Analisis komparasi strategi pemasaran online dan offline tanaman anggrek di Dd Orchid Nursery Desa Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu

Fifi Ayu Dwi Rachmawati, Suhirmanto Suhirmanto, Budianto Budianto

Abstract


Anggrek adalah salah satu komoditas tanaman hias yang dapat dikembangkan terutama di kota-kota besar di Indonesia. DD Orchid Nursery dikenal dengan sentra budidaya anggrek yang cukup besar serta sudah menerapkan pemasaran online dan offline. Namun produsen masih fokus terhadap produksi anggrek tanpa memikirkan lebih lanjut mengenai strategi pemasaran yang efektif baik dari pemasaran online maupun offline. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan antara penjualan melalui pemasaran online dan offline dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam pemasaran online dan offline tanaman anggrek di DD Orchid Nursery. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif dengan analisis data uji Mann-Whitney dan uji regresi linier berganda. Sampel kajian adalah 20 konsumen online dan 20 konsumen offline dengan menggunakan teknik quota sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara volume penjualan melalui pemasaran online dan offline pada bulan februari dan maret. Untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada pemasaran online variabel yang mempengaruhi ialah produk, tempat, dan promosi. Kemudian untuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada pemasaran offline variabel yang mempengaruhi ialah produk dan harga.


Keywords


Strategi Pemasaran, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Armstrong & Kotler. 2011. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 (12th ed.). Erlangga.

Andri, K. B., & Tumbuan, W. J. A. (2015). Potensi pengembangan agribisnis bunga anggrek di Kota Batu Jawa Timur. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum), 2(1), 19-30.

Badan Pusat Statistik. (2021). Kota Batu dalam Angka Tahun 2021.

Eko, N. P. 2011. Analisis Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) DAN Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Wadezig Distro Kota Padang. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Andalas. Padang.

Fadly. 2014. Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Minimarket Eramart Di Kota Samarinda). Jurnal Administrasi Bisnis 2(2): 173-186.

Kotler, Philip. 2009. Marketing. Alih Bahasa: Herujati Purwoko. UNDIP Semarang, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Keller Kevin Lane. 2012. Marketing Manajement. 14Th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Lalwani, D. 2016. Young Consumers Online and Offline Channel Purchase.

Morissan. 2010. Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Penerbit. Kencana.

Muharam, W & Soliha, E. 2017. Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank ke-3, 755–762.

Priyatno, Dwi. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Sugiyono, F. X. 2017. Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.

Syahrial, Ahamd Yusroni. 2015. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Aneka Karya Glass di Surakarta.

Tjiptono, F. 2016. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Depan. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i2.21176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License