrepreneur



 

slot777

slot gacor hari ini

amacelectricalcontracting.com

slot gacor

https://agen228.com/

Slot88

toto slot

toto togel

choicehomecontractors.com

toto 4d

Sabung Ayam

toto slot

toto slot

Sabung Ayam

slot thailand

ceri123

mamen4d

ak4d

fyp805

https://pdips.uniramalang.ac.id/ situs toto toto slot

situs toto

slot thailand

pin4d

ace777

toto 4d

slot777

slot dana

slot gacor

daya4d

daya4d

daya4d

situs slot gacor resmi

situs toto slot gacor depo dana 10k

scatter hitam

slot777

slot88

hakata136

slot dana

kakek188

nenek188

ini777

viva138

https://aimmslhr.edu.pk/

https://avenuemall.pk/

https://zoom.thestraightchoice.org/

slot gacor

vega168

slot777

slot gacor

viva138

viva138

wak89 link

toto slot

slot maxwin

slot online thailand

demo slot

situs toto

bantogel

ajo89

ajo89

toto slot

situs toto

iso777

SLOT777

situs toto

bantogel

situs gacor

situs togel

situs togel

zonatoto

situs slot online

demo mahjong

zonatoto

gatotkaca123

mainaja

klik555

mainaja

situs slot online mudah menang di indonesia

BIROTOTO

COLOKTOTO

laetoto

Slot server thailand

zonatoto

slot resmi

tunai777

agen bola

Slot online

slot online

sakti123.net

situs toto

situs toto

situs toto

jos129

luna805

luna805

fyp805

fyp805

Slot Gacor Scatter Hitam

slot

raja132

asli777

Situs Toto

sarangslot

pg77

slot gacor malam ini

slot777

divalotre

Slot 200

https://montes.da.upm.es/

sabung ayam online

zonatoto

slot88

situs toto

lohanslot

slot gacor