Analisis pemasaran garam di Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan

Mia Arba'in, Slamet Subari

Abstract


Petani garam dalam kegiatan usahanya menghadapi berbagai masalah salah satunya pada aspek pemasaran terkait dengan saluran pemasaran yang tidak tepat serta adanya informasi yang tidak seimbang (asimetrik informasi) antara  petani dengan lembaga pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran serta menganalisis besarnya bagian yang diterima oleh petani, efisiensi saluran pemasaran, margin pemasaran serta keuntungan pemasaran. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan informasi terkait margin pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, farmer’s share serta efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran garam di Desa Bunder. Pada saluran pemasaran satu total margin rata-rata sebesar Rp.550.000/ton atau 40,74%, dengan total rata-rata keuntungan sebesar Rp.144.762/ton atau 10,72%, sedangkan pada saluran pemasaran dua total margin rata-rata sebesar Rp.500.330/ton atau 38,48%, dengan total rata-rata keuntungan sebesar Rp.233.422/ton atau 17,95%. Berdasarkan farmer’s share, saluran pemasaran dua memiliki nilai persentase tertinggi sebesar 61,52%. Kedua saluran pemasaran yang ada diketahui belum efisien. Disarankan untuk mengefisiensi saluran pemasaran yang ada dengan memperkecil biaya pemasaran dan menjalin kerjasama maupun kemitraan dengan PN garam melalui peran kelompok tani, kerjasama dan kemitraan dinilai juga mampu mengoptimalisasi distribusi margin dan keuntungan dalam saluran pemasaran serta meningkatkan farmer’s share.


Keywords


Garam, margin, keuntungan, farmer’s share, efisiensi saluran pemasaran

Full Text:

PDF

References


Alham, F. (2015). Perilaku Pasar Garam Di Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Jurnal Agribisnis Kerakyatan, 5(1), 31–43. Http://Jak.Faperta.Unand.Ac.Id/Index.Php/Jak/Article/View/63/79

Anindita, R. (2004). Dr. Ratya Anindita.Pdf (S. Irwan & Adriono (Eds.); Cetakan Pertama). PAPYRUS.

Anwar, K. (2022). Praktek Gharar Pada Pelaku Usaha Sistem Kartel Dalam Tinjauan Hukum Islam. Jurnal Eokonomi Syariah, 1(2), 89–97.

Bappenas. (2018). Bappenas.Pdf. Https://Sepakat.Bappenas.Go.Id/Wiki/Kelompok_Usia

Downey, W. David, & Erickson, S. P. (1987). David.Pdf (A. Sirait (Ed.); Ke Dua). Erlangga.

Fauziyah, & Ihsannudin. (2014). Pengembangan Kelembagaan Pemasaran Garam Rakyat (Studi Kasus Di Desa Lembung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan). Jesp, 7(1), 52–59.

Goenadhi, L., & Nobaiti. (2017). No Title (Cetakan Pertama). Scripta Cendekia.

Handini, W. P., & Risdiarto, D. (2019). Kedaulatan Wilayah Udara Di Atas Alur Laut Kepulauan Indonesia (Alki). Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 8(2), 277. Https://Doi.Org/10.33331/Rechtsvinding.V8i2.318

Heriansah, & Fathuddin. (2014). Volume 5 Nomor 2Juli-Desember 2014. Balik Diwa, 5(2), 1–9.

Jamil, A. S., & Tinaprilla, N. (2015). Pemasaran Garam Rakyat (Studi Kasus Desa Lembung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur). Forum Agribisnis, 5(2), 121–138.

Lubis, S. Y., & Saputra, H. (2020). Sistem Pemasaran Salak Di Tiga Juhar Farm Desa Rumah Sumbul Kecamatan Tiga Juhar Kabuppaten Deli Serdang Sumatera Utara. Wahana Inovasi, 9(2), 154–161.

Nugroho, P., Susandini, A., & Islam, D. (2020). Mengkaji Sistem Pemasaran Garam Di Madura. Media Trend, 15(1), 111–122. Https://Doi.Org/10.21107/Mediatrend.V15i1.6176

Nuryati, Y., Prabowo, D. W., Priantomo, A., & Pambayun, R. M. (2019). Analisis Struktur Biaya Produksi Garam Rakyat. Kementrian Perdagangan RI.

Pamekasan, D. K. Dan P. K. (2021). Rekap Datprod Per Bulan 2021 (1). Dinas Kelautan Dan Perikanan.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif By Dr. Priyono, M.M. (Z-Lib.Org).Pdf (T. Chandra (Ed.); Edisi Revi). Zifatama Publishing.

Putra, I. P. A. S., Wati, N. L. M. M., & Sutama, I. N. (2020). Pengaruh Sistem Kartel Terhadap Stabilitas Persaingan Usaha Di Indonesia. Jurnal Preferensi Hukum, 1(2), 116–120. Https://Doi.Org/10.22225/Jph.1.2.2348.116-120

Putri, A. D., & Setiawina, N. D. (2013). Pengaruh Umur, Pendidikan, Pekerjaan Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Miskin Di Desa Bebandem. E-Journal EP Unud, 2(4), 173–180.

Putri, N. E., Harsudin, Mo., & Sundari, M. T. (2017). Analisis Pemasaran Garam Di Kabupaten Pamekasan. Agrista, 5(3), 222–231.

Ramadhani, M., & Habib, M. A. F. (2021). Praktik Kartel Dalam Perspektif Hukum Bisnis Syariah Marina. Journal Of Economics And Policy Studies, 2(2), 1–12. Https://Doi.Org/10.21274/Ar-Rehla.V1i2.4823

Riyanti, D. A. S. N., Satriawan, I. K., & Sadyasmara, C. A. B. (2019). Analisis Pemasaran Garam Kusamba Di Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(2), 169–180. Https://Doi.Org/10.24843/Jrma.2019.V07.I02.P01

Soekartawi. (2002). Soekartawi 2002.Pdf (P. 238). Raja Grafindo Persada.

Sudiyono, A. (2004). Armand Sudiyono.Pdf (Cetakan Ke Tiga). Universitas Muhammadiyah Malang.

Syafi’i, I. (2013). Persaingan Pengangkutan Garam Di Selat Madura 1924-1957. Citra Lekha, 17(1), 85–104.

Trikobery, J., Rizal, A., Kurniawati, N., & Anna, Z. (2017). Analisis Usaha Tambak Garam Di Desa Pengarengan Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 8(2), 168–175. Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004

Widiarto, S. B., Hubeis, M., & Sumantadinata, K. (2013). Efektivitas Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat Di Desa Losarang, Indramayu. Manajemen Ikm: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 8(2), 144–154. Https://Doi.Org/10.29244/Mikm.8.2.144-154

Widiyastutik, M. A., Hapsari, T. D., & Kuntadi, E. B. (2016). Pemasaran Garam Rakyat Di Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Agritrop : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian (Journal Of Agricultural Science), 14(2), 222–230. Https://Doi.Org/10.32528/Agr.V14i2.437




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i2.17736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License