Minat Gen Z terhadap Sekolah Pertanian di Desa Kembang Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati di Tengah Disrupsi Teknologi dan Sosial

Ahmad Alfan Anwaruddin, Amanatuz Zuhriyah, Sri Ratna Triyasari, Isdiana Suprapti

Abstract


Perkembangan sektor pertanian di pedesaan yang seiring dengan perkembangan teknologi, telah memberikan peluang bagi generasi muda yang dianggap lebih mudah menerima perubahan dan beradaptasi dengan perkembangan jaman, namun demikian pemuda kurang berminat untuk bekerja di sektor pertanian  hal ini dikarenakan adanya stigma bahwa pekerjaan di bidang pertanian identik dengan panas, kotor, dan harus menggunakan tenaga ekstra. Pandangan tersebut juga tampak pada rendahnya minat Gen Z untuk memilih sekolah pertanian sebagai pilihan pendidikan mereka. Rendahnya minat generasi Z pada sekolah pertanian dikarenakan prospek studi lanjutan yang terbatas dan anggapan bahwa sektor pertanian kurang menjanjikan. SMK Manbau’ul Huda merupakan satu-satunya sekolah yang berbasis pertanian yang berada di Desa Kembang, Pati, Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah  (1) Mengetahui profil SMK Manba’ul Huda (2)Mengetahui minat gen Z pada SMK Manbau’ul Huda (3) Menganalisis dampak disrupsi teknologi dan sosial terhadap minat gen Z pada SMK Manbau’ul Huda. Metode analisis yang di gunakan adalah analisis kualitatif deskriptif menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan : (1) profil sekolah SMK Manbau’ul Huda memiliki visi,misi, dan tujuan yang berpedoman pada ajaran ahlussunnah wal jama’ah (2) minat gen Z pada sekolah pertanian memperoleh rata-rata skor 2,10 yang masuk dalam kategori sedang (3) Dampak disrupsi teknologi dan sosial terhadap minat gen Z pada sekolah pertanian  memperoleh rata-rata skor 2,46 yang masuk dalam kategori tinggi.

Keywords


minat gen Z; sekolah pertanian; disrupsi teknologi dan sosial

Full Text:

PDF

References


Adha, L. H., Asyhadie, Z., & Kusuma, R. (2020). DIGITALISASI INDUSTRI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETENAGAKERJAAN DAN HUBUNGAN KERJA DI INDONESIA INDUSTRIAL. Jurnal Kompilasi Hukum, V(2), 268–298.

Cepi Riyana, Mulyadi, D., & Sutisna, M. R. (2015). READINESS OF DISTANCE EDUCATION PROGRAM IMPLEMENTATION AT SMA AND SMK IN WEST JAVA. Syria Studies, 7(1), 37–72.

Dharmayanti, W. (2014). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT SISWA SMP MASUK SMK DI KOTA PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Vokasi, (5), 405–419.

Farida, R., & Kumaidi, K. (2017). Aplikasi Skala Minat Kejuruan: Analisis Tipologi Minat Kejuruan Pada Berbagai Paket Keahlian di SMK. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 274–284.

Fauzi Lubis, A. (2019). Tinjauan Kebijakan Tentang Sekolah Elit (Sekolah Islam Unggulan). Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 223–246.

Gulo, W., Harahap, N., & Basri, A. H. H. (2018). Perspektif Generasi Muda Terhadap Usaha Bidang Pertanian Pangan di Kecamatan Moro’o Kabupaten Nias Barat. Agrica Ekstensia, 12(01), 60–71.

Handayani, A. W., Hariadi, S. S., & Andarwati, S. (2022). MINAT SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN UNTUK BEKERJA DALAM BIDANG PERTANIAN DI PROVINSI JAWA TENGAH, 12(1), 64–78.

Handayani, S. A. (2020). Humaniora dan Era Disrupsi Teknologi dalam Konteks Historis. E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar, 1(1), 19–30.

Hasan, Farid, I, R. H. E., & Sumastuti, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Orang Tua Dalam Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Semarang. Stability: Journal of Management and Business, 2(1), 1–13.

Hasan, Fuad. (2020). Metode Riset Bisnis. UTM Press, (February), 1–129.

Indriyanti, N., & Ivada, E. (2013). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 6 SURAKARTA TAHUN 2013, 1(2), 1–10.

Kuswantoro, R. H. (2018). Minat Memainkan Game Edukasi Berbasis Smartphone (Studi Kasus Pada Minat Komunitas Gamer Semarang Memainkan Game Bubble Zoo Collect ). Journal of Animation and Games Studies, 4(1), 51–72.

Mariatul Habtiah, Fahriansah, & Hisan, K. (2021). Dampak Penggunaan Teknologi Pertanian Terhadap Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Buruh Tani Padi di Gampong Paya Seungat Aceh Timur, 3(April), 58–71.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110–1118.

Oktavina, C. N., & Sugiarti, T. (2020). Motivasi Dan Minat Mahasiswa Prodi Agribisnis Utm Terhadap Pekerjaan Wirausaha. Agriscience, 1(1), 308–323.

Prayoga, A., Farmia, A., & Aswin, M. D. (2020). Minat Pemuda Terhadap Agribisnis Padi Sawah Di Kecamatan Imogiri , 8–9.

Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2019). Generasi Z sebagai Generasi Wirausaha, 1–4.

Saputro, M. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI, 6(1), 83–94.

Sari, D. P., & Munadi, S. (2017). Factors affecting junior high school students’ interest in continuing to Vocational High School in Magelang District. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 193–202.

Sari, W. M., Totalia, S. A., & Sudarno. (2015). Pengaruh citra sekolah terhadap keputusan memilih sekolah pada siswa smk kristen 1 surakarta, (November), 1–20.

Selamet, Rizal, F., & Silalahi, J. (2015). the Interests of Junior High School Students in the District of North Padang in Choosing Vocational Education High School (Smk), 556–565.

Wijaya, I. M. G. P. (2019). Pengaruh Gender dan Motivasi Memilih Sekolah Kejuruan terhadap Prestasi Belajar (Study Kasus di Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung) Tahun 2018. Statistika, 7(2), 211–225.

Yudha, R. I. (2018). PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 6 KOTA JAMBI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Voume. 2 Nomor 1, 2(April), 108–113.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i1.16617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License