STRUKTUR, PERILAKU DAN PENAMPILAN PASAR BERAS ORGANIK DI DESA SUMBERNGEPOH

Uci Nurul Hidayati, Amanatuz Zuhriyah

Abstract


Beras organik merupakan salah satu pangan yang disarankan dalam memenuhi gaya hidup sehat. Minat masyarakat terhadap beras organik meningkat terbukti dengan adanya peningkatan ekspor. Sumberngepoh merupakan salah satu daerah sentra beras organik yang sudah memiliki sertifikasi. Belum adanya kebijakan harga tetap dari pemerintah mengakibatkan ketidakpastian pendapatan yang diterima petani serta banyaknya lembaga pemasaran yang terlibat, maka semakin rendah harga yang diperoleh petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis struktur pasar, perilaku pasar dan penampilan pasar beras organik di Desa Sumberngepoh. Teknik sampling yang digunakan dalam penentuan sampel petani yaitu metode Propotional Random Sampling sedangkan penentuan sampel pedagang menggunakan snowball sampling. Responden berjumlah 32 Petani. Metode pengumpulan data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan Structure, Conduct, and Performance. Berdasarkan hasil penelitian, struktur pasar mengarah pada pasar oligopsoni. Perilaku pasar Terdapat dua saluran pemasaran yaitu 1) petani menjual gabah kepada pedagang pengumpul, kemudian dari pedagang pengumpul secara langsung dijual kepada konsumen. 2) Petani menjual gabah kepada pedagang pengumpul, kemudian pedagang pengumpul dititipkan kepada Apotek, lalu dari Apotek dijual secara langsung kepada konsumen. Hasil Penampilan pasar belum efisien karena share yang diperoleh petani ≤40%.

Keywords


Struktur, Perilaku, Penampilan Pasar, Beras Organik

Full Text:

PDF

References


Agnellia, M.A.D., Ustriyana, Nyoman, G., Djelentik, Wulandari, S. (2016). Analisis Struktur, Perilaku, dan Kinerja Pasar Cabai di Desa Banyung Gede Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli. E Jurnal Agribisnis dan Agrowisata. 5(1). 1-10.

Anindita,R., dan Nur B. (2017). Pemasaran Produk Pertanian. Andi. Yogyakarta.

Ayele, S. Z. (2017). Analisis Struktur Pasar, Perilaku dan Kinerja Daging Sapi Sapi: Kasus Distrik Dugda, Zona Shoa Timur, Oromia Negara Bagian, Ethiopia. Jurnal Biologi, Pertanian Dan Kesehatan, 7(5), 1–7.

Darmadjati DS. (2001). Menali Sumber Daya Pangan Lokal Dalam Peran Teknologi Pangan Dalam Rangka Ketahanan Pangan Nasional. Jakarta (ID):Puslitbang Bulog.

Dewi, N., Jum’atri, Y., Ari, J.S. (2017). Analisis Struktur Perilaku dan Kinerja Pasar (Structure, Conduct And Market Performance) Komoditi Padi di Desa Bunga Raya dan Desa Kemuning Muda Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak. Jurnal Agribisnis. 1(1). 42-56.

Dzanja, J., Kamwana., Bornet. (2014). Structure, Conduct, And Performance Of Groundnuts Markets In Norther And Kasungu Districts International Journal Of Business And Social Science. 5(1). 130-139.

Hadi, Soestrisno. (2004). Metodologi Research. Andi. Yogyakarta.

Hamid, Sahibul Kahfi. (2012). Analisis Efisiensi Pemasaran Rumput Laut (Eucheuma cottoni) di Kota Tual Provinsi Maluku. Jurnal Ilmiah Agribisnis Dan Perikanan. 5(1). 57-70.

Kementerian, Pertanian. (2016). Petunjuk Teknis Budidaya Padi Organik. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP). Bandung, Jawa Barat.

Kotler, P., dan Amstrong, G. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1.Edisi Ke 12. Erlangga. Jakarta.

Mafthuhah dan Amanatuz, Z. (2012). Kajian Pemasaran Rumput Laut (Eucheuma Cottoni) Studi Kasus Desa Tanjung, Pademawu, Pamekasan). Jurnal Agriekonomika.

Mandak, Yudianto., B. Rorimpandey., P,O,V, Waleleng., F,N,S, Oroh. (2017). Analisis Margin Pemasaran Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kota Manado (Study Kasus di Pasar Bersehati Calaca dan Pinasungkulan Karombasan). Journal Zootek. 37(1). 70-79.

Roziah, S. (2005). Studi Efisiensi Jalur Pemasaran Salak Pondok Di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Di akses pada 26 oktober 2019. 9(1). 94-108.

Sinaga, Sandro Chrystop dan Novia Dewi. (2016). Pemasaran Buah Nenas (Kajian Struktur, Perilaku, Dan Penampilan Pasar) Di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Pertanian. 13(1). 38-50.

Setiawan, J., Novia, D., Didin M. (2015) Pemasaran Karet (Kajian Struktur, Perilaku dan Penampilan Pasar) di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. 2(2)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Penerbit ALFABETA. Bandung.

Syahza, A. (2003) . Paradigma Baru Pemasaran Produk Pertanian Berbasis Agribisnis Di Daerah Riau. Jurnal Eonomi. 8(1). 1-11.

Umar, Husein. (2004). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wibowo, B., dan Adiati, U. (2016). Pemasaran Ternak Domba di Pasar Hewan Palasari Kabupaten Indramayu. Jurnal Agriekonomika. 5(1). 85-93.

Widayanti, S., dan Yuliati, N., (2007). Kajian Ekonomi Pada Usahatani Padi Organik Di Desa Sumberngepoh Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Jurnal J-SEP. 2(1). 1-7.

Wati, W. D. Y. (2015). ANALISIS SCP (Structure, Conduct and Performance) Pasar OJol di Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar, 2(2).

Yuprin, A. . (2009). Analisis Pemasaran Karet di Kabupaten Kapuas. Wacana, 12(3), 519–538.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.8016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License