PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PUDAK DI TOKO SARI KELAPA
Abstract
Pudak adalah makanan khas Gresik yang telah dikembangkan oleh banyak UMKM. Meningkatnya persaingan bisnis, menuntut Sari Kelapa sebagai produsen Pudak untuk memahami karakteristik dan perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik konsumen Pudak, menganalisis pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian dan menentukan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian Pudak di toko Sari Kelapa. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen Pudak di toko Sari Kelapa sebagian besar adalah laki-laki, pekerja swasta, berpenghasilan Rp. 500.000-1.000.000, berpendidikan SMA, berusia 25-34 tahun dan mayoritas berasal dari Gresik. Secara bersamaan, faktor budaya, pribadi, psikologis dan sosial memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan. 2018. Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner dan Strategis 7(2): 1-9.
Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
BPS Kabupaten Gresik. 2018. Analisa Indikator Ekonomi dan Sosial Kabupaten Gresik. Gresk: Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik.
BPS Kabupaten Gresik. 2018. Kabupaten Gresik dalam Angka 2018. Gresik: Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik.
Fahrudin, M. I., Samsuri., & Rahmat, G. 2015. Analisis Faktor Budaya, Sosial, Pribadi & Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Viro di Kota Bogor. Jurnal Visionida 1(1): 35-46.
Kalsum, U., Elys, F., & Taufik, R. D. A. N. 2013. Preferensi Konsumen dalam Membeli Rengginang Lorjuk di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika 2(2): 153-162.
Karnadi dan Kusmirayati. 2015. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Kopi Susu Instan Merek Torabika. Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH 13(1): 76-94.
Kotler dan Armstrong. 2007. Dasar - Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Lase, A., Agus, S., & Kustopo, B. 2019. Analysis Of The Factors Affecting The Consumer Purchasing Decisions On Coffee At Resto Banaran 9, Gemawang Village, Semarang. The Agriculture Science Journal 6(1): 1-12.
Rusman, T. 2015. Statistka Penelitian Aplikasinya dengan SPSS. Bandar Lampung: Graha Ilmu.
Salehawati, N. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Makanan dari Jamur Tiram di Daerah Istmewa Yogyakarta. Paradigma Agribisnis 2(1): 12-21.
Sugiyono. 2015. Metode Peneltian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. 2003. Perlaku Konsumen Teori & Penerapnnya dalam Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sunyoto, D. 2013. Teori, Kuisioner dan Analisis Data untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suroto, K. S., Zaenal, F., & Bambang, A. N. 2013. Factors influencing consumers purchase decision of formula milk in Malang City. IOSR Journal of Business & Management 9(3): 95-99.
Susanti, G. A., Nurul, Q., & Anwar. 2017. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi & Psikologis terhadap Keputusan Pembelian di Cafe Cangkir Klasik Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS 2(2): 154-167.
Syafirah., L, M., & Jopie, J. R. 2017. Pengaruh Faktor - Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. Jurnal EMBA 5(2): 245-255.
Taan, H. 2017. Perilaku Konsumen dalam Berbelanja. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Timmerman, V. A., Silvya, M., & Paulina, V. R. 2017. Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Texas Chicken Manado. Jurnal EMBA 5(2): 1113-1122.
Tunggal, A. W. 2002. Tanya - Jawab Perilaku Konsumen & Pemasaran Strategik. Jakarta: Harvarindo.
Ulfah, M. 2018. Pendapatan Usaha, Pendidikan, Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Meneruskan Usaha Keluarga. JRE: Jurnal Riset Entrepreneurship 1(2): 13-18.
Umar, H. 2002. Riset Pemasaran dan Perlaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.8005
Refbacks
- There are currently no refbacks.