PERSEPSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MADU PT KEMBANG JOYO

Suci Angriva, Andrie Kisroh Sunyigono

Abstract


Jumlah permintaan produk madu PT Kembang Joyo mengalami peningkatan dari tahun 2017-2018. Kenaikan jumlah permintaan juga diikuti oleh perubahan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi madu, sehingga akan membentuk persepsi dan preferensi konsumen yang baru pada produk madu PT Kembang Joyo. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persepsi konsumen, dan mengetahui preferensi konsumen terhadap produk madu PT Kembang Joyo. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisisdeskriptif menggunakan skala likert dan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen mempersepsikan bahwa lokasi mengenai ketersedian produk madu PT Kembang Joyo, produk mudah dijumpai, variasi rasa produk madu beragam, bahan dan bentuk kemasan sesuai kebutuhan, kualitas produk bagus, harga produk yang terjangkau, harga produk sesuai dengan kualitas, potongan harga yang diberikan sesuai harapan, promosi yang dilakukan menarik, promosi melalu media online, dan promosi melalu media ofline yang dilakukan PT Kembang Joyo dinilai Setuju oleh konsumen dengan skor penilaianantara 258-350.Kombinasi atribut yang menjadi pilihan konsumen dalam pembelian madu secara berurutan yaitu jenis madu Kaliandra, rasa manis, harga Rp 30.000-80.000, kemasan botol 660ml, dengan urutan tingkat kepentingansecara berurut yaitu atribut kemasan, atribut jenis, atribut rasa , dan atribut harga.

Keywords


Madu, Persepsi, Preferensi, Konjoin

Full Text:

PDF

References


Agykum, C.K, Huang H., dan Amma A. 2015. Consumer Perception of product Quality. Journal Microeconomics and Macroeconomics Vol 3 No 2

Aiman, A., Handaka, A. A., & Lili, W. (2017). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Produk Olahan Perikanan Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus Di Pasar Tradisional Cikurubuk, Kec.Mangkubumi). Jurnal Perikanan Dan Kelautan.

Anggara, F., & Wibawa, B. M. (2016). Analisis Strategi Positioning Merek Berdasarkan Preferensi, Persepsi, Dan Kepuasan Konsumen Produk Pertamina Lubricants. Jurnal Teknik Its.

Aritonang, L. (2015). Kepuasan Pelanggan. Pt Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. (2019). BPS Provinsi Jawa Timur.

Boyd, H., Orville, W., & Larreche, C.-J. (2000). Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategi Dengan Orientasi Global. Erlangga. Jakarta.

Budiman, J. A., Nugroho, B. A., & Utami, H. D. (2014). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Madu Di Kota Blitar.Skripsi.Universitas Brawijaya. Malang.

Cahyanti, T., & Najib, M. (2016). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Yogurt Drink (Studi Kasus Kota Bogor Jawa Barat). Jurnal Aplikasi Manajemen,.

Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. jurnal Nirmala

Elvira, R. (2015). Teori Permintaan (Komparasi Dalam Perspektif Ekonomi Konvensional Dengan Ekonomi Islam). jurnal islamika

Fauziyah, Elys, D. R. Hidayati dan A. K Sunyigono, 2020. Pendampingan UMKM Permata Samudra dalam PengolahanUsaha Pembuatan Produk Ikan Asin, Jurnal Mahakam, Vol 4 , No 1:164-175

Felixs, D., & Palit, H. C. (2013). Analisa Persepsi Dan Preferensi Kualitas Buah Tropis. Jurnal Titra, 1(1), 77–82.

Hasanuddin, Dewi, K. H., & Fitri, I. (2011). Pengaruh Proses Pembuatan Es Krim Terhadap Mutu Es Krim Berbahan Baku Pisang. Agroindustri,

imami, Drini et al. 2016. Albanian Consumer Preferences for The Use of Powder Milk in Cheese-Making: A Conjoint Choice Experiment. Agricultural Economics Review Vol 17 No 1: 20-33

Julianisa, R. D., Safitri, D., & Yasin, H. (2016). Analisis Konjoin Full Profile Dalam Pemilihan Bedak Untuk Mahasiswi Departemen Statistika Universitas Diponegoro. Gaussian,

Juma, C. N., Otieno, D. J., Oluoch-Kosura, W., Gyau, A., & Oduol, J. A. (2016). A Survey Of Consumer Perceptions And Preferences For Geographical Indication And Quality Attributes Of Honey In Kenya. 5th International Conference Of The African Association Of Agricultural Economists.

Khasan, U., Fauziyah, E. (2019). Pemetaan Image Konsumen terhadap Produk White Coffee di Hypermart Bangkalan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), 78-88.

Kotler, P., & Keller, K. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). Pt Indek,Indonesia.

Ma’ruf, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Motor Matic Di Purwodadi (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Produk Yamaha Motor Matic Di Purwodadi).Surakarta.

Megasari, L., & Sukartaatmadja, I. (2018). Pengarus Persepsi Kosumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sirup. Management Research, (November 2012), 1–29.

Mulyadi, A., & Fauziyah, E. (2014). Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mi Instan Di Kabupaten Bangkalan Konsumen Dalam Pembelian Mi Instan Di Kabupaten Bangkalan. Agriekonomika,.

Nugraha, A., Sumarwan, U., & Simanjuntak, M. (2017). Faktor Determinan Preferensi Dan Perilaku Konsumsi Teh Hitam Dan Hijau. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis,.

O’reilly, S., Cowan, C., & Henchion, M. (2000). Irish Consumer Preferences For Honey: A Conjoint Approach. British Food Journal.

Oyatoye, Olateju Emmanuel, et al. 2013. Application of Conjoint Analysis to Consumer Preference for Bevarage Products in Nigeria. Jurnal Economica Vol 9 No 6: 43-56

Rahayu, J. N., Fauziyah, E., & Ariyani, A. H. (2012). Preferensi Konsumen Terhadap Buah Apel Impor Di Toko Buah Hokky Dan Pasar Tradisional Ampel Surabaya. Agriekonomika,

Rangkuti, F. (2013). Riset Pemasaran. Pt Gramedia Pustaka Utama.

Selmi, Asriani, S., & Saepuddin, R. (2017). Bengkulu Consumer Behavior And Loyality Of Honey. AGRISEP. 16(1), 13–24.

Setiadi, J, N. (2003). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. In Prenadamedia Group, Jakarta.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapai Dengan Perbandingan Perhitungan Manual Dan Spss.Pt Fajar Interpramata Mandiri (Pertama).

Sopiah, & Sangadji, E. M. (2013). Perilaku Konsumen. Cv Andi Offset. Yogyakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &D. Alfabeta. Bandung.

Sumarwan, U. (2002). Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia.

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Graha Ilmu. Yogyakarta.

Tedjakusuma, R., & Hartini, S. (2001). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Air Minum Mineral Di Kotamadya Surabaya Analysis Of Factors Influencing The Consumers ’ Behavior In Puschasing Mineral Drinking Water. Jurnal Penelitian Dinamika Sosial,

Ugaje, Wahyu R., & Suryono. (2017). Pengaruh Brand Drivers Terhadap Perilaku Perpindahan Tempat Berkumpul Di Kota Semarang Dengan Keputusan Pemilihan Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management.

Verina, E., Yulianto, E., & Latief, W. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook (Survei Pada Konsumen Toko Fashion Di Jejaring Sosial Facebook Yang Berlokasi Di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis,.

Wardhani, W., Sumarwan, U., & Yuliati, L. N. (2015). Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen Dan Organisasi.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.7850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License