Analisis Efisiensi Pemasaran Sapi Madura di Desa Waru Barat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan

Rizkiana Safitri, Aminah Happy Moninthofa Ariyani, Resti Prastika Destiarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran Sapi Madura yang ada di Desa Waru Barat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Metode penelitian menggunakan metode snowball sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder. Jumlah sampel sebanyak 30 responden. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui saluran pemasaran serta margin pemasaran dan farmer’s share digunakan untuk mengetahui efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran Sapi Madura yang ada di Desa Waru Barat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan terdiri dari 2 saluran, yaitu: saluran 1 (peternak – pedagang pengecer – konsumen), saluran 2 (peternak – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen). Nilai margin pemasaran pada tiap lembaga yaitu Rp.3.190.000 – Rp.3.440.000, dengan nilai efisiensi 4,78 – 5,81 persen pada setiap saluran pemasaran dan dikatakan efisien.

Keywords


Pemasaran; Margin; Efisiensi; Sapi Madura

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada

Amod, S., R.K, K., & V.K, S. (2020). A Study Of Economics Of Milk Production In Firozabad District Of Western Uttar Pradesh , India. Plant Archives, 20(2), 4280–4283.

Andhika, R., Hasnudi, & Ginting, N. (2015). Pemasaran Daging Sapi Di Kabupaten Karo ( The Influence Of Chain Efficiency Marketing Beef Cattle In The Karo Regency ). Jurnal Peternakan Integratif, 3(2), 224–234.

Anindyasari, D., Setiadi, A., & Ekowati, T. (2016). Efisiensi Pemasaran Susu Segar Di Kecamatan Banyumanik, Kecamatan Getasan Dan Kecamatan Cepogo. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 14(1), 1–8.

Annisa, R., Marzuki, S., & Roessali, W. (2015). Analisis Pola Saluran Pemasaran Dan Marjin Serta Efisiensi Pemasaran Ayam Broiler Pada Sistem Kemitraan Di Kabupaten Grobogan. Animal Agriculture Journal, 4(1), 144–148. 5

Ardillah, F., & Hasan, F. (2020). Saluran, Margin, Dan Efisiensi Pemasaran Bebek Pedaging Di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Journal Agriscience, 1(1), 12–25.

Ashari, U., & Syamsir, S. (2021). Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung Di Provinsi Gorontalo. Jurnal Agribisnis Indonesia, 9(1), 55–66.

Asmarantaka, R. W. (2014). Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Bogor: Pt Penerbit Ipb Press.

Azis, Y., & Husin, I. (2021). Efisiensi Pemasaran Sapi Potong Di Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Journal Of

Daroini, A. (2013). Pola Pemasaran Sapi Potong Pada Peternak Skala Kecil Di Kabupaten Kediri. Manajemen Agribisnis, 13(1), 55–62.

Dewi, D. A. A., Darsono, D., & Agustono, A. (2018). Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung (Zea Mays) Di Kabupaten Wonogiri. Agriecobis : Journal Of Agricultural Socioeconomics And Business, 1(2), 23.

Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur. (2021). Statistik Populasi Ternak. Jawa Timur: Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur

Dinesh, V., & Sharma, A. (2019). Marketing Margin, Price Spread And Marketing Efficiency Analysis On Different Poultry Farms. International Journal Of Current Microbiology And Applied Sciences, 8(06), 1039–1046.

Downey, W. D., & Erickson, S. P. (1992). Agribusiness Managemend Second Edition.

Febryanti, B., Luruk, M. Y., Keban, A., & Lole, U. R. (2021). Analisis Pemasaran Ternak Kambing Di Kabupaten Sabu Raijua. Jurnal Peternakan Lahan Kering, 3(3), 1665–1673.

Gajiansyah, & Asnah. (2006). Kelayakan Usaha dan Efisiensi Pemasaran Ayam Buras Di Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur. Buana Sains, 6(1), 41–50.

Haloho, R. D., Santoso, S. I., & Marzuki, S. (2013). Efisiensi Usaha Peternakan Sapi Perah Di Kabupaten Semarang. Agromedia, 31(2), 1–8.

Handayani, S. M., & Nurlaila, I. (2011). Analisis Pemasaran Susu Segar Di Kabupaten Klaten. Jurnal Sains Peternakan, 9(1), 41–52.

Hartono, B. (2012). Ekonomi Bisnis Peternakan (Issue February). Malng: Ub Press.

Hastang, Sirajuddin, S. N., & Asnawi, A. (2013). Efisiensi Pemasaran Daging Sapi Pada Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (Pd Rph) Kota Makassar (Marketing Efficiency Of Beef In The Slaughterhouse Company (Pd Rph) Makassar City). 314–320.

Heryadi, A. Y. (2011). Pola Pemasaran Sapi Potong Di Pulau Madura. J-Sep, 5(2), 38–46.

Sulistyoningtyas, I., Nurgiartiningsih, V. M. A., & Ciptadi, G. (2017). Evaluasi Performa Bobot Badan Dan Statistik Vital Sapi Madura Berdasarkan Tahun Kelahiran. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 5(2), 40–43.

Ifanda, M. Z. (2017). Analisis Tataniaga Kambing Di Pasar Hewan Wlingi Kabupaten Blitar. Jurnal Aves, 11(1), 1–6.

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa (Issue 1). Unpam Press.

Iswahyudi, N., & Sustiyana, N. (2019). Pola Saluran Pemasaran Dan Farmer’s Share Jambu Air Cv Camplong. Jurnal Hexagro, 3(2), 33–38.

Kusuma, T., Raharja, S., & A, S. (2013). Strategi Pemasaran Sapi Potong Di Cv Septia Anugerah Jakarta Beef Cattle Marketing Strategies In The Cv Septia Anugerah Jakarta. Jurnal Agribisnis Peternakan, 8(1), 71–78.

Lalus, M. F., Krova, M., Ratu, M. R. D., & Nono, O. H. (2019). Analisis Distribusi Margin Di Antara Lembaga-Lembaga Pemasaran Ternak Sapi Potong Di Kabupaten Kupang. Jurnal Nukleus Peternakan, 6(2), 63–70.

Mandak, Y., Rorimpandey, B., Waleleng, P. O. ., & Oroh, F. N. . (2017). Analisis Margin Pemasaran Ayam Broiler Di Pasar Tradisional Kota Manado. Zootec,

Mastuti, R., D, H. N., Indra, S. B., Gustiana, C., & Jamil, M. (2021). Efisiensi Pemasaran Daging Sapi Di Kota Langsa. Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, 6(2), 66–70.

Mulyana, S., Suhartono, S., & Sudomo, A. (2019). Efisiensi Pemasaran Buah Jamblang (Syzygium Cumini (L) Skeels) (Studi Kasus Di Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta). Jurnal Agroforestri Indonesia, 2(1), 1–10.

Passimianto Henrikus, Popong, N., & Iis, D. (2006). Analisis Eefisiensi Pemasaran Karang Hias Di Pulau Panggang, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Buletin Ekonomi Perikanan, 6(2), 9–19.

Perdana, R. A., Emawati, S., & Sari, A. I. (2015). Analisis Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kerajinan Kaligrafi Kulit Kambing Di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo. Sains Peternakan, 13(2), 80–91.

Permadi, R. (2017). Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Kepok Di Kabupaten Seruyan. Unes Journal Of Agricultural Scienties, 1(1), 120–128.

Prahasta, A., & Masturi, H. (2009). Agribisnis Ternak Sapi. Cv Pustaka Grafika.

Prayitno, A. B., Hasyim, A. I., & Situmorang, S. (2013). Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Di Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 1(1), 53–59.

Putra, D. O. S., Thenu, S. F. W., & Tuhumury, M. T. F. (2020). Sistem Pemasaran Kerbau Di Pulau Moa Kabupaten Maluku Barat Daya The. Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan, 8(3), 279–293.

Putri, B. R. T. (2017). Manajemen Pemasaran. Bali: Udayana Press.

Putri, R. K., Nurmalina, R., & Burhanuddin. (2018). Analisis Efisiensi Dan Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Saluran Pemassaran. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 109–135.

Rahmawati. (2016). Manajeman Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.

Rangasamy, N., & Dhaka, J. P. (2008). Marketing Efficiency Of Dairy Products For Co-Operative And Private Dairy Plants In Tamil Nadu -- A Comparative Analysis. Agricultural Economics Research Review, 21(2), 235–242.

Rosmawati, H. (2011). Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani Di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Agronobis, 3(5), 1–9.

Safitri, N. A., Saparto, & Sutopo. (2020). Efisiensi Pemasaran Susu Sapi Perah Di Kelompok Ternak Rejeki Lumintu Kelurahan Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Agromedia, 38(2), 27–35.

Saputra, A. R., Setiawan, I., & Setia, B. (2021). Analisis Efisiensi Pemasaan Cabai Merah Varietas Tanjung (Suatu Kasus Di Desa Maparah Kecamatan Panjalu). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo, 8(3), 844–853.

Soekardono. (2009). Ekonomi Agribisnis Peternakan Teori Dan Aplikasinya (Pertama). Jakarta: Akademika Pressindo.

Soekartawi. (2002). Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Soekartawi. (2003). Teori Ekonomi Produksi. Jakarta: Raja Grafinfo Persada

Suek, F. S. (2016). Analisis Pemasaran Ternak Sapi Potong Di Kabupaten Kupan Dengan Pendekatan Struktur, Perilaku Dan Tampilan Pasar. Partner, 2, 1–10.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarwo, Anindita, R., Pratiwi, & Indiah, T. (2011). Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung (Zea Mays L). (Studi Kasus Di Desa Segunung Kecamatan Delanggu, Kabupaten Mojokerto). Agrise, Xi(1), 56–64.

Sumitra, J., Kusumastuti, T. A., & Rini Widiati. (2013). Pemasaran Ternak Sapi Potong Di Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Buletin Peternakan, 37(1), 49–58.

Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Pt Buku Seru.

Syahdani, A., Hasnudi, & Hanafi, N. D. (2016). Analisis Pendapatan Dan Efisiensi Pemasaran Usaha Sapi Potong Di Kabupaten Langkat The. Jurnal Peternakan Integratif, 4(3), 222–234.

Walla, Y. N., Gunawan, C. I., & Sumarno. (2022). Analisis Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Peternakan Desa Kambingan , Kacamatan Tumpang , Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 381–391.

Whalley, A. (2010). Strategic Marketing Download Free Books At. Bookboon.

Yilmaz, H., Gül, M., Akkoyun, S., Parlakay, O., Bilgili, M. E., Vurarak, Y., Hizli, H., & Numan, K. (2016). Revista Brasileira De Zootecnia Economic Analysis Of Dairy Cattle Farms In East Mediterranean Region Of. Revista Brasileira De Zootecnia, 45(7), 409–416.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriscience.v4i1.15774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License