Pengaruh produk, harga, kemasan, dan label halal terhadap keputusan pembelian produk olahan ikan laut di Kecamatan Socah, Bangkalan

Gustyas Suci Istifari, Mokh. Rum

Abstract


Saat ini home industry menjadi peluang usaha yang banyak dinaungi oleh para masyarakat yang ingin berwirausaha sebab lapangan pekerjaan yang semakin berkurang. Salah satu home industry yang berada di Bangkalan adalah Lamora yang bergerak di bidang pengolahan ikan laut. Semakin meningkatnya jumlah home industry di sektor perikanan yang pastinya dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat khususnya masyarakat Muslim, maka home industry perlu menjamin kehalalan produk yang dihasilkan. Halal food menjadi salah satu situasi sangat penting khususnya untuk para umat Islam. Selain itu, produk, harga dan kemasan menjadi alat pemasaran yang penting bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, harga, kemasan dan label halal terhadap keputusan pembelian produk olahan ikan laut di Kecamatan Socah, Bangkalan. Sampel yang digunakan sebayak 120 responden dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa produk, harga, kemasan dan label halal berpengaruh pada keputusan pembelian produk olahan ikan laut di Lamora.


Keywords


halal, harga, ikan, kemasan, produk

Full Text:

PDF

References


Agustina, T., & Saputro, D. D. (2018). Pengolahan Kerupuk Kulit Ikan di Kelurahan Bulu Lor Kota Semarang. Pengolahan Kerupuk Kulit Ikan Di Kelurahan Bulu Lor Kota Semarang, 16(1), 113–118.

Akrom, M. C. (2013). Pengaruh Kemasan, Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Kripik Paru Umkm Sukorejo Kendal [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/18168/1/7311409062.pdf

Andrean, S. S. (2019). New Komunikasi Pemasaran Teori dan Aplikasinya. In CV. Pustaka Abadi (1st ed.). CV. Pustaka Abadi.

Anggoro, D. K. (2012). Analisis Pengaruh Produk, Promosi, Harga dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Amarta Semarang). Universitas Diponegro.

Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. Agrimas, 1(1), 1–10.

Dewi, R. C. (2017). Pengaruh Kemasan, Harga Dan Kualitas Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Konsumen Bakmi Mewah di Sleman Yogyakarta). In Jurnal Ekonomi Manajemen. Universitas Sanata Dharma.

Fitri, R., & Bundo, M. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Industri Rumah Tangga Pangan di Kota Padang. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(2), 784–792. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.379

Handoyo, A. W., & Setiawan, R. (2017). Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Tirta Rejeki Dewata. Agora, 5(1), 1–8.

Joesyiana, K. (2017). Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Usaha Tas Rajut Industri Pengolahan Kreatifitas Tali Kur). Jurnal Valuta, 3(1), :159-172.

Khaerunnisa. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Konoras, A. (2017). Jaminan Produk Halal di Indonesia Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. In PT. Raja Grafindo Persada (1st ed.). Rajawali Pers. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560

Listyoningrum, A. (2012). Analisis Minat Beli Konsumen Muslim terhadap Produk yang Tidak Diperpanjang Sertifikat Halalnya. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2(1), 40–51.

Makhtum, A., & Farabi, M. E. (2021). Pemetaan Potensi Sertifikasi Halal pada Sektor Produk Makanan dan Minuman Unggulan di Kabupaten Bangkalan. IHTIFAZ: Islamic Economics, Finance, and Banking, 214–225.

Mardhiyah, A., & Feby Aulia Safrin. (2020). Strategi Pemasaran Industri Rumah Tangga Keripik Singkong. Sketsa Bisnis, 7(1), 37–44. https://doi.org/10.35891/jsb.v7i1.2183

Prihatini, C. W. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Ikan Bakar Seafood Genteng Besar. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3), 1–11.

Putra, S. D., Sumowo, S., & Anwar. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Usaha Rumahan Kerupuk Ikan Super Besuki Situbondo). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 99–117.

Rahmiati, D., & Baktiono, A. (2015). Pengaruh Daya Saing Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Ikan Kaleng (Sardines) Merek Maya. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 1(2), 136–149.

Ratnasari, A. D., & Harti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 4, 1–11. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/238

Safitri, D. (2020). Pengaruh Label Halal dan Harga Bahan Baku terhadap Penjualan Kerupuk Udang pada Pengolahan Industri Rumahan di Kecamtan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Bumbi Provinsi Jami [Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Siafuddin Jambi]. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201

Saputra, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Distro Label Store Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Sari, F. N., & Mulyani, I. D. (2021). Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Udang Sinar Jaya Kaligangsa Brebes. Journal Economics and Management (JECMA, 2(1), 19–27.

Sinuraya, A. Y. B., Rum, M., & Zuhriyah, A. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Niu Green Tea Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Agriscience, 1(3), 597–612. https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i3.9762

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRTTerhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(2), 125–133. https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1984

Susanti, E., Sari, N., & Amri, K. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kemasan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). EKOBIS : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 2(1), 44–50.

Wibisono, E. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah di Balongbendo. Universitas Bhayangkara Surabaya.

Widagdo, H. (2017). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Krupuk Kemplang di Palembang. Jurnal Ilmiah STIE MDP, 7(1), 43–54.

Zulham. (2018). Peran Negara dalam Perlindungan Konsumen Muslim terhadap Produk Halal (Pertama). Kencana.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i2.18599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License