Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial dan Saluran Distribusi Terhadap Minat Beli Konsumen di Era Pandemi ( Studi Pada Ramio Cafe And Mart di Sumenep )
Abstract
The spread of various industries in Indonesia today makes people become more consumptive. The current digital era demands that companies increasingly compete to attract customers and expand their business development areas, for example by utilizing advanced technology and the internet. Ramio Cafe and Mart is one of the restaurants in Sumenep. Precisely located on Jl. Dr. Cipto Kolor, Sumenep City, Sumenep Regency, East Java 69417. Covid-19 which has an impact on various sectors, especially the culinary sector, has made Ramio Cafe and Mart experience a decline in turnover since the pandemic and the implementation of PSBB. This type of research is a survey research with a quantitative approach. The population of this study are consumers of Ramio Cafe and Mart. The sampling technique used accidental sampling and obtained a sample of 30 people. The data collection technique uses a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The data analysis technique used is the classical assumption test, multiple linear regression and hypothesis testing. The results showed that promotion and distribution channels partially and simultaneously had a significant positive effect on consumer buying interest.
Merebaknya berbagai industri di Indonesia saat ini membuat masyarakat menjadi semakin konsumtif. Zaman digital saat ini menuntut perusahaan semakin bersaing menarik pelanggan dan memperluas daerah pengembangan bisnisnya, misalnya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan internet. Ramio Cafe and Mart ini merupakan salah satu restoran yang ada di Sumenep. Tepatnya terletak pada Jl. Dr. Cipto Kolor, Kota sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69417. Covid-19 yang membawa dampak pada berbagai sektor, khususnya sektor kuliner, membuat Ramio Cafe and Mart ini mengalami penurunan omset sejak adanya pandemi dan pemberlakuan PSBB. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen dari Ramio Cafe and Mart. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan saluran distribusi secara parsial dan simultan berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 78/M-IND/PER/9/2007 tentang “Peningkatan Efektifitas Pengembangan Industri Kecil dan Menengah melalui Pendekatan Satu Desa Satu Produk (One Village One Product-OVOP) di Sentra.
Sega, Ndione Joseph & Suzuki Kanichiro. 2018 .The OVOP as a Tool to Develop Small and Medium-Sized Enterprises: Insightsfrom OVOP Enterpreneurial Experiencein Senegal. International Journal of Education and Research. Vol.6 No.3 (March2018)
Farah, Balqish. 2015. Pengaruh Jiwa Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha Distro di Kota Bandung (Study pada Distro yang terdaftar di Kick di Kota Bandung). Bandung.
Widiyatnoto, Erfikas. 2013. Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Budaya Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMKN 1 Wonosari dan SMKN 2 Wonosari di Kabupaten Gunungkidul. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Safrudiansyah, Andi. 2016. Prosedur Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Oleh CENDI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.
Nurbudiyani, Iin. 2015. Manajemen Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMKN 2 Palangkaraya. Palangkaraya: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian kualitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v7i2.12804
Refbacks
- There are currently no refbacks.