PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BATIK TULIS DI PAMEKASAN

Nurie Agustina Utami, Novi Diana Badrut Tamami

Abstract


Batik merupakan salah satu karya seni yang memiliki nilai estetika tinggi dan telah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia serta memiliki ciri khas yang berbeda di setiap wilayah termasuk Pamekasan. Banyaknya motif serta ciri khas yang dimiliki, menyebabkan konsumen memiliki banyak alternatif pilihan dalam keputusan pembelian produk batik tulis. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui karakteristik konsumen, (2) atribut apa saja yang menjadi pilihan konsumen dan tingkat kepentingannya dalam membeli batik tulis. Sampel sebanyak 30 responden diambil dengan teknikAccidental Sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan panduan kuisioner. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif dan Analisis Conjoin. Hasil menunjukkan: (1)Sebagian besar usia konsumen 26-35 tahun dengan pekerjaan berwirausaha dan penghasilan diatas UMK Pamekasan, (2) Atribut yang menjadi pilihan konsumen yakni batik tulis dengan warna mencolok, motif kalsik, harga >Rp 1.000.000, kemasan paper box, serta tempat membeli di galeri batik. Dengan tingakat kepentingan berurutan yakni tempat membeli, harga, kemasan, warna, dan motif.


Keywords


Batik, Perilaku Konsumen, Preferensi

Full Text:

PDF

References


Agyekum, C.K, Huang Haifeng, dan Amma Agyeiwaa. (2015). Consumer Perception of Product Quality. Journal Microeconomics and Macroeconomics, 3( 2), 25-29

Aiman, A., Handaka, A. A., dan Lili, W. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Cikurubuk, Kec.Mangkubumi). Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 8(1), 8–18.

Arif, Nur Rianto Al. (2010). Teori Mikroekonomi. Jakarta. Kencana

Body, W Harper, Orville C Walker dan Jean-Clude Larreche. (2000). Manajemen Pemasaran :Suatu Strategis Orientasi Global Edisi Kedua Jilid 1. Jakarta. Erlangga

Budiarto,A., Subari,S., Tamami, N.D.T., dan Ihsanudin. (2015). Karakteristik UMKM Batik Madura Di Kabupaten Pamekasan. Prosiding Seminar Nasional Agribisnis dan Pengembangan Ekonomi Pedesaan II. Bangkalan: Prodi Agribisnis Universitas Trunojoyo Madura

Badan Pusat Statistik. (2018). Kabupaten Pamekasan Dalam Angka 2018

Gundono.(2012). Analisis Data Multivariat. Yogyakarta. BPFE

Astutiningsih, S. E. (2015). Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Batik Di Tulungagung. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 11(2), 78–92.

Ernawati, H., dan Fitriana. (2019). Model Keputusan Pembelian Pakaian Batik Dan Tingkat Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 6(1), 69–74.

Kementrian Perindustrian dan Perdagangan. (2019). Ekspor Batik 2019 Ditargetkan US$ 56 Juta. www.kemenperin.go.id/artikel/20654/Ekspor-Batik-2019-Ditargetkan-US$-56-Juta. Diakses tanggal 13 Oktober 2019

Kurniasih, R. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Batik Tulis Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi (JEBA), 20(01), 1–12.

Lisbijanto, Herry. (2013). Batik. Yogyakarta. Graha Ilmu

Permadi, R. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Produk Terasi Udang. Jurnal Social Economic of Agriculture, 5(1), 49–57.

Rahayu, J. N., Fauziyah, E., dan Ariyani, A. H. (2012). Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor Di Toko Buah Hokky Dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Agriekonomika, 1(1), 52–67.

Rahardjo, Christopher. (2016). Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis,1(1),32-43.

Rante, J. Z. (2015). Analisa Atribut Produk Yang Mempengaruhi Preferensi Pembelian Minuman Frutang Dari Pt. Tang Mas. Jurnal Magister Manajemen, 1(2), 55–90.

Retnowati. (2011). Pengaruh Atribut Produk Batik Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Batik. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (JEBI), 09(1), 47–54.

Sangaji, Mamang Etta dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi Offset

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

Sunyoto, Danang. (2012). Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen.Yogyakarta. CAPS

Untarini, Nindria. (2014). Perilaku Konsumen. Surabaya. UNESA University Press




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.8007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License