Pemberdayaan Masyarakat Melalui Media Sosial Sebagai Media Promosi UMKM Era New Normal di Desa Gunungsari, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi

Dimas Satria Laksmana, Arief Setyawan

Abstract


Hingga saat ini pandemi Covid-19 belum mereda. Berbagai kebijakan mulai dari PSBB, anjuran selalu mencuci tangan, mengguanakan masker saat keluar rumah hingga menjaga jarak dengan orang lain sudah diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Pandemi ini menyebabkan dampak di berbagai aspek dan sektor dalam kehidupan masayarakat. Salah satunya dampak ekonomi para pelaku UMKM. Para pelaku UMKM mengeluhkan bahwa tingkat pendapatan dan komsumi masayarakat menurun sejak adanya pandemi. Para pelaku usaha tidak bisa berdiam diri mereka harus melakukan tindakan untuk keberlangsungan usahanya. Pemanfaatan media sosial untuk media pemasaran dirasa tepat untuk menghadapi masa pandemi seperti saat ini. Maka perlu adanya pemberdayaan masayarakat agar mengetahui dan dapat menggunakan media sosial sebagai media promosi. Media sosial yang sangat mudah digunakan adalah Facebook dan Instagram. Pengabdian masayarakat dengan cara memberikan sosialisasi dan pelatihan dirasa dapat membawa perbuahan pada pelaku usaha agar tetap menjalankan usahanya

Keywords


Pemberdayaan Masyarakat, Media Sosial, Media Promosi, UMKM

Full Text:

PDF

References


Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Anita, Muharmi, Y., & Tria Siska, S. (2018). Penentuan Tingkat Minat Belanja Online Melalui Media Sosial Menggunakan Metode Clustering K-Means Anita,. Biomass Chem Eng, 3(2), ثقثقثقثق. Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=en

Dwi Riyanto, A., & Noeris, M. F. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Online Untuk Pelaku UMKM di Cilacap, 2(2), 53–58.

Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.2738

Mansir, F. dan H. P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru, 1(1), 39-50.

Muzdalifah, L., Novie, M., & Zaqiyah, S. (2020). Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. Seminar Nasional Sistem …, 2200–2208. Retrieved from https://www.jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/296

Permana, S. D. H., & Cendana, M. (2019a). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi bagi kelangsungan UMKM. Journal Community Development and Society, 1(June), 1–10.

Permana, S. D. H., & Cendana, M. (2019b). Pemanfaatan Sosial Media sebagai Strategi Promosi bagi Sustainability Bisnis UMKM. ETHOS (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian), 7(2), 163–169. https://doi.org/10.29313/ethos.v7i2.4382

Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, (November), 2–3.

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39. Retrieved from http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11

Rulandari, N., Rahmawati, N. F., & Nurbaiti, D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal, 7(2), 39–42.

Sembiring, E. B., Neta, F., Nashrullah, M., Wirawan, A., & Lumombo, L. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Rempang Cate Melalui Pelatihan Pemasaran Digital untuk Produk Unggulan Pasir Panjang. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (AbdiMas), 1(2), 104–117. https://doi.org/10.30871/abdimas.v1i2.1147

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Utomo, S. H., Qurrata, V. A., Purnamasari, V., Seprillina, L., Malang, U. N., Pembangunan, E., … Penjualan, O. (2019). Peningkatan Omset Penjualan Melalui Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah Alas Kaki Berbahan Kulit. Jurnal Karinov, 2(1), 1–5. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/8267/3932




DOI: https://doi.org/10.21107/bpmd.v1i1.12016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Authors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Buletin Pemberdayaan Masyarakat dan Desa by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: